Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

HIPOTESIS. 3. HIPOTESIS Hipotesis adalah dugaan sementara tentang suatu hal yang bersifat sementara dan belum dibuktikan kebenarannya secara empiris dan.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "HIPOTESIS. 3. HIPOTESIS Hipotesis adalah dugaan sementara tentang suatu hal yang bersifat sementara dan belum dibuktikan kebenarannya secara empiris dan."— Transcript presentasi:

1 HIPOTESIS

2 3. HIPOTESIS Hipotesis adalah dugaan sementara tentang suatu hal yang bersifat sementara dan belum dibuktikan kebenarannya secara empiris dan ilmiah.

3 Sebagai jawaban yang sifatnya sementara, maka hipotesis haruslah memiliki sifat-sifat sebagai berikut. 1. Hipotesis dirumuskan dalam bentuk kalimat deklaratif (pernyataan). 2. Hipotesis harus dapat diuji. 3. Hipotesis harus masuk akal, artinya mengemukakan penjelasan yang masuk akal dari kejadian-kejadian yang telah dan akan terjadi.

4 FUNGSI HIPOTESIS a.Untuk merumuskan jawaban sementara terhadap pertanyaan-pertanyaan yang muncul sehubungan dengan peristiwa yang terjadi b.Untuk menguji kebenaran suatu teori, pendapat, atau pernyataan. c. Untuk memberi ide dalam mengembangkan suatu teori atau pendapat. d.Untuk memperluas dan menjuruskan pengetahuan dan pengertian kita terhadap gejala-gejala yang akan diteliti.

5 JENIS HIPOTESIS HIPOTESIS MAYOR HIPOTESIS MINOR HIPOTESIS INDUK YANG MENJADI SUMBER DARI HIPOTESIS MINOR ANAK HIPOTESIS, DIJABARKAN DARI HIPOTESIS MAYOR

6 Contoh: Kemiskinan adalah sebab daripada kejahatan (Hipotesis Mayor) Bahwa ada hubungan yang positif antara derajat kemiskinan dengan besar kecilnya kejahatan pencurian (Hipotesis Minor) Bahwa antara keiskinan dan kejahatan perampokan ada hubungan searah (Hipotesis Minor)

7 HIPOTESIS HIPOTESIS STATISTIK HIPOTESIS NOL (H 0) HIPOTESIS KERJA (H 1) Hipotesis kerja menyatakan adanya hubungan antara variabel X dan Y atau adanya perbedaan antara dua kelompok tertentu 1. Jika … maka 2. Ada perbedaan antara … dan … 3. Ada pengaruh … terhadap … Hipotesis nol menyatakan tidak adanya perbedaan antara dua variabel atau tidak adanya pengaruh variabel X terhadap variabel Y. 1. Tidak ada perbedaan antara … dengan … 2. Tidak ada pengaruh …dengan … hipotesis yang menyatakan hasil observasi tentang populasi (manusia atau benda) dalam bentuk kualitatif.

8 Hipotesis Kerja Hipotesis kerja diberi simbol H a atau H 1. Misalnya: -Pria lebih senang merokok daripada pria. -Orang tua lebih teliti menilai kepandaian anknya daripada guru. Hipotesis kerja tidak diuji dengan metode Statistik. Jika akan diuji dengan metode statistik maka harus diubah menjadi H o H a : Pria lebih senang merokok adripada pria. H 0 : Tidak ada perbedaan kesenangan merokok antara pria dan wanita

9 HIPOTESIS NOL Hipotesis nol diberi simbol H 0 Hipotesis nol diuji dengan menggunakan metode statistik Misalnya: Tidak ada perbedaan kasiat antara obat A dan obat B (Hipotesis nol) Ada tiga kemungkinan H a 1.Kasiat A tidak sama dengan kasiat B 2.Kasiat A ;ebih besar dari kasiat B 3.Kasiat A alah dari kasiat B

10 4. IKHWAL MASALAH, HIPOTESIS, DAN TEORI DALAM PENELITIAN BAHASA MASALAH TEORI HIPOTESIS bahan bacaan


Download ppt "HIPOTESIS. 3. HIPOTESIS Hipotesis adalah dugaan sementara tentang suatu hal yang bersifat sementara dan belum dibuktikan kebenarannya secara empiris dan."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google