Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Konsep Dasar Sistem Temu Kembali Informasi Mata Kuliah: Pemrosesan Teks dan Sistem Temu Kembali Informasi Universitas Dian Nuswantoro, 2009.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Konsep Dasar Sistem Temu Kembali Informasi Mata Kuliah: Pemrosesan Teks dan Sistem Temu Kembali Informasi Universitas Dian Nuswantoro, 2009."— Transcript presentasi:

1 Konsep Dasar Sistem Temu Kembali Informasi Mata Kuliah: Pemrosesan Teks dan Sistem Temu Kembali Informasi Universitas Dian Nuswantoro, 2009

2 Tujuan Sesi Ini  Memahami konsep dasar pemrosesan teks dan sistem temu kembali informasi.  Memahami komponen sistem temu kembali informasi.  Memahami perbedaan antara sistem temu kembali informasi dengan sistem informasi yang lain.

3 Definisi: Pemrosesan Teks….  Teks merupakan suatu tulisan dalam suatu dokumen  Dokumen merupakan kumpulan dari teks  Pemrosesan teks adalah suatu kegiatan yang memproses teks dalam dokumen agar hasil pemrosesan tersebut dapat digunakan untuk menyimpan, dan menemukan kembali dokumen tersebut  Dokumen yang dimaksud adalah dokumen dalam bentuk digital

4 Pemrosesan Teks  Untuk keperluan word prosesor  Deteksi kesalahan eja  Pembetulan kesalahan eja  Modifikasi teks  Untuk keperluan sistem temu kembali informasi  Pembuatan abstrak otomatis  Pembuatan indeks otomatis (indexing)  Penelusuran kata dalam dokumen (word matching)  Penentuan posisi kata dalam kalimat (word adjacency)

5 Sistem Temu Kembali Informasi (Information Retrieval System--IRS)  Merupakan sistem yang berfungsi untuk menemukan informasi yang relevan dengan kebutuhan pemakai  Informasi yang diproses terkandung didalam sebuah dokumen yang bersifat tekstual.  Temu kembali informasi berkaitan dengan representasi, penyimpanan, dan akses terhadap dokumen  Dokumen yang ditemukan belum pasti apakah relevan dengan kebutuhan informasi pengguna yang dinyatakan dalam query.  Pengguna Sistem Temu Kembali informasi sangat bervariasi dengan kebutuhan informasi yang berbeda- beda.

6 Fungsi IRS  Mengidentifikasi sumber informasi yang relevan dengan minat masyarakat pengguna yang ditargetkan.  Menganalisis isi sumber informasi (dokumen)  Merepresentasikan isi sumber informasi dengan cara tertentu yang memungkinkan untuk dipertemukan dengan pertanyaan (query) pengguna.  Merepresentasikan pertanyaan (query) pengguna dengan cara tertentu yang memungkinkan untuk dipertemukan dengan sumber informasi yang terdapat dalam basis data dokumen.  Mempertemukan pernyataan pencarian dengan data yang tersimpan dalam basis data dokumen.  Menemu-kembalikan informasi yang relevan.  Menyempurnakan unjuk kerja sistem berdasarkan umpan balik yang diberikan oleh pengguna.

7 Sistem Informasi dan Sistem Temu Kembali Informasi  Secara hirarkis  Sistem Pemrosesan Transaksi  Sistem Informasi Manajemen (Management Information System – MIS)  Sistem Informasi Ekskutif  Secara fungsional  Sistem Informasi Pemasaran  Sistem Informasi Kepegawaian  Sistem Informasi Keuangan  Dll  Tidak terkait dengan hirarki dan fungsional  Sistem Pendukung Keputusan (Decision Support System - DSS)  Sistem Kecerdasan Buatan (Artificial Intelligent System - AI)  Sistem Temu Kembali Informasi (Information Retrieval System)  Sistem Informasi Perpustakaan  Dll.

8 Sistem Temu Kembali Informasi adalah Salah Satu Bentuk Sistem Informasi Dengan Fungsi Khusus, yaitu: Sistem yang memproses, menyimpan, dan menemukan kembali dokumen dalam basis data koleksi dokumen berdasarkan keinginan pengguna (user)

9 Komponen Sistem Temu Kembali Informasi PENGGUNA KOLEKSI DOKUMEN DOKUMEN TERAMBIL FUNGSI MATCHING PENENTUAN RELEVANSI

10 Kategori Pengguna (User) Sistem Temu Kembali Informasi  Novice: Pengguna pemula  Belum mempunyai kebutuhan informasi yang jelas  Masih punya keinginan mem-browse informasi  Intermediate: Pengguna sudah mulai belajar  Sudah punya keinginan informasi tapi masih agak kabur  Berkeinginan untuk mem-browse dan men-search  Expert: Pengguna yang ahli  Mempunyai kebutuhan informasi yang terdefinisikan dengan jelas  Melakukan searching informasi yang dibutuhkan

11 Interaksi Pengguna dan IRS  Dalam proses pencarian informasi terjadi interaksi antara pengguna dengan IRS baik secara langsung maupun tidak langsung  Pengguna mempunyai latar belakang pengetahuan yang berbeda-beda  Pengguna mempunyai bahavior yang berbeda-beda  IRS berusaha memfasilitasi pengguna seoptimal mungkin agar kebutuhan pengguna dapat dipenuhi

12 Perbandingan antara IRS, IS dan AI Objek DataFungsiUkuran Basis Data IRSDokumenTemu-kembali (probabilistik) Kecil – besar IS (DBMS) TabelTemu-kembali (deterministik) Kecil – besar AIPernyataan logika InferensiaKecil

13 Cara Kerja IRS  Penulis mempresentasikan sekumpulan ide dalam sebuah dokumen dengan menggunakan sekumpulan konsep.  Terdapat beberapa pengguna yang memerlukan ide yang dikemukakan oleh penulis tersebut, tapi mereka tidak dapat mengidentifikasikan dan menemukannya dengan baik.  Sistem temu kembali informasi bertujuan untuk mempertemukan ide yang dikemukakan oleh penulis dalam dokumen dengan kebutuhan informasi pengguna yang dinyatakan dalam bentuk pertanyaan (query).

14 Sumber informasi Analisis dan representasi Informasi terorganisasi Informasi ditemukanPenyesuaian (Matching) PenggunaAnalisis queryPernyataan pencarian Cara Kerja IRS

15 Latihan….  Apa yang dimaksud dengan sistem temu kembali informasi?  Apa bedanya sistem temu kembali informasi dengan SI yang lain?  Sebutkan komponen dari sistem temu kembali informasi.  Sebutkan fungsi dari setiap komponen tersebut.


Download ppt "Konsep Dasar Sistem Temu Kembali Informasi Mata Kuliah: Pemrosesan Teks dan Sistem Temu Kembali Informasi Universitas Dian Nuswantoro, 2009."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google