Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

S TUDI J AM H ENTI Laboratorium Desain Sistem Kerja dan Ergonomi Jurusan Teknik Industri Universitas Trisakti.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "S TUDI J AM H ENTI Laboratorium Desain Sistem Kerja dan Ergonomi Jurusan Teknik Industri Universitas Trisakti."— Transcript presentasi:

1 S TUDI J AM H ENTI Laboratorium Desain Sistem Kerja dan Ergonomi Jurusan Teknik Industri Universitas Trisakti

2

3

4

5

6

7 Element breakdown Mengapa perlu dilakukan?

8

9

10 Tingkat Ketelitian 5% dan Tingkat Keyakinan 95% artinya: Pengukur membolehkan rata – rata hasil pengukurannya menyimpang sejauh 5% dari rata – rata sebenarnya dan kemungkinan berhasil mendapatkan ini adalah sebesar 95%

11 Menentukan Jumlah Pengamatan Pada tingkat ketelitian 5% dan tingkat keyakinan 95%, jumlah pengamatan yang diperlukan adalah:

12 Contoh: Sejumlah 30 pengamatan telah dilakukan pada suatu operasi. Pengamat ingin mengetahui pada tingkat ketelitian 5% dan tingkat keyakinan 95%. Apakah jumlah pengamatan tersebut telah cukup?

13

14

15 Bagaimana menentukan kecukupan jumlah pengamatan untuk… Tingkat kepercayaan 95% dan tingkat ketelitian 10% ? Lihat Barnes hal

16

17

18

19 Tabel Shumard

20

21 Faktor Tingkat Kesulitan

22

23

24 Tabel Westinghouse

25

26 Soal • Sebuah studi waktu dilakukan dengan menggunakan jam henti pada pekerjaan mengetik naskah pada sebuah biro jasa pengetikan. Juru ketik yang diamati merupakan juru ketik berpengalaman yang mampu mengetik dengan kecepatan 15% di atas rata – rata. Biro jasa tersebut menempati sebuah ruangan di tepi jalan raya yang ramai lalu lintas, ventilasi dalam ruangan kurang baik, tanpa pendingin ruangan (suhu ruangan 32 o C).

27 Dalam studi ini, kelonggaran untuk kebutuhan pribadi diberikan sebesar 5%. Output dari satu siklus pekerjaan mengetik yang diamati adalah hasil ketikan pada selembar kertas ukuran A4 dengan spasi 1,5 dengan ukuran huruf 12 pt. Sejumlah 20 pengamatan telah dilakukan pada pengamatan pendahuluan. Dengan hasil sebagai berikut (dalam menit):

28 • Pengamat ingin mengetahui pada tingkat ketelitian 5% dan tingkat keyakinan 95%, apakah jumlah pengamatan tersebut telah cukup? • Tentukan besarnya penyesuaian dengan cara Westinghouse. • Hitunglah waktu normal dan waktu baku dari pekerjaan ini

29 Bila jumlah pengamatan pendahuluan belum cukup, maka hasil pengukuran selanjutnya adalah sebagai berikut:


Download ppt "S TUDI J AM H ENTI Laboratorium Desain Sistem Kerja dan Ergonomi Jurusan Teknik Industri Universitas Trisakti."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google