Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Membaca judul permintaan materi sajian, terdapat 2 penafsiran, yaitu : 1. Pemaparan tersusunnya peringkat jabatan sebagaimana ditetapkan dalam KMK No.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Membaca judul permintaan materi sajian, terdapat 2 penafsiran, yaitu : 1. Pemaparan tersusunnya peringkat jabatan sebagaimana ditetapkan dalam KMK No."— Transcript presentasi:

1 Membaca judul permintaan materi sajian, terdapat 2 penafsiran, yaitu : 1. Pemaparan tersusunnya peringkat jabatan sebagaimana ditetapkan dalam KMK No. 289/KMK.01/2007 sebagaimana telah disempurnakan berdasarkan PMK 376/PMK.01/2008 tgl 30 Desember 2009, atau 2. Pemaparan materi Evaluasi, dan Penilaian, serta Kenaikan atau Penurunan Pemangku Jabatan Pelaksana berdasarkan PMK No. 190/PMK.01/2008 tanggal 20 Nopember 2009, atau 3. Kedua-dua nya

2 Peringkat jabatan sebagaimana ditetapkan dalam KMK No. 289/KMK.01/2007 sebagaimana telah disempurnakan berdasarkan PMK 376/PMK.01/2008 tgl 30 Desember 2009 a. Telah disosialisasikan pertama kali saat akan dibayarkan remunerasi pertama; b. Telah mengalami beberapa kali penyempurnaan, terakhir ditetapkan kembali berdasarkan PMK 376/PMK.01/2008.

3 Evaluasi, dan Penilaian, serta Kenaikan atau Penurunan Pemangku Jabatan Pelaksana berdasarkan PMK No. 190/PMK.01/2008 tanggal 20 Nopember 2009 a. Telah diadakan TOT keseluruh Indonesia oleh TRB Pusat pada bulan Desember 2008, termasuk di Jakarta dalam 4 angkatan; b. Sebagai tindak lanjut TOT oleh TRB Pusat, semua unit eselon I (kecuali Ditjen Perbendaharaan) telah mengadakan TOT tambahan bagi pejabat eselon IV selaku atasan langsung pelaksana yg akan melakukan evaluasi, dan kepada para pelaksana yg akan dievaluasi. c. Beberapa daerah juga telah mengadakan TOT baik sendiri dgn berkonsultasi kpd TRB Pusat, atau meminta bantuan narasumber dari TRB Pusat.

4 TANPA MENGURANGI ARTI DARI KEGIATAN YG TELAH DILAKUKAN PD WAKTU YG LALU, PERKENANKAN KAMI MOHON PENEGASAN KEPADA PENYELENGGARA DAN JUGA MENGINGAT WAKTU YG SANGAT SINGKAT, MATERI MANA YG DIPERLUKAN.

5 PERINGKAT JABATAN

6 Peringkat Jabatan Tujuan: Memberikan penghargaan kepada pegawai sesuai dengan tingkat tanggung jawab dan risiko jabatan/pekerjaan. Pemeringkatan Jabatan (Job Grading) adalah pengelompokan sejumlah jabatan yang memiliki bobot yang relatif sama. Peringkat Jabatan merupakan cerminan atas besarnya tanggung jawab dan risiko pekerjaan.

7 Prinsip Penyusunan Peringkat Jabatan Yang dievaluasi adalah jabatan/pekerjaan dan bukan pemangku jabatan (pejabat). Menghargai tanggung jawab pekerjaan. Mengakomodasi perbedaan tanggung jawab pekerjaan satu dengan lainnya. Sebagai dasar bagi pola mutasi dan perencanaan karir di Departemen Keuangan secara profesional.

8 Input (Know-How) Proses Throughput (Problem Solving) Output (Accountability) Technical Know-how Managerial Know-how Human Relations Skills Thinking Environment Thinking Challenge Freedom to Act Magnitude Impact on End Results Job Profile Faktor dalam Pemeringkatan Jabatan

9 Input (Know-How) Technical Know-How yaitu pengetahuan, kemampuan dan/atau kemampuan teknis atau spesifik tertentu yang diperlukan untuk dapat melakukan sebuah pekerjaan dengan kompeten. Managerial Know-How yaitu kemampuan untuk melakukan perencanaan, pengelolaan, penganggaran dan seluruh aspek pengelolaan (manajerial) lainnya yang dibutuhkan oleh jabatan tersebut. Human Relations Skills yaitu tingkat komunikasi efektif (interpersonal skills) yang perlu dimiliki oleh sebuah jabatan agar dapat memerankan jabatannya dengan baik.

10 Throughput (Problem Solving) Thinking Environment yaitu tingkat kompleksitas dalam mengidentifikasi problem yang muncul dalam pekerjaannya. Pada umumnya semakin rutin sebuah pekerjaan, semakin mudah mengantisipasi problem- problem yang mungkin muncul. Thinking Challenge yaitu tingkat kompleksitas dalam memberikan solusi atas permasalahan yang timbul dalam pekerjaan.

11 Output (Accountability) Freedom to Act yaitu tingkat otoritas yang dimiliki sebuah jabatan dalam melakukan tanggung jawabnya untuk menghasilkan output. Magnitude yaitu nilai tambah bagi organisasi. Impact yaitu dampak jabatan pada output secara langsung maupun tidak langsung (direct atau indirect).


Download ppt "Membaca judul permintaan materi sajian, terdapat 2 penafsiran, yaitu : 1. Pemaparan tersusunnya peringkat jabatan sebagaimana ditetapkan dalam KMK No."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google