Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

ANALISIS PEKERJAAN (APEK) DALAM DUNIA “PENGANGGURAN” Afriy Adi C., SE, MM.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "ANALISIS PEKERJAAN (APEK) DALAM DUNIA “PENGANGGