Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

BREVET PEMUPUKAN MN (MAIN NURSERY) Oleh : Safrudin Wibowo (POD Manager) Training Center PT. BW Plantation Tbk Tahun 2010.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "BREVET PEMUPUKAN MN (MAIN NURSERY) Oleh : Safrudin Wibowo (POD Manager) Training Center PT. BW Plantation Tbk Tahun 2010."— Transcript presentasi:

1 BREVET PEMUPUKAN MN (MAIN NURSERY) Oleh : Safrudin Wibowo (POD Manager) Training Center PT. BW Plantation Tbk Tahun 2010

2 RUANG LINGKUP BREVET 2Brevet – Pemupukan Main Nursery – Training Center PT. BW Plantation Tbk. 1. Pre Test 2. Konsep dan Definisi 3. Tujuan dan Sasaran 4. Instruksi Kerja 5. Pola dan Strategi Kerja 6. Standar Spesifikasi 7. Standar Input Norma 8. Standar Parameter Keberhasilan 9. Kesalahan dan Dosa 10. Supervisi 11. Administrasi dan Laporan 12. Post Test

3 1. TEST BREVET 1. Apa yang dimaksud aktivitas pemupukan main nursery? 2. Apa yang dimaksud ketepatan dalam pemupukan? 3. Bagaimana cara pemupukan kelapa sawit di main nursery? 4. Apa standar spesifikasi pemupukan main nursery? 5. Berapa kemampuan pekerja mempupuk di main nursery? 6. Bagaimana cara pengawasan pemupukan main nursery? 7. Bagaimana cara pembuatan RKH pemupukan sawit? 8. Bagaimana cara menghitung unit cost pemupukan sawit? 9. Apa saja yang dilaporkan dari pekerjaan ini? 3Brevet – Pemupukan Main Nursery – Training Center PT. BW Plantation Tbk.

4 2. KONSEP  Pertumbuhan kelapa sawit sangat dipengaruhi oleh pupuk yang diberikan.  Pupuk memberi pengaruh pada akar, batang, pelepah, daun, buah, dan kandungan minyak  Pupuk merupakan nutrisi tambahan yang diberikan berdasarkan kondisi tanah yang ada dalam rekomendasi pemupukan  Pupuk memegang porsi biaya 40% dari total biaya di luar perawatan atau 60% termasuk perawatan  Pemupukan merupakan pekerjaan kunci dalam optimalisasi pertumbuhan dan produksi  Losses pemupukan berdampak signifikan 4Brevet – Pemupukan Main Nursery – Training Center PT. BW Plantation Tbk.

5 2. KONSEP  Dari jenisnya, pupuk bisa dikategorikan menjadi 2 yaitu; a. Tunggal (Setiap pupuk mengandung 1 unsur hara) b. Majemuk (Setiap pupuk mengandung >1 unsur hara)  Dari rotasinya, setiap pupuk diaplikasikan 2X per tahun  Dari dosisnya, pupuk diaplikasikan per pokok di setiap periode dengan dosis berbeda sesuai rekomendasi  Dari waktu aplikasinya, pemupukan harus dilakukan setelah pekerjaan CPT Weeding dan tidak di saat hujan  Dari takarannya, setiap dosis harus punya takaran khusus  Dari lokasinya, setiap periode punya lokasi tabur khusus  Dari caranya, tiap pupuk punya cara tabur berbeda 5Brevet – Pemupukan Main Nursery – Training Center PT. BW Plantation Tbk.

6 2. KONSEP  Pemupukan punya 6 TEPAT PEMUPUKAN; 1. Tepat Jenis (UREA, RP, MOP, KIESERITE, HGFB, dll) 2. Tepat Dosis (Berapa Kg/Pokok diaplikasikan) 3. Tepat Sasaran (Dimana lokasi pupuk diaplikasikan) 4. Tepat Waktu (Kapan waktu pupuk diaplikasikan) 5. Tepat Cara (Bagaimana pupuk diaplikasikan) 6. Tepat Takaran (Takaran untuk setiap dosis berbeda) 6Brevet – Pemupukan Main Nursery – Training Center PT. BW Plantation Tbk.

7 2. KONSEP – JENIS PUPUK Berdasarkan kandungan haranya, pupuk terbagi 2 yaitu; 1. Pupuk Tunggal (Mengandung 1 unsur hara) 2. Pupuk Majemuk (Mengandung > 1 unsur hara) Berdasarkan cara aplikasinya, pupuk terbagi 2 yaitu; 1. Ditabur 2. Dibenamkan 3. Dimasukkan dalam lobang tanam 4. Dicampur dan disiramkan Berdasarkan pelepasan-serapannya, pupuk terbagi 2 yaitu; 1. Fast release (pelepas-serapannya cepat) 2. Control/slow release (pelepas-serapannya pelan) 7Brevet – Pemupukan Main Nursery – Training Center PT. BW Plantation Tbk.

