Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Apakah pekerjaan yang profesional itu? Pekerjaan yang profesional adalah pekerjaan yang hanya bisa dikerjakan oleh orang yang menyandang pendidikan, pelatihan.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Apakah pekerjaan yang profesional itu? Pekerjaan yang profesional adalah pekerjaan yang hanya bisa dikerjakan oleh orang yang menyandang pendidikan, pelatihan."— Transcript presentasi:

1

2 Apakah pekerjaan yang profesional itu? Pekerjaan yang profesional adalah pekerjaan yang hanya bisa dikerjakan oleh orang yang menyandang pendidikan, pelatihan dan pengalaman di bidang profesi itu. Pekerjaan yang profesional adalah pekerjaan yang hanya bisa dikerjakan oleh orang yang menyandang pendidikan, pelatihan dan pengalaman di bidang profesi itu. Dengan demikian, pekerjaan yang profesional menuntut suatu keahlian khusus, dan keahlian itu diperoleh melalui pendidikan, pelatihan dan pengalaman di bidang profesi itu. Dengan demikian, pekerjaan yang profesional menuntut suatu keahlian khusus, dan keahlian itu diperoleh melalui pendidikan, pelatihan dan pengalaman di bidang profesi itu.

3 ELEMEN PEKERJAAN YANG PROFESIONAL 1. Memiliki struktur teori yang sistematis. Ketrampilan yang digunakan untuk mengerjakan pekerjaan yang profesional itu diperoleh melalui latihan yang panjang dan dilakukan secara intelektual. 2. Memiliki otoritas yang tinggi dalam menjalankan profesinya dan otoritas itu sangat diyakini oleh cliennya. Otoritas yang dimilikinya itu didasarkan atas kompetensi profesionalnya, bukan karena kekuasaannya.

4 3. Ada sanksi sosial bila seorang profesional salah dalam menjalankan profesinya. 4. Terdapat kode etik yang mengikat dalam menjalankan tugas profesi. 5. Terdapat organisasi profesi sebagai wadah berkumpulnya para profesional. 6. Mendapat imbalan yang layak atas profesinya tersebut.

5 TUGAS DAN AKTIVITAS MANAJER PENDIDIKAN Apakah tugas manajer? Apakah tugas manajer? Melaksanakan fungsi-fungsi manajemen secara efektif dan efisien dan melaksanakan berbagai aktivitas yang lain.

6 MACAM-MACAM PEKERJAAAN MANAJER Chung & Megginson: 1. Bersifat normatif 2. Bersifat deskriptif Pekerjaan normatif adalah pekerjaan yang terkait dengan pelaksanaan fungsi-fungsi manajemen. Pekerjaan deskriptif adalah pekerjaan yang secara aktual sehari-hari dilaksanakan oleh manajer.

7 PEKERJAAN NORMATIF & DESKRIPTIF Pandangan normatif menyatakan: Pandangan normatif menyatakan: Managerial effectiveness is said to increase when organizational activities are more effeciently planned, organized, coordinated, and controlled. Pandangan deskriptif menyatakan: Pandangan deskriptif menyatakan: The descriptive view of managing focused on activities that manager performed. These activities are: personal, interactional, administrative, technical.

8 Tugas normatif manajer sering disebut sebagai tugas utama manajer. Tugas utama manajer adalah melaksanakan fungsi-fungsi manajemen dalam mengelola organisasi. Tugas normatif manajer sering disebut sebagai tugas utama manajer. Tugas utama manajer adalah melaksanakan fungsi-fungsi manajemen dalam mengelola organisasi. Tugas deskriptif manajer sering disebut sebagai aktivitas manajer, yaitu: bersifat personal, interactional, administratif, dan teknis. Tugas deskriptif manajer sering disebut sebagai aktivitas manajer, yaitu: bersifat personal, interactional, administratif, dan teknis. PEKERJAAN NORMATIF & DESKRIPTIF

9 AKTIVITAS MANAJER 1. Aktivitas Personal/Pribadi 2. Interactional Activities a. Interpersonal Roles b. Informational Roles c. Decision roles Menurut Chung & Megginson: a. Manajer menggunakan waktunya sebanyak 10% untuk berkomunikasi dengan atasan (supervisor). b. Manajer menggunakan waktunya sebanyak 10% untuk berkomunikasi dengan para ahli. c. Manajer menggunakan waktunya 45% untuk berkomunikasi dengan bawahan. d. Manajer menggunakan waktunya sebanyak 20% untuk berkomunikasi dengan teman selevel. e. Manajer menggunakan waktunya sebanyak 15% untuk berkomunikasi dengan orang atau lembaga di luar organisasi yang dipimpin.

10 3. Administrative Activities Aktivitas ini meliputi pemrosesan lembaran kerja, monitor kebijakan dan prosedur, dan melaksanakan tugas-tugas teknis. 4. Technical Activities Manajer menggunakan alat-alat, kemampuan teknis, dan keterampilanya untuk memecahkan masalah-masalah teknis organisasi. AKTIVITAS MANAJER (Lanjutan)

11 MANAGERIAL SKILL Conceptual skill Conceptual skill Kemampuan berpikir secara konseptual dan abstrak. Interpersonal skill Interpersonal skill Kemampuan untuk berkomunikasi,memotivasi, dan bekerja sama kepada orang lain baik dengan individu maupun kelompok. Technical Skill Technical Skill Kemampuan melakukan pekerjaan yang teknis, spesialis dalam bidang tertentu dalam organisasi. Diagnostic Skill Diagnostic Skill Kemampuan memahami hubungan sebab akibat yang terjadi dlaam organisasi dan selanjutnya mampu memecahkan masalah secara optimal.


Download ppt "Apakah pekerjaan yang profesional itu? Pekerjaan yang profesional adalah pekerjaan yang hanya bisa dikerjakan oleh orang yang menyandang pendidikan, pelatihan."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google