Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Kontrak Pembelajaran & Garis-Garis Besar Program Pembelajaran ( GBPP) Mata Kuliah Perilaku Organisasi SPA 411 (semester ganjil)

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Kontrak Pembelajaran & Garis-Garis Besar Program Pembelajaran ( GBPP) Mata Kuliah Perilaku Organisasi SPA 411 (semester ganjil)"— Transcript presentasi:

1 Kontrak Pembelajaran & Garis-Garis Besar Program Pembelajaran ( GBPP) Mata Kuliah Perilaku Organisasi SPA 411 (semester ganjil)

2 A. Karakteristik Mata Kuliah Perilaku Organisai 1.Jurusan: Ilmu Administrasi Negara 2.Fakultas: Isip 3.Tahun Akademik: 2009/ Semester: Ganjil ( VII)/Pendek 5.Nama Mata Kuliah: Perilaku Organisasi 6.Nomor Kode/SKS: SPA 411 (3 SKS) 7.Pengampu: Tobirin, S.Sos, M.Si

3 B. Deskripsi Singkat Fokus dari mata kuliah ini adalah : Pemahaman pendekatan perilaku organisasi terhadap masalah- masalah publik yang menjadi isu-isu kontemporer. Berbagai persoalan sosial yang menyangkut dinamika dan perkembangan organisasi yaitu ; efisiensi dan efektifitas organisasi, produktivitas, kepuasan kerja, pengukuran kinerja karyawan, kepemimpinan, dan learning organization menjadi kajian yang dominan untuk dikembangkan dalam berbagai pemikiran. Konsep-konsep tersebut dikaji dan dikembangkan untuk menganalisis berbagai persoalan publik. Untuk itu kajian berbagai perkembangan teori terutama teori kekuasaan, motivasi dan kepemimpinan secara historis dan kontemporer akan dibahas.

4 C.Tujuan Pembelajaran  Setelah mengikuti pembelajaran, mahasiswa dapat memahami perilaku organisasi, pendekatan- pendekatan perilaku organisasi dan tantangan global yang berimbas pada dinamika organisasi terutama yang menyangkut nilai-nilai efisiensi, efektivitas dan produktivitas.  Selain itu diharapkan mampu menginterprestasikan berbagai persoalan yang menyangkut dinamika organisasi terutama bagaimana menganalisis persoalan sosial untuk dicarikan solusinya  Maka kesadaran kritis perlu dikembangkan dalam pendekatan pembelajarannya.

5 D.Manfaat Pembelajaran 1. Manfaat Langsung  Mahasiswa dapat memahami perilaku organisasi, pendekatan- pendekatan perilaku organisasi  Mahasiswa mampu menganalisis berbagai teori motivasi, kekuasaan, dan kepemimpinan dalam kajian perilaku organisasi.  Meningkatkan kemampuan mahasiswa dalam mengembangkan alur berpikir kritis terhadap isu-isu kontemporer yang menyangkut dinamika dan perkembangan organisasi. 2. Manfaat Tidak Langsung  Membantu mahasiswa untuk berpikir cerdas dalam mengambil tema skripsi yang menyangkut isu-isu kontemporer yang berkaitan dengan dinamika perilaku organisasi.  Membantu mahasiwa memliki responsibilitas terhadap permasalahan publik dengan pendekatan perilaku organisasi, selain itu menambah khasanah pemahaman konsep sebagai pilihan tema dalam menyelesaikan tugas akkhir

6 E. Outcomes Melalui mata kuliah ini mahasiswa dapat memiliki pemahaman yang konferehensif tentang dinamika organisasi yang menjadi salah satu tema kajian administrasi publik. Mahasiswa dapat memahami berbagai pendekatan perilaku organisasi untuk menganalis isu-isu kontemporer yang berkaitan dengan masalah-masalah publik. Mahasiwa juga memiliki daya kritis terhadap berbagai persoalan publik untuk mencari solusi dan kesimpulan yang terbaik terhadap berbagai permasalan publik. Selain itu mahasiwa diharapkan mimiliki attitude dan sikap profesional sebagai dampak pemahaman yang baik terhadap teori-teori nilai, sikap dan motivasi yang dikembangkan dalam mata kuliah perilaku organisasi.

7 Evaluasi hasil kegiatan ini hanya dilaksanakan pada mahasiswa yang dapat mencapai jumlah kuliah tatap muka  75 prosen. Penilaian dapat dilakukan dengan menggunakan standarisasi yang telah ditentukan oleh P3 Unsoed. Yaitu, > 80 = A, 66,00-79,99 = B, 56,00-65,99 = C, 46,00-55,99 = D, <46 = E. Melalui standarisasi nilai yang demikian mahasiwa berpacu untuk mendapatkan nilai yang terbaik. Sedangkan komponen penilaian yang harus ditempuh (didapat) seorang mahasiswa meliputi aspek-aspek berikut:

8 E. Evaluasi No. Kegiatan MahasiswaNilai yang dicapai (%)Nilai Tertinggi 1.Tugas Kelompok (Presentasi + Micro Teaching) 35 2.Kuis Dalam Blog14 (3 X)49 3.Rekam jejak kinerja mahasiswa Mengikuti Perkuliahan665 5.Ujian/Evaluasi35100 Total100

9 KESEPAKATAN BERSAMA 1.Keterlambatan Dosen dan mahasiswa 20 menit (Apabila dosen terlambat lebih dari 20 menit, mahasiswa dianggap hadir dan tandatangan kehadiran di absensi apabila mahasiswa terlambat lebih dari 20 menit, dianggap tidak mengikuti perkuliahan dan nilai berkurang 0,5 %, mahasiswa absen tanpa alasan yang jelas nilai berkurang 0,5 % 2.Mahasiswa yang tidak mengikuti presentasi/micro teaching atau absen tanpa alasan yang jelas, tidak mendapat nilai sebesar 35 %


Download ppt "Kontrak Pembelajaran & Garis-Garis Besar Program Pembelajaran ( GBPP) Mata Kuliah Perilaku Organisasi SPA 411 (semester ganjil)"

Presentasi serupa


Iklan oleh Google