8 2. DEFINISI  Pemupukan main nursery bibitan kelapa sawit adalah pemberian pupuk kepada bibit main nursery di dengan dosis, cara dan di waktu yang telah ditentukan; dan mencakup aktivitas: 1. pengambilan pupuk dari gudang 2. pelangsiran pupuk dari gudang ke lokasi Main Nursery 3. penyiapan tempat pencampuran 4. pengisian air 5. pencampuran pupuk dan air 6. penyiraman pupuk ke bibitan 8Brevet – Pemupukan Main Nursery – Training Center PT. BW Plantation Tbk.

9 3. TUJUAN DAN SASARAN  Tujuan pemupukan kelapa sawit adalah terpupuknya setiap pokok kelapa sawit dengan jenis pupuk, dosis, takaran, cara, di lokasi dan pada waktu yang tepat.  Sasaran yang akan dicapai dengan pemupukan kelapa sawit adalah: 1. setiap pokok terpupuk dengan tepat 2. kepastian tidak adanya kekurangan nutrisi tanaman 3. tidak ada kerugian dari pemupukan 4. kepastian pertumbuhan  Motto: KAKI ADALAH PUPUK TERBAIK 9Brevet – Pemupukan Main Nursery – Training Center PT. BW Plantation Tbk.

10 4. INSTRUKSI KERJA – PERSIAPAN 10Brevet – Pemupukan Main Nursery – Training Center PT. BW Plantation Tbk. NOINSTRUKSI KERJAPELAKSANA 1Dalam membuat RKH besok, tentukan: a.Plot nomor berapa yang akan dipupuk b.Pupuk apa yang akan diaplikasikan c.Berapa pokok banyak yang akan dipupuk d.Berapa kg pupuk diminta (dosis X jumlah pokok) e.Jumlah tenaga yang dibutuhkan (volume : output) f.Hari dan tanggal pemupukan FA – Nursery 2Buat BPB ke Gudang dan lakukan poin 2 untuk BPB disetujui Estate Manager M. Pupuk 3Kirimkan BPB ke Kasie Admin. LogisticM. Pupuk 4Beritahukan kebutuhan unit angkutan pupuk ke Mandor 1M. Pupuk 5Langsir pupuk ke lokasi pada hari H setelah apel pagiM. Pupuk 6Siapkan tempat pupuk dan takaran kalibrasiM. Pupuk

11 4. INSTRUKSI KERJA – PELAKSANAAN 11Brevet – Pemupukan Main Nursery – Training Center PT. BW Plantation Tbk. NOINSTRUKSI KERJAPELAKSANA 1Langsir sak pupuk di setiap baris bibit sesuai standarM. Pupuk 2Periksa setiap pemupuk membawa ember dan takaran yang sama M. Pupuk 3Ambil pupuk dari sak pupuk yang sudah diecer 10 kg/ember Pemupuk 4Ancakkan tenaga pemupuk di setiap 7 baris 1 orangM. Pupuk 5Tabur pupuk di keliling bonggol di permukaan tanah large bag bibit Pemupuk 6Hindari dari tercecernya pupuk di luar large bagPemupuk 7Ulangi poin nomor 3 dan lanjutkan pemupukan sampai selesai Pemupuk

12 5. POLA DAN STRATEGI KERJA  Siapkan ember seragam ukuran 10 kg/ember di gudang  Container bekas herbisida yang sudah dicuci bersih bisa dibuat untuk ember pupuk dengan dibuat kalung pegangan dari karung bekas dijahit  Siapkan takaran berbeda sejumlah pemupuk di gudang dan tempatkan di tempat terpisah  Selalu melangsir pupuk dan mengecer di titik-titik ecer  Buat patok plang pengeceran pupuk (lokasi beda di setiap dosis pemupukan berbeda0  Selalu memupuk setelah penyiangan/pengendalian gulma di large bag  Siapkan ciduk untuk menuangkan pupuk dari sak ke ember agar tidak tercecer 12Brevet – Pemupukan Main Nursery – Training Center PT. BW Plantation Tbk.

