Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Internet & Jaringan Komputer Universitas Gunadarma Minggu VII.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Internet & Jaringan Komputer Universitas Gunadarma Minggu VII."— Transcript presentasi:

1 Internet & Jaringan Komputer Universitas Gunadarma Minggu VII

2 World Wide Web (WWW) World Wide Web adalah kerangka kerja dalam arsitektur komputer untuk mengakses konten terkait yang tersebar di dunia ‘maya’ pada jutaan mesin di seluruh internet. 1) The World Wide Web (WWW, atau hanya Web) adalah suatu ruang informasi di mana hal-hal menarik, disebut sebagai sumber daya, diidentifikasi oleh pengenal global yang disebut Uniform Resource Identifier (URI). 2)

3 Surat elektronik atau pos elektronik (bahasa Inggris: ) adalah sarana kirim mengirim surat melalui jalur jaringan komputer (misalnya Internet). Surat elektronik sudah mulai dipakai pada tahun 1960-an. Pada saat itu Internet belum terbentuk, yang ada hanyalah kumpulan 'mainframe' yang terbentuk sebagai jaringan. Mulai tahun 1980-an, surat elektronik sudah bisa dinikmati oleh khalayak umum. Sekarang ini banyak perusahaan pos di berbagai negara menurun penghasilannya disebabkan masyarakat sudah tidak memakai jasa pos lagi.

4 Search Engine Mesin pencari atau Search engine adalah program komputer yang dirancang untuk melakukan pencarian atas berkas-berkas yang tersimpan dalam layanan www, ftp, publikasi milis, ataupun news group dalam sebuah ataupun sejumlah komputer peladen dalam suatu jaringan. Search engine merupakan perangkat pencari informasi dari dokumen-dokumen yang tersedia. Hasil pencarian umumnya ditampilkan dalam bentuk daftar yang seringkali diurutkan menurut tingkat akurasi ataupun rasio pengunjung atas suatu berkas yang disebut sebagai hits. Informasi yang menjadi target pencarian bisa terdapat dalam berbagai macam jenis berkas seperti halaman situs web, gambar, ataupun jenis-jenis berkas lainnya. Beberapa mesin pencari juga diketahui melakukan pengumpulan informasi atas data yang tersimpan dalam suatu basisdata ataupun direktori web.

5 Chatting Chatting atau mengobrol yaitu aktivitas melakukan pembicaraan tertulis secara real-time(saat itu juga) dalam jaringan komputer/internet. IRC Internet Relay Chat (IRC) adalah suatu bentuk komunikasi di Internet yang diciptakan untuk komunikasi interpersonal terutama komunikasi kelompok di tempat diskusi yang dinamakan channel (saluran), tetapi juga bisa untuk komunikasi jalur pribadi. IRC muncul sebagai saluran komunikasi pintu belakang yang menarik yang meliput kejadian-kejadian penting. Pada saat alat-alat komunikasi tradisional tak dapat berfungsi dengan baik, IRC dapat menjadi alternatif yang dapat diandalkan.

6 Chatting CONTOH: Beberapa situs IRC adalah untuk umum. Biasanya situs ini sangat padat karena banyak pengguna yang terhubung ke dalamnya. Berikut beberapa alamat client milik umum sci.dixie.edu 6677 exuokmas.ecn.uoknor.edu 6533 obelix.wu-wien.ac.at 6996 irc.tuzvo.sk 6533 irc.nsycu.edu.tw 6533 Beberapa perintah dasar IRC /Bye untuk keluar dari channel dan program IRC /Help untuk meminta fasilitas bantuan yang akan menerangkan perintah IRC /Ignore diikuti alamat atau nama julukan pengguna lain untuk menolak saluran komunikasi dengan pengguna individu tersebut. /Msg untuk mengirimkan pesan khusus kepada pengguna lain, diikuti nama julukannya lalu isi pesan /Names untuk menunjukkan nama seluruh pengguna yang berada dalam channel tersebut. /Nick untuk mengganti nama julukan atau nama samaran sebelumnya /Whois diikuti nama julukan, akan menunjukkan informasi mengenai pengguna tersebut.

7 FTP (File Transfer Protocol) Protokol pengiriman berkas (bahasa Inggris: File Transfer Protocol) adalah sebuah protokol Internet yang berjalan di dalam lapisan aplikasi yang merupakan standar untuk pengiriman berkas (file) komputer antar mesin-mesin dalam sebuah jaringan. FTP merupakan salah satu protokol Internet yang paling awal dikembangkan, dan masih digunakan hingga saat ini untuk melakukan pengunduhan (download) dan penggugahan (upload) berkas-berkas komputer antara klien FTP dan server FTP.

