Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

PENGANTAR PSIKOLOGI SOSIAL Ayunda Ramadhani M.Psi, Psi.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "PENGANTAR PSIKOLOGI SOSIAL Ayunda Ramadhani M.Psi, Psi."— Transcript presentasi:

1 PENGANTAR PSIKOLOGI SOSIAL Ayunda Ramadhani M.Psi, Psi.

2 Tujuan Agar mahasiswa mendapatkan gambaran umum tentang obyek studi, ruang lingkup, metode, konsep- konsep dasar, prinsip-prinsip umum mengenai pengaruh sosial terhadap pross-proses individual dan proses-proses individual brsama sebagai pengetahuan dasar untuk mempelajari Psikologi Sosial lebih lanjut.

3 Kontrak belajar  Toleransi keterlambatan maks. 15 menit  Absensi kehadiran min. 75 %  Ijin/ sakit harus menyertakan surat keterangan dari dokter  Tidak hadir 3x berturut-turut tanpa keterangan tidak diperkenankan mengikuti UTS/UAS

4 Bentuk Perkuliahan  Ceramah dan tanya jawab  Studi kasus  Presentasi makalah kelompok

5 Penilaian  Tugas Individual  Tugas kelompok (makalah+presentasi)  UTS  UAS

6 Ketentuan tambahan  Memasukkan semua tugas individu/ kelompok sesuai dengan waktu yang telah disepakati bersama  Keterlambatan pemasukkan tugas tidak menjadi wewenang dosen jika nilai tidak keluar  Mengikuti UTS dan UAS. Tidak diberikan ujian susulan kecuali mahasiswa sakit (disertai keterangan dokter).

7 Referensi  Baron, R.A., Byrne, D. (2000), Social Psychology ( 9th), Massachusetts: Allyn and Bacon  Sarwono, Sarlito W. (2004), Teori-teori psikologi sosial (10th), Jakarta: Rajawali Pers  _______ (2002), Psikologi sosial (3rd), Jakarta: Balai Pustaka  Walgito, Bimo. (2010). Pengantar psikologi sosial.  Gerungan, W.A. (2004), Psikologi Sosial (3rd), Bandung: Aditama..

8 PSIKOLOGI SOSIAL 1 Ayunda Ramadhani M.Psi., Psikolog.

9 Ilmu Alam & Sosial  Ilmu Alam:  Berhubungan dengan gejala fisik yg umum  Penafsiran satu arah dan cenderung tidak bergerak (pasif)  Penelitiannya cenderung unidimensional&dpt diobsevasi langsung

10 Ilmu Alam & Sosial  Ilmu sosial  Lebih kompleks dibandingkan gejala alami  Mempelajari manusia baik selaku perseorangan maupun selaku kelompok  Bersifat multidimensional

11 Pengamatan  Ilmu alam  Dapat mengulag kejadian yang sama yang terjadi di masa lalu (matematika, fisika. Kimia)  Ilmu Sosial  Tidak dapat melihat, mendengar, meraba, mencium, ataut mengecap gejala yg terjadi di masa lalu (manusia)

12 Pengamatan  Ilmu alam  Pada umumnya bersifat seragam dan gejala tersebut dapat diamati  Ilmu sosial  Banyak yang bersifat unik dan sukar utk terulang kembali (perang, penyerbuan, revlusi, dll)

13 Psikologi  Apa yang dipelajari psikologi?  Ilmu jiwakah?  Ilmu tingkah-lakukah?  Ilmu ekspresikah?  Bagian dari ilmu alam atau ilmu sosialkah?

14 Ilmu sosial dalam kajian Ilmu  Sosiologi :  tingkah laku kelompok, organisasi, dan institusi sosial Sosiologi mempelajari tingkah laku mnusia sebgai bagian dri lingkungan yg terbatas seperti keluarga, desa, masyarakat di suatu wilayah dsb.  Antropologi :  Masyarakat dan kebudayaan Antropologi menerangkan hakekat pl manusia dgn menggali nilai-nilai yang tkandung dlm kebudayaan suku bangsa di dunia.

15 Psikologi sosial  Psikologi sosial banyak mengambil materi yang tersedia dalam cabang ilmu sosial lain, misalmya sosiologi, antropologi kebudayaan, dan psikologi.  Psikologi sosial mempelajari tingkah laku manusia sebagai individu. Sedangkan antroplogi dan sosiologi mempelajari tingkah laku manusia sebagai bagian dari masyarakatnya.

16  Ruang Lingkup: Psikologi Sosial adalah cabang dari Ilmu Psikologi  Fokus: Bagaimana kehadiran orang lain secara aktual, maupun terimajinasi mempengaruhi pikiran, perasaan dan tingkah laku individu, baik sebagai individu maupun sebagai kelompok

17 Definisi psikologi sosial  Psikologi Sosial adalah ilmu tentang interaksi manusia (Watson, 1966)  Psikologi Sosial adalah studi tentang manusia individual ketika ia berinteraksi, biasanya secara simbolik, dengan lingkungannya (Dewey & Huber, 1966)

18 Definisi psikologi sosial  Psikologi Sosial adalah ilmu tentang pengalaman dan perilaku individu dalam kaitannya dengan stimulus sosial (Sherif & Muzfer, 1956)  Psikologi Sosial adalah ilmu tentang peristiwa perilaku hubungan interpersonal (Krech, Crutchfield & Ballachey, 1962)

19 Psikologi Sosial adalah bidang ilmu yang mencari pengertian tentang hakikat dan sebab-sebab dari perilaku dan pikiran-pikiran individu dalam situasi sosial (Baron & byrne, 1994)

20  Shaw & Constanzo: 3 ruang lingkup Psi Sos.  Pengaruh Sosial terhadap proses-proses individual  Pengaruh sosial terhadap proses-proses individual bersama seperti bahasa, sikap sosial dsb.  Pengaruh sosial terhadap interaksi kelompok misalnya kepemimpinan, kerjasama, persaingan dsb.

21 Topik-topik Psikologi Sosial: Mengapa orang sering terjebak rayuan salesperson? Mengapa orang tetap merokok walaupun tahu bahwa itu berbahaya?

22 Aspek-aspek Psikologi Sosial  Karakteristik dan tingkah laku  Tindakan seseorang yang memberikan dampak pada diri  Tindakan pada orang tua dan muda, apakah sama  Proses kognitif  Apa yang anda ingat  Apa yang ada dalam pikiran anda  Bagaimana menilai

23 Aspek-aspek Psikologi Sosial  Pengaruh lingkungan  Apakah tindakan kita saat dingin dan panas akan sama  Apakah perubahan cuaca akan mempengaruhi tindakan kita  Apakah besar ruang yang ada akan mempengaruhi tindakan kita?  Konteks budaya  Norma budaya akankah mempengaruhi  Bagaimana laki-laki seharusnya bagaimana perempuan seharusnya

24 TEORI- TEORI DASAR PSIKOLOGI SOSIAL  Teori Genetik  Teori Belajar  Teori Kognitif  Teori Psikoanalisa  Teori Peran

25 Teori Genetik  Konrad Lorenz (1966) tingkah laku agresi adalah perwujudan dari insting agresi yang dibawa sejak lahir dan berasal dari kebutuhan untuk melindungi diri.  Douglas (1966) banyak sifat tingkah laku spesifik dpt dijelaskan dalam istilah insting. Mis: apabila seorg ibu melindungi anaknya maka disebut “insting orangtua”, untuk org2 yang berinteraksi dgn org lain disebut sbgai “insting berkumpul”

26 Teori Belajar  Teori belajar menekankan pada peranan situasi dan lingkungan sebagai sumber penyebab tingkah laku. Teori ini menganalisa tingkah laku sosial dalam istilah “asosiasi yg dipelajari” antara stimulus dan respon.  Tingkah laku terjadi akibat proses belajar yg juga disertai dgn adanya reinforcement. Shgga mnusia cenderung berinteraksi dgn org2 yg memberikan ganjaran dan akan menghindari org2 yg menimbulkan kerugian.

27  Menurut Bandura (1977), seorg anak bljar tingkah laku baru dgn melihat orang lain (model) yang melakukannya dan mengamati konsekuensi dari sejumlah tingkah laku. Jika modelnya mendapat reward maka tingkah laku model tsb akan dilakukannya dimasa yg akan dtg, namun jika model tsb mendapat hukuman, maka anak akan menjauhi tingkah laku tsb, proses belajar ini disebut “imitasi”.

28 3 ciri khusus teori belajar :  Sebab2 prilaku terletak pd pnegalaman belajar individu di masa lampau  Cenderung menenmpatkan penyebab prilaku pada lingkungan eksternal  Pendekatan belajar diarahkan untuk menjelaskan prilaku yang nyata dan bukan keadaan subyektif atau psikologis (faktor internal seperti emosi/perasaan. Motif, persepsi dll).


Download ppt "PENGANTAR PSIKOLOGI SOSIAL Ayunda Ramadhani M.Psi, Psi."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google