13 6. STANDAR SPESIFIKASI  Posisi langsir dan ecer sak pupuk adalah sebagai berikut: a. Dosis 2,5 gram/bibit0,25 sak/15 baris bibit b. Dosis 5 gram/bibit 0,5 sak/15 baris bibit c. Dosis 7,5 gram/bibit 1 sak/20 baris bibit d. Dosis 10 gram/bibit 1 sak/15 baris bibit e. Dosis 15 gram/bibit 1 sak/10 baris bibit f. Dosis 20 gram/bibit 1 sak/7 baris bibit g. Dosis 25 gram/bibit 1 sak/6 baris bibit h. Dosis 30 gram/bibit 1 sak/5 baris bibit i. Dosis 40 gram/bibit 1 sak/4 baris bibit j. Dosis 50 gram/bibit 1 sak/3 baris bibit  Pemupukan tidak di saat hujan dan di pagi hari  Takaran pupuk harus benar  Pemupukan selalu setelah pengendalian gulma / penyiangan 13Brevet – Pemupukan Main Nursery – Training Center PT. BW Plantation Tbk.

14 7. STANDAR INPUT 14Brevet – Pemupukan Main Nursery – Training Center PT. BW Plantation Tbk. PEKERJAAN DOSISHARIANBORONGAN (Gram/Bibit)Bbt/HkRp/Bibit NPK 15:15:6:4< NPK 12:12:17:2 + TE< Kieserite< RATA-RATA ASUMSI HK UMR = RP /HK

15 STANDAR REKOMENDASI PUPUK Main Nursery 15Brevet – Pemupukan Main Nursery – Training Center PT. BW Plantation Tbk. Umur Bibit (minggu) Dosis Pupuk (Gram/Bibit) NPK 15:15:6:4NPK 12:12:17:2KIESERITE Total

16 8. STANDAR PARAMETER KEBERHASILAN  Ember pupuk seragam  Pemupukan pakai takaran seragam  Pelangsiran dan pengeceran pupuk tidak dibanting/lempar  Karung pupuk utuh di lokasi ecer  Pupuk tidak tercecer di jalan  Pupuk tidak salah sasaran  Pemupukan tidak waktu hujan  Pengeceran benar di tempat  Pupuk tidak dicampuri bahan lain  Pupuk ditaburkan menyebar mengelilingi bonggol bibit  Pupuk berupa gumpalan dipecah dulu 16Brevet – Pemupukan Main Nursery – Training Center PT. BW Plantation Tbk.

17 9. KESALAHAN DAN DOSA  Ember pupuk tidak seragam  Pemupukan tidak pakai takaran  Pemupukan pakai takaran yang tidak sama  Pelangsiran dan pengeceran pupuk dibanting/lempar  Karung pupuk pecah setelah terbanting  Pupuk tercecer di jalan  Pupuk salah sasaran  Pemupukan waktu hujan  Pupuk dibuang  Pengeceran salah tempat  Pupuk dicampuri bahan lain  Pupuk ditempatkan di satu titik  Pupuk berupa gumpalan tidak dipecah dulu 17Brevet – Pemupukan Main Nursery – Training Center PT. BW Plantation Tbk.

18 10. SUPERVISI 1.Periksa spesifikasi hasil kerja (SDA) 2.Periksa pencapaian standar keberhasilan (SDA) 3.Periksa administrasi dan laporan pekerjaan 4.Periksa SPK alat berat 5.Periksa utilitas alat 6.Periksa output tenaga kerja 7.Periksa pemakaian bahan dan alat 8.Periksa kesesuaian nama pekerja secara fisik pelaksana 9.Periksa mekanisme dan proses pembayaran 18Brevet – Pemupukan Main Nursery – Training Center PT. BW Plantation Tbk.

19 11. ADMINISTRASI DAN LAPORAN  Rencana Kerja Harian  Laporan Kerja Harian  Buku Kerja Mandor  Laporan prestasi pemakaian tenaga kerja, alat, bahan, dan transportasi  Peta Progress Pekerjaan  SPK Borongan TK  SPK Borongan Alat Berat 19Brevet – Pemupukan Main Nursery – Training Center PT. BW Plantation Tbk.

20 12. POST TEST 1. Apa yang dimaksud aktivitas pemupukan kelapa sawit? 2. Apa yang dimaksud ketepatan dalam pemupukan? 3. Bagaimana cara pemupukan kelapa sawit di main nursery? 4. Apa standar spesifikasi pemupukan main nursery? 5. Berapa kemampuan pekerja mempupuk di main nursery? 6. Bagaimana cara pengawasan pemupukan main nursery? 7. Bagaimana cara pembuatan RKH pemupukan sawit? 8. Bagaimana cara menghitung unit cost pemupukan sawit? 9. Apa saja yang dilaporkan dari pekerjaan ini? 20Brevet – Pemupukan Main Nursery – Training Center PT. BW Plantation Tbk.

21 SEKIAN DAN TERIMA KASIH 21Brevet – Pemupukan Main Nursery – Training Center PT. BW Plantation Tbk.


Download ppt "BREVET PEMUPUKAN MN (MAIN NURSERY) Oleh : Safrudin Wibowo (POD Manager) Training Center PT. BW Plantation Tbk Tahun 2010."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google