Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

7. MERUMUSKAN HIPOTESIS DEFINISI HIPOTESIS: HIPOTESIS adalah: Jawaban sementara terhadap masalah penelitian yang kebenarannya masih harus diuji secara.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "7. MERUMUSKAN HIPOTESIS DEFINISI HIPOTESIS: HIPOTESIS adalah: Jawaban sementara terhadap masalah penelitian yang kebenarannya masih harus diuji secara."— Transcript presentasi:

1 7. MERUMUSKAN HIPOTESIS DEFINISI HIPOTESIS: HIPOTESIS adalah: Jawaban sementara terhadap masalah penelitian yang kebenarannya masih harus diuji secara empiris. Sebagai suatu jawaban yang bersifat sementara terhadap permasalahan penelitian, sampai terbukti melalui data yang terkumpul.

2 FUNGSI HIPOTESIS: FUNGSI HIPOTESIS ADALAH: 1. Menguji kebenaran suatu teori. 2. Memberi ide untuk mengembangkan suatu teori. 3. Memperluas pengetahuan kita mengenai gejala- gejala yang kita pelajari.

3 PETUNJUK UMUM AGAR HIPOTESIS DIRUMUSKAN MEMENUHI SYARAT : Hipotesis harus berhubungan dengan teori tertentu. Mengaitkan hipotesis dengan teori yang mendasarinya. Harus dapat diuji berdasarkan data empiris ( dapat diolah secara statistik) Harus dikaitkan dengan teknik penelitian yang ada untuk mengujinya.

4 CARA MERUMUSKAN HIPOTESIS: Menunjukkan hubungan antara 2 variabel atau lebih. Dinyatakan dalam kalimat deklaratif / pernyataan. Dapat diuji Harus didukung oleh teori / hasil penelitian yang relevan. Dirumuskan padat dan jelas.

5 Terhadap hipotesis yang sudah dirumuskan peneliti dapat bersikap 2 hal: Menerima keputusan apa adanya jika hipotesis tidak terbukti. Mengganti hipotesis, jika data yang terkumpul tidak mendukung terbuktinya hipotesis. Peneliti harus menuliskan proses penggantian hipotesis di dalam laporan. JENIS-JENIS HIPOTESIS: 1. HIPOTESIS KERJA / ALTERNATIF (Ha) - ada hubungan antara 2 variabel - ada perbedaan antara 2 variabel

6 Rumusan Hipotesis kerja (Ha): a. Jika ………. maka ……. b. Ada perbedaan antara …………. dan ……….. c. Ada pengaruh ………. terhadap …….. 2. HIPOTESIS NOL (Ho) / HIPOTESIS STATISTIK: - dipakai dalam penelitian yang bersifat statistik - tidak ada perbedaan antara 2 variabel - tidak adanya pengaruh variabel X terhadap var. Y Rumusan Ho: a. Tidak ada perbedaan antara …… dengan …….. b. Tidak ada pengaruh …………terhadap …………..

7 MACAM-MACAM KEKELIRUAN KETIKA MEMBUAT KESIMPULAN TENTANG HIPOTESIS GALAT JENIS I (TYPE I ERROR) = α Hipotesis (Ho) benar Hipotesis ditolak * Rumusan hipotesis benar, hasil analisis data tidak terbukti Ho ditolak GALAT JENIS II (TYPE II ERROR) = β Hipotesis (Ho) salah Ho diterima *Rumusan hipotesis salah, hasil analisis data terbukti Ho diterima

8 CARA MENGUJI HIPOTESIS: Dalam menentukan penerimaan dan penolakan hipotesis maka Ha akan diubah menjadi Ho. Cara menguji hipotesis dengan menggunakan daerah kurva normal. Jika Z-score terletak di daerah penerimaan Ho maka Ha yang dirumuskan tidak diterima.


Download ppt "7. MERUMUSKAN HIPOTESIS DEFINISI HIPOTESIS: HIPOTESIS adalah: Jawaban sementara terhadap masalah penelitian yang kebenarannya masih harus diuji secara."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google