Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Lahan dan Komoditas Bisnis Dodi Setiawan Riatmaja

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Lahan dan Komoditas Bisnis Dodi Setiawan Riatmaja"— Transcript presentasi:

1 Lahan dan Komoditas Bisnis Dodi Setiawan Riatmaja

2

3 Motivasi Berusaha Mempunyai keahlian tertentu dan ingin mengembangkan Memiliki relasi dan akses pasar yang luas Melanjutkan usaha org tua / keluarga Mendapat kepercayaan untuk memegang usaha orang lain Iseng dan mengisi waktu luang Terpaksa karena memang tidak ada alternatif lain

4 Menjadi sukses itu pilihan Mengapa seseorang senang keamaan, kenyamanan dan ketenteraman? Mengapa ada orang yang senang dengan tantangan dan risiko? Mengapa banyak juga orang yang tidak berani menambil risiko?

5 Bisnis itu sehat Mengapa masih ada anggapan bahwa bisnis itu remeh? Mengapa masyarakat kebanyakan mengidamkan generasi penerusnya menjadi karyawan perusahaan bonafide? Apa yang dimaksud bahwa bisnis itu sehat?

6 Di manakah posisi kita? Di manakah posisi kita? Penjual atau pembeli? Jika penjual;model penjual yang seperti apakah kita? Jika pembeli; model pembeli yang seperti apakah kita?

7 Bagaimana memandang resiko? Manajer : berusaha menghitung sedetail mungkin agar terhindar dari resiko Investor : berkecenderungan menantang dan mencari resiko Pengusaha: menangkap resiko untuk dikelola dan dikendalikan

8 Komoditas Bisnis Bisnis Ekstraktif Bisnis Ekstraktif merupakan bisnis yang melakukan usahanya dengan mengambil dan mengolah bahan baku dari alam sekitar. Ex : pertanian, perkebunan, perhutanan, perikanan, peternakan, pertambangan.

9 Bisnis Agraris Bisnis Agraris merupakan bisnis yang melakukan usaha dari hasil pertanian atau bercocok tanam, maupun perikanan. Ex : bisnis buah-buahan, sayur-sayuran, kopi, teh, karet, tebu.

10 Bisnis Industri Bisnis Industri merupakan bisnis yang mengolah bahan baku dari barang mentah menjadi barang setengah jadi ataupun dari barang setengah jadi menjadi barang akhir. Ex : tekstil, garmen, otomotif, fashion, logam, mesin.

11 Bisnis Jasa Bisnis Jasa merupakan bisnis yang bergerak dibidang jasa, memberikan servis dan pelayanan kepada pelanggannya. Ex : salon, laundry, angkutan, pengobatan.

12 Komoditas Bisnis Berdasarkan Kegunaan/Manfaat Kegunaan Bentuk (Form Utility) Sebuah barang akan terasa manfaatnya oleh konsumen setelah barang tersebut diubah bentuknya. Kita tidak mungkin memakai sepatu yang bahan dasarnya dari karet ataupun kulit ketika bentuknya masih karet dan kulit tersebut. Karena itulah mengapa jenis bisnis yang mengubah bentuk suatu benda sangat berpotensi untuk dikembangkan.

13 Kegunaan Tempat (Place Utility) Bisnis Perjudian yang sangat terkenal di Las Vegas tidak mungkin kita selenggarakan di Indonesia yang sangat memegang norma-norma ketimuran, hal inilah yang dimaksud kegunaan tempat pada bisnis. Tidak hanya bisnis, bagaimanapun segala sesuatunya harus ditempatkan pada posisi yang benar agar berjalan sesuai keinginan kita.

14 Kegunaan Waktu (Time Utility) Bisnis yang dilakukan dengan menggunakan prinsip time utility ini merupakan bisnis yang sangat merakyat, karena memang bisnis ini merupakan bisnis yang mendatangkan keuntungan besar pada waktu yang tepat. Pada saat bulan Ramadhan, banyak pedagang yang menjual baju muslim, maupun kitab suci, serta makanan-makanan khas berbuka puasa.

15 Kegunaan Kepemilikan (Possession Utility) Bisnis possession utility menitikberatkan pada konsumen atau sasaran bisnisnya, contohnya adalah yayasan penyelenggara pendidikan.

16 Tujuan Kebijakan Bisnis Melindungi Usaha Kecil Menengah Melindungi Lingkungan Hidup Sekitarnya Melindungi Konsumen Pendapatan Pemerintah

17 Facts about American Business There are many kinds of businesses. There are millions more small companies than large ones. Almost 50% of all workers are employed by about 16,000 firms. There are many different ownership combinations.

18 The Number and Size of American Businesses Facts According to the Small Business Administration (SBA): 25 million+ businesses in the U.S. 10 million people have business income from sources other than their primary occupation occupation 10 million people own businesses where they are the only employee

19 The Number and Size of American Businesses Facts According to the Small Business Administration (SBA): 6 million businesses have employees 5 million businesses have less than 20 employees <2% of businesses employ 100+ workers 16,700 businesses have 500+ employees

20 Kunci hidup adalah gerak…maka jangan berhenti bergerak niscaya kau akan tetap hidup….. Tidak ada istilah gagal yang ada adalah berhenti mencoba….. Semoga bermanfaat dan sampai jumpa….


Download ppt "Lahan dan Komoditas Bisnis Dodi Setiawan Riatmaja"

Presentasi serupa


Iklan oleh Google