8 Teleconference Teleconference atau teleseminar adalah pertukaran informasi secara langsung antara beberapa orang atau mesin(komputer) dalam jarak yang jauh dari satu sama lain tapi dihubungkan oleh suatu sistem telekomunikasi. Istilah-istilah seperti audio konferensi dan telepon konferensi juga kadang-kadang digunakan untuk merujuk kepada telekonferensi. Sistem telekomunikasi dapat mendukung telekonferensi dengan menyediakan satu atau lebih hal berikut: audio, video, dan/atau layanan data oleh satu atau lebih cara, seperti telepon, komputer, telegraf, teletypewriter, radio, dan televisi. Contoh : polycom

9 Wireless Application Protocol (WAP) Browsing web ini digunakan dari hampir semua jenis komputer, dan itu termasuk ponsel. Browsing Web melalui jaringan nirkabel saat mobile bisa sangat bermanfaat. Hal ini juga menyajikan masalah teknis karena konten web banyak yang dirancang untuk menarik perhatian user yang digunakan pada komputer desktop dengan konektivitas broadband. Dibandingkan dengan komputer desktop di tempat kerja atau di rumah, telepon selular saat ini beberapa kesulitan untuk browsing Web: 1. Layar yang relatif kecil menghalangi halaman besar dan gambar yang besar. 2. Kemampuan input terbatas membuatnya sulit untuk memasukkan URL atau lainnya. 3. Jaringan bandwidth terbatas atas link nirkabel, terutama pada jaringan seluler, di mana seringkali mahal juga. 4. Konektivitas terbatas 5. Daya Computing terbatas, karena alasan daya tahan baterai, ukuran, panas, dan biaya.

10 Wireless Application Protocol (WAP) Kesulitan-kesulitan ini berarti bahwa hanya menggunakan konten desktop untuk Web mobile mungkin untuk memberikan pengalaman pengguna frustasi. Awal pendekatan untuk mobile Web menyusun tumpukan protokol baru yang disesuaikan dengan perangkat nirkabel dengan kemampuan terbatas. WAP (Wireless Application Protocol) adalah contoh yang paling terkenal dari strategi ini. Upaya WAP dimulai pada tahun 1997 oleh vendor ponsel besar yang termasuk Nokia, Ericsson, dan Motorola. Namun, sesuatu yang tidak terduga terjadi di sepanjang jalan. selama dekade berikutnya, bandwidth jaringan dan perangkat kemampuan tumbuh pesat dengan penyebaran layanan data 3G dan ponsel dengan menampilkan warna yang lebih besar, prosesor yang lebih cepat, dan kemampuan nirkabel Wireless Application Protocol (WAP) adalah standar teknis untuk mengakses informasi melalui jaringan nirkabel mobile. Browser WAP adalah sebuah browser web untuk perangkat mobile seperti ponsel yang menggunakan protokol.

11 e-commerce Perdagangan elektronik (bahasa Inggris: electronic commerce, juga e-commerce) adalah penyebaran, pembelian, penjualan, pemasaran barang dan jasa melalui sistem elektronik seperti internet atau televisi, www, atau jaringan komputer lainnya. E-commerce dapat melibatkan transfer dana elektronik, pertukaran data elektronik, sistem manajemen inventori otomatis, dan sistem pengumpulan data otomatis. Industri teknologi informasi melihat kegiatan e-commerce ini sebagai aplikasi dan penerapan dari e- bisnis (e-business) yang berkaitan dengan transaksi komersial, seperti: transfer dana secara elektronik, SCM (supply chain management), pemasaran elektronik (e-marketing), atau pemasaran online (online marketing), pemrosesan transaksi online (online transaction processing), pertukaran data elektronik (electronic data interchange /EDI), dll.

12 e-commerce Jenis dan Tipe E-Commerce Business Consumer Business Consumer B2B C2B C2C B2C

13 e-commerce 1.B2B Perantara elektronik (website) untuk interaksi antara perusahaan- perusahaan penyedia barang/ jasa secara online Beberapa perusahaan saling bertransaksi melalui suatu platform teknologi yang seragam Salah satu pelaku dapat melakukan inisiatif untuk mengirimkan data, tidak harus menunggu partnernya.

14 e-commerce 2.B2C Perantara elektronik untuk interaksi jual beli barang/ jasa secara online dari perusahaan kepada konsumen Informasi, servis, dan mekanisme diberikan dan disesuaikan u/ digunakan khalayak ramai Customer menjelajahi e-catalog untuk mengetahui harga dan info produk

15 e-commerce 3.C2B Sarana elektronik untuk mengadakan interaksi pelanggan (customer) dan pelaku bisnis (business) 4.C2C Sarana elektronik untuk interaksi pelanggan ke pelanggan Contoh: Lelang online, Ruang iklan online, Komunitas online: (Newsgroup, chatroom)

16 Beberapa aplikasi umum yang berhubungan dengan e-commerce adalah: dan Messaging Content Management Systems Dokumen, spreadsheet, database Akunting dan sistem keuangan Informasi pengiriman dan pemesanan Pelaporan informasi dari klien dan enterprise Sistem pembayaran domestik dan internasional Newsgroup On-line Shopping Conferencing Online Banking/internet Banking Product Digital/Non Digital

17 Daftar Pustaka 1.Computer networks / Andrew S. Tanenbaum, David J. Wetherall. -- 5th ed. 2.http://www.w3.org/TR/2004/REC-webarch /

18 Terima Kasih


Download ppt "Internet & Jaringan Komputer Universitas Gunadarma Minggu VII."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google