Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

KONTRAK PERKULIAHAN Judul Mata Kuliah : Perekonomian Indonesia dan Ekonomi Pembangunan Kode Mata Kuliah : 112003 Pengajar : Mohammad Wasil, S.Pd., ME.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "KONTRAK PERKULIAHAN Judul Mata Kuliah : Perekonomian Indonesia dan Ekonomi Pembangunan Kode Mata Kuliah : 112003 Pengajar : Mohammad Wasil, S.Pd., ME."— Transcript presentasi:

1 KONTRAK PERKULIAHAN Judul Mata Kuliah : Perekonomian Indonesia dan Ekonomi Pembangunan Kode Mata Kuliah : Pengajar : Mohammad Wasil, S.Pd., ME. Semester : Genap / Tahun Akademik 2013/2014 Hari Pertemuan / Jam : Jum’at Pk –

2 Manfaat Kuliah Penyelenggaran mata kuliah ini berisikan pembahasan isu-isu terkini atas permasalahan dalam proses pembangunan ekonomi yang dilaksanakan oleh negara Indonesia, melalui pembahasan kasus-kasus pada setiap pertemuan/ tatap muka, sehingga mata kuliah ini diharapkan dapat memberikan manfaat kepada mahasiswa antara lain :  Peningkatan wawasan berpikir khususnya dibidang perekonomian Indonesia dan ekonomi pembangunan.  Mahasiswa mendapatkan bekal keterampilan dalam hal berkomunikasi lisan maupun tertulis.  Meningkatkan kepekaan/respon mahasiswa terhadap isu-isu disekelilingnya.

3 Deskripsi Perkuliahan Penyelenggaraan perkuliahan ini untuk membahas berbagai permasalahan dalam proses pembangunan ekonomi yang dilaksanakan oleh negara Indonesia, dan negara–negara berkembang. Di dalamnya akan berisi berbagai teori pembangunan ekonomi sebagai pengantar, permasalahan umum yang dihadapi negara berkembang dan pemahaman terhadap setrategi penyelesaiannya oleh negara sedang berkembang.

4 Tujuan Instruksional Diakhir perkulian, mahasiswa diharapkan mampu menjelaskan hal sebagai berikut :  Menjelaskan tentang isu-isu perekonomian Indonesia dan ekonomi pembangunan secara umum.  Menjelaskan masalah – masalah yang berkembang dalam perekonomian Indonesia.  Menjelaskan strategi – strategi pembangunan ekonomi Indonesia  Menjelaskan bagaimana indikator – indikator perekenomian makro Indonesia saling berhubungan satu dengan yang lainnya.  Menjelaskan kebutuhan kompetensi Sumber Daya Manusia yang dibutuhkan dalam perkembangan perekonomian Indonesia.  Menjelaskan situasi lingkungan bisnis global dalam kaitannya dengan perekonomian Indonesia.

5 Strategi Perkuliahan Di dalam kelas:  Metode pengajaran dalam mata kuliah ini diawali dengan diskusi grup untuk materi terkait, tutorial, kemudian dilanjutkan dengan Tanya jawab dan diskusi mengenai studi kasus yang sudah dipersiapkan. Di luar kelas:  Setiap mahasiswa diharuskan untuk mempersiapkan bahan perkuliahan sebelum mengikuti kelas. Selain itu mahasiswa juga diharuskan mempersiapkan solusi untuk setiap studi kasus yang diberikan di kelas.

6 Materi/Bacaan PK  Lincolin Arsyad, 2002, Ekonomi Pembangunan, Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Yogyakarta.  Tulus T.H. Tambunan, 2003, Perekonomian Indonesia (Beberapa masalah penting), Ghalia Indonesia.

7 Tugas  Setiap topik perkuliahan sebagaimana yang telah diprogramkan wajib dibaca oleh mahasiswa sebelum mengikuti kegiatan perkuliahan.  Memberikan tugas kepada setiap mahasiswa untuk membuat solusi dari setiap studi kasus yang diberikan.

8 Kriteria Penilaian Kriteria penilaian ujian akhir adalah sebagai berikut : Dalam menentukan nilai akhir akan digunakan pembobotan sebagai berikut :  Kehadiran30 %  Ujian Tengah Semester20 %  Tugas20 %  Ujian Akhir30 % NilaiPointRange A 4 ≥ 81 B C D E0≤ 50

9 Materi Persentasi Kelompok 1. Pertumbuhan dan perubahan struktru ekonomi. 2. Kemiskinan san kesenjangan pendapatan 3. Pembangunan ekonomi daerah 4. Sektor pertanian 5. Industrialisasi 6. Usaha kecil dan menengah 7. Neraca pembayaran dan tingkat ketergantungan pada modal asing


Download ppt "KONTRAK PERKULIAHAN Judul Mata Kuliah : Perekonomian Indonesia dan Ekonomi Pembangunan Kode Mata Kuliah : 112003 Pengajar : Mohammad Wasil, S.Pd., ME."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google