Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

KOMUNIKASI  Dimensi Dasar Komunikasi.  Komunikasi Antar-Pribadi.  Komunikasi Organisasi.  Komunikasi di Era Informasi Komputerisasi. 1 © 2010 Unila.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "KOMUNIKASI  Dimensi Dasar Komunikasi.  Komunikasi Antar-Pribadi.  Komunikasi Organisasi.  Komunikasi di Era Informasi Komputerisasi. 1 © 2010 Unila."— Transcript presentasi:

1 KOMUNIKASI  Dimensi Dasar Komunikasi.  Komunikasi Antar-Pribadi.  Komunikasi Organisasi.  Komunikasi di Era Informasi Komputerisasi. 1 © 2010 Unila College Publishing. All rights reserved. by

2 Dimensi Dasar Komunikasi 2 © 2010 Unila College Publishing. All rights reserved. by Komunikasi didefinisikan sebagai pertukaran informasi antara pengirim dan penerima, dan kesimpulan (persepsi) makna antara individu yang terlibat di dalamnya. (Kreitner n Kinicki, 2004: 520)

3 Model Perseptual Komunikasi 3 © 2010 Unila College Publishing. All rights reserved. by

4 Model Perseptual Komunikasi Proses dimana penerima menciptakan makna mereka sendiri. 4 © 2010 Unila College Publishing. All rights reserved. by  Pengirim,  Pengkodean,  Pesan,  Memilih Media,  Penguraian Kode,  Menciptakan Makna,  Umpan Balik,  Gangguan.

5 Hambatan Untuk Mencapai Komunikasi Efektif Empat kunci yang dapat menghambat Komunikasi Efektif: 5 © 2010 Unila College Publishing. All rights reserved. by 1) Hambatan Proses, 2) Hambatan Pribadi, 3) Hambatan Fisik, 4) Hambatan Semantik.

6 Gaya Komunikasi 6 © 2010 Darmajaya College Publishing. All rights reserved. by Gaya Komunikasi DeskripsiPola Perilaku Non-verbalPola Perilaku Verbal Assertive Mendorong keras tanpa menyerang lawan bicara; pengungkapan perasaan dengan terus terang, sopan, dan apa adanya.; ekspresif dan meningkatkan diri tanpa mengganggu orang lain. Kontak mata yang baik, postur yang nyaman, suara terdengar jelas, ekspresi wajah sesuai dengan kata-kata yang disampaikan, menggunakan intonasi yang tepat, melakukan interupsi yang selektif untuk memastikan pemahaman. Menggunakan bahasa yang tepat dan tidak ambigu, tidak mengevaluasi perilaku orang lain, menggunakan kata-kata yang sopan seperti “saya” atau “kami”. Aggressive Mengambil keuntungan dari orang lain; cenderung untuk mengendalikan / menghukum orang lain, dapat menenggelamkan hak orang lain. Mata membelalak dan kontak mata tidak baik, postur condong ke depan sehingga terlalu dekat dengan lawan bicara, gerakan mengancam (menunjuk dengan jari: kepalan tangan keras), suara kencang dan nada tinggi, sering melakukan interupsi. Menlontarkan kata-kata tidak baik dan bahasa yang kasar, atribusi dan evaluasi perilaku berbeda, menggunakan ancaman.. Non assertive Mendorong orang lain untuk mengambil keuntungan dari kita; cenderung mengalah; menyangkal diri sendiri. Sedikit kontak mata, sering melirik ke bawah dan tidak berani menatap lawan bicara, postur condong ke belakang dan tidak nyaman, seringkali meremas-remas tangannya, intonasi suara lemah sehingga terdengar ragu-ragu. Kualifikasi ("mungkin", "jenis"), Pengisi ("eh", "kau tahu", "baik"), Meniadakan ("itu tidak benar-benar penting", "Aku tidak yakin").

7 Komunikasi Non-Verbal 7 © 2010 Unila College Publishing. All rights reserved. by Komunikasi Non-Verbal adalah... Segala pesan, dikirim atau diterima dan tidak bergantung pada tulisan atau kata-kata yang diucapkan.

8 Komunikasi Non-Verbal 8 © 2010 Unila College Publishing. All rights reserved. by Tindakan non-verbal positif yang membantu komunikasi efektif: 1.Memelihara kontak mata, 2.Sesekali menganggukkan kepala sebagai persetujuan, 3.Tersenyum, 4.Condong ke depan terhadap lawan bicara, 5.Berbicara dengan kecepatan sedang, nada yang tenang dan meyakinkan.

9 Komunikasi Non-Verbal 9 © 2010 Unila College Publishing. All rights reserved. by Tindakan non-verbal negatif yang harus dihindari: 1.Tidak melihat atau berpaling dari lawan bicara, 2.Menutup mata Anda, 3.Menggunakan nada suara atau intonasi yang tidak menyenangkan, 4.Berbicara terlalu cepat atau terlalu lambat, 5.Menguap berlebihan.

10 Kunci untuk Mendengarkan secara Efektif 10 © 2010 Unila College Publishing. All rights reserved. by 1.Memanfaatkan kecepatan berpikir, 2.Menyimak ide-ide yang terkandung dalam pesan, 3.Mencoba menemukan topik yang membuat Anda tertarik, 4.Memahami konten pesan yang disampaikan, 5.Menahan emosi Anda, 6.Memperhatikan dengan seksama saat mendengarkan, 7.Meminimalisasi gangguan, 8.Mendengarkan apa yang dikatakan lawan bicara, 9.Menantang diri Anda, 10.Menggunakan alat bantu visual.

11 Perbedaan Gender dalam Komunikasi 11 © 2010 Unila College Publishing. All rights reserved. by 1.Pria cenderung enggan untuk meminta informasi atau petunjuk dalam situasi publik sebab akan memperlihatkan kurangnya pengetahuan mereka. 2.Dalam pengambilan keputusan, perempuan lebih yakin akan keputusan mereka; pria lebih cenderung ragu-ragu akan keputusan mereka. 3.Perempuan cenderung untuk meminta maaf bahkan ketika mereka tidak melakukan kesalahan, pria cenderung untuk menghindari permintaan maaf sebab bagi mereka merupakan tanda kelemahan.

12 Perbedaan Gender dalam Komunikasi 12 © 2010 Unila College Publishing. All rights reserved. by 4.Perempuan cenderung menerima kesalahan sebagai cara untuk mengatasi situasi yang canggung. Pria cenderung mengabaikan kesalahan. 5.Perempuan cenderung memberikan kritik dengan masukan yang positif, pria cenderung menyampaikannya secara langsung. 6.Perempuan cenderung mengucapkan terima kasih yang tidak beralasan dalam sebuah percakapan. Pria menghindari pengucapan terima kasih sebab bagi mereka merupakan tanda kelemahan.

13 Gender Differences in Communications 13 © 2010 Unila College Publishing. All rights reserved. by 7.Perempuan cenderung bertanya “Bagaimana menurut Anda?" untuk membangun keyakinan. Pria sering merasa bahwa pertanyaan-pertanyaan menjadi tanda ketidakmampuan dan kurangnya kepercayaan. 8.Perempuan cenderung untuk memberikan petunjuk secara tidak langsung, suatu teknik yang dapat dianggap membingungkan, kurang percaya diri, atau manipulatif oleh orang lain.

14 Gender Differences in Communications 14 © 2010 Unila College Publishing. All rights reserved. by 9.Pria cenderung untuk melontarkan ide yang dinyatakan oleh perempuan dan mengklaim ide tersebut sebagai milik mereka. Perempuan memungkinkan proses ini berlangsung tanpa protes. 10. Perempuan menggunakan volume suara yang lebih lembut untuk mendorong persuasi dan persetujuan. Pria menggunakan volume suara yang keras untuk menarik perhatian dan mempertahankan kendali. Source: excerpted from D M Smith. Women at Work: Leadership for the next century (Upper Saddle River, NJ: Prentice Hall, 2000), pp

15 Komunikasi Organisasi 15 © 2010 Darmajaya College Publishing. All rights reserved. by Meneliti masalah yang lebih luas dari Komunikasi Organisasi adalah cara yang baik untuk mengidentifikasi faktor-faktor yang berkontribusi terhadap manajemen komunikasi yang efektif dan tidak efektif. Memilih media adalah komponen kunci dari efektivitas komunikasi.

16 Komunikasi Organisasi 16 © 2010 Darmajaya College Publishing. All rights reserved. by Media seleksi didasarkan pada interaksi antara kekayaan informasi dari media dan kompleksitas masalah atau situasi yang dihadapi.

17 Komunikasi Organisasi 17 © 2010 Darmajaya College Publishing. All rights reserved. by Kekayaan informasi berkisar dari rendah ke tinggi dan merupakan fungsi dari empat faktor: 1. Kecepatan umpan balik, 2. Karakteristik saluran, 3. Jenis komunikasi, 4. Bahasa sumber.

18 Komunikasi Organisasi 18 © 2010 Darmajaya College Publishing. All rights reserved. by Komunikasi yang efektif terjadi ketika kekayaan media sesuai dengan kompleksitas masalah atau situasi yang terjadi. Dalam perspektif kontingensi, kekayaan media perlu digunakan ketika suatu masalah atau situasi menjadi lebih kompleks.

19 Hirarki Komunikasi 19 © 2010 Darmajaya College Publishing. All rights reserved. by Hirarki Komunikasi menggambarkan pertukaran informasi dan pengaruh di antara anggota organisasi, dimana paling tidak salah satunya memiliki kekuasaan formal untuk memimpin dan mengevaluasi anggota organisasi lain.

20 Hirarki Komunikasi 20 © 2010 Darmajaya College Publishing. All rights reserved. by Manajer memiliki lima jenis komunikasi ke bawah (downward communication): 1.Instruksi pekerjaan, 2.Alasan pekerjaan, 3.Prosedur dan praktek organisasi, 4.Umpan balik kinerja, 5.Indoktrinasi tujuan.

21 Hirarki Komunikasi 21 © 2010 Darmajaya College Publishing. All rights reserved. by Karyawan mengkomunikasikan informasi ke atas (upward communication) tentang diri mereka sendiri, rekan kerja dan masalah mereka, praktik dan kebijakan organisasi, dan apa yang perlu dilakukan, dan bagaimana untuk melakukannya.

22 The Grapevine “Selentingan” 22 © 2010 Darmajaya College Publishing. All rights reserved. by Selentingan adalah sistem komunikasi tidak resmi dalam suatu organisasi, sebagai pendukung resmi saluran formal dan memiliki fungsi penting sebagai isyarat, media bagi hal-hal tertentu. Sistem komunikasi “selentingan” memiliki empat macam jaringan, yaitu: 1.Rangkaian Tunggal 2.Gosip 3. Probabilitas 4.Klaster

23 Jaringan “Selentingan” 23 © 2010 Darmajaya College Publishing. All rights reserved. by

24 Komunikasi di Era Informasi Komputerisasi 24 © 2010 Darmajaya College Publishing. All rights reserved. by Internet adalah jaringan global dari jaringan komputer. Sebuah intranet adalah internet pribadi suatu organisasi. Ini berisi firewall yang menghalangi pengguna internet luar dapat mengakses informasi internal pribadi.

25 Komunikasi di Era Informasi Komputerisasi 25 © 2010 Darmajaya College Publishing. All rights reserved. by Sebuah extranet dapat menghubungkan karyawan internal organisasi dengan pelanggan yang dipilih, pemasok dan mitra kerja. Manfaat utama dari “nets" adalah dapat meningkatkan kemampuan karyawan untuk menemukan, membuat, mengelola dan mendistribusikan informasi.

26 Komunikasi di Era Informasi Komputerisasi 26 © 2010 Darmajaya College Publishing. All rights reserved. by Internet: Jaringan global atau jaringan komputer. Intranet: Internet pribadi suatu organisasi. Extranet: menghubungkan karyawan internal organisasi dengan pelanggan yang dipilih, pemasok dan mitra kerja. menggunakan internet / intranet / extranet digunakan untuk mengirim pesan teks yang dihasilkan oleh komputer dan dokumen-dokumen antara setiap orang.

27 Manfaat 27 © 2010 Darmajaya College Publishing. All rights reserved. by telah menjadi media komunikasi utama saat ini, karena memiliki empat manfaat utama, yaitu: 1. mengurangi biaya penyebaran informasi kepada sejumlah besar karyawan. 2. adalah alat untuk meningkatkan kerja sama tim. Hal ini memungkinkan karyawan dengan cepat mengirim pesan kepada rekan-rekan di lantai berikutnya, di gedung lain, atau di negara lain. 3. mengurangi biaya dan waktu yang berkaitan dengan duplikasi cetak dan distribusi kertas. Seorang pakar manajemen memperkirakan bahwa penghematan yang dapat dilakukan totalnya sebesar $ 9,000 per tahun per karyawan. 4. mendorong fleksibilitas. Hal ini terutama berlaku untuk karyawan dengan komputer portabel karena mereka bisa mengirim kapanpun dan dimanapun mereka inginkan.

28 Komunikasi di Era Informasi Komputerisasi 28 © 2010 Darmajaya College Publishing. All rights reserved. by Videoconferencing menggunakan link video dan audio bersama dengan komputer untuk memungkinkan orang yang terletak di lokasi yang berbeda untuk melihat, mendengar dan berbicara dengan satu sama lain. Telecommuting adalah cara bekerja jarak jauh yang memiliki fleksibilitas tempat dan waktu kerja.


Download ppt "KOMUNIKASI  Dimensi Dasar Komunikasi.  Komunikasi Antar-Pribadi.  Komunikasi Organisasi.  Komunikasi di Era Informasi Komputerisasi. 1 © 2010 Unila."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google