Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

PINBUK (Pusat Inkubasi Bisnis Usaha Kecil) KLOMPOK 13 1) Abdul Wasi (0807025005) 2) Ahmad Nuzuli (0807025008) 3) Irva Senja Pratama(080702500) 4) Firdaus.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "PINBUK (Pusat Inkubasi Bisnis Usaha Kecil) KLOMPOK 13 1) Abdul Wasi (0807025005) 2) Ahmad Nuzuli (0807025008) 3) Irva Senja Pratama(080702500) 4) Firdaus."— Transcript presentasi:

1 PINBUK (Pusat Inkubasi Bisnis Usaha Kecil) KLOMPOK 13 1) Abdul Wasi ( ) 2) Ahmad Nuzuli ( ) 3) Irva Senja Pratama( ) 4) Firdaus ( )

2 SEJARAH DIDIRIKANNYA PINBUK  Pusat Inkubasi bisnis Usaha Kecil (PINBUK) didirikan pada tangga 13 Maret 1995 oleh ketua ICMI (Ikatan Cendikiawan Muslim se-Indonesia) Prof. DR. BJ. Habibie, Ketua MUI (MUI) alm. KH. Hasan Basri dan Direktur Utama BMI (Bank Mu'amalat Indonesia) Zainul Bahar Noor, SE.  PINBUK didirikan karena adanya tuntutan dari masyarakat yang menginginkan akan adanya perubahan dalam struktur ekonomi masyarakat yang dikuasai oleh bebrapa golongan tertentu saja, utamanya dari ekonomi konglomerasi kepada ekonomi yang berbasis masyarakat banyak

3 TUJUAN DIDIRIKAN PINBUK Tujuan pertama kali didirikannya PINBUK oleh ICMI ialah untuk memberdayakan para pengusaha kecil. Tujuan ini direalisasikan dengan mendirikan berbagai lembaga keuangan alternatif yang berprinsip syariah di lapisan grass root. Lembaga keuangan itu bernama Baitul Maal wat Tamwil (BMT) atau padanan kata dari Balai Usaha Mandiri Terpadu.

4 VISI & MISI Menjadi lembaga yang profesional, terpercaya, dan terkemuka di Indonesia dalam penanggulangan kemiskinan melalui pengembangan Lembaga Keuangan Mikro (LKM) Baitul Maal wat Tamwil (BMT) dan Kelompok-kelompok Usaha Mikro yang mandiri, berkelanjutan dan mengakar di masyarakat.

5 Struktur Organisasi  Badan Pembina  Badan Pengawas  Badan Pengurus  Badan Pekerja - Direnktur Eksekutif: Aslichan Burhan El- Blitary, SE., MP. - Deputi Bid. Pengembangan LKM: Emalia Tanjung, M.Psi - Deputi Bid. Pengembangan SDM: Deni Irawan Soedrajat, SH. - Deputi Bid. Kemitraan dan Linkage: Ir. Ubun Bunyamin, MM - Deputi Bid. Teknoligi Informasi: Maman tirta Rukmana - Deputi Bid. Pengembangan Usaha: Ir. Purwantoro - Deputi Bid. Hubungan Antar Lembaga: Drh. Fatchul hidayat.

6  Sasaran PINBUK:  Terjangkaunya layanan keuangan mikro dan pendampingan kepada 10 juta keluarga miskin pengusaha mikro sampai dengan tahun 2015 terutama kaum perempuan.  Perkembangannya 10 ribu Lembaga Keuangan Mikro yang profesional, sehat, mandiri, dan mengakar dimasyarakat menjelang tahun 2015

7 STRATEGI PENCAPAIAN SASARAN PINBUK sebagai pngembangan swadaya Masyarakat (LPSM) berfungsi sebagai fasilitator seluruh potensi masyarakat. Oleh karna itu, strategi pencapaian sasaran dilaksanakan dengan prinsip pendekatan: Fungsionalisasi, Institusionalisasi Integrasi, Ukhuwah Muamalah Pengembangan SDM Barisan Semut

8 PERAN PINBUK BAGI BMT  Fasiitas jelang pelatihan  Fasilitas aplikasi software pendukung operasional BMT online, integrated (micro) Banking Sistem (fasilitas Sistem Operasional Manajmen (SOM) dan Siste Versi 05).  Fasilitas Sistem Operasional Manajmen (SOM) dan Sistem Operasional Prosedur (SOP)  Konsultasi dan pendamping (Technical Assistance)  Linkage/akses permodalam/pembiayaan ke inkopsyah, pinbuk multiartha kelola (PMK), PKBL BUMN, Vebture, Perbankan Syariah, dsb  Support bisnis fee based income

9 PROGRAM KERJA  Membangun kelompok-kelompok usaha mikro dalam wadah Kelompok Usaha Muamalat (POKUSMA) dan kelompok-kelompok sejenis yang fungsional dan berkelanjutan.  Membangun kelembagaan LKM Baitul Maal wat Tamwil/Balai usaha Mandiri Terpadu (BMT) dan lembaga-lembaga sejenis berlandaskan profesionalitas, keswadayaan, kemandirian dan keberlanjutan.  Melakukan kegiatan pemberdayaan sosial masyarakat yang terpadu dalam aspek usaha ekonomi produktif (UEP) dan usaha kesejahteraan sosial (UKS) pada berbagai kelompok masyarakat, termasuk masyarakat pesisir, pertanian, perikanan, transmigrasi, kehutanan, industri, dan perdagangan.

10  Mengembangkan lembaga-lembaga profesional untuk meningkatkan kualitas manajemen, SOP, teknologi, dan sistem informasi LKM dan kelompok-kelompok usaha mikro  Mengembangkan lembaga pendidikan dan pelatihan untuk meningkatkan kapasitas, kualitas dan kinerja SDM LKM dan kelompok-kelompok usaha mikro.  Berpartisipasi aktif dalam perumusan kebijakan Publik dalam rangka peningkatan akses masyarakat miskin dan usaha mikro kepada sumberdaya ekonomi  Mengembangkan jaringan kerja LKM dan bisnis riil kelompok-kelompok usaha mikro dalam rangka peningkatan kinerja usaha, layanan dan posisi tawarnya.  Mengembangkan lembaga-lembaga pendukung/infrastruktur dalam pengembangan kualitas dan kuantitas LKM serta layanan pengembangan usaha mikro,

11 PENUTUP  PINBUK didirikan karena adanya tuntutan dari masyarakat yang menginginkan akan adanya perubahan dalam struktur ekonomi masyarakat yang dikuasai oleh bebrapa golongan tertentu saja, utamanya dari ekonomi konglomerasi kepada ekonomi yang berbasis masyarakat banyak. Tujuan pertama kali didirikannya PINBUK oleh ICMI ialah untuk memberdayakan para pengusaha kecil.  PINBUK tidak hanya mengurusi BMT saja. Selain melakukan pelatihan-pelatihan, sosialisasi, dan pendampingan mengenai ke BMT-an, dalam prencanaan kedepan PINBUK juga mengadakan pengembangan usaha disektor riil, hal ini dibuktikan dengan adanya deputi bidang pengembangan usaha, dan telah ada waralaba bakso kepala sapi. PINBUK juga memiliki kemitraan dan kerja sama dengan lembaga- lembaga dan instansi-instansi lainnya baik itu yang berkaitan dengan keuangan, swsta atau pemerintah.


Download ppt "PINBUK (Pusat Inkubasi Bisnis Usaha Kecil) KLOMPOK 13 1) Abdul Wasi (0807025005) 2) Ahmad Nuzuli (0807025008) 3) Irva Senja Pratama(080702500) 4) Firdaus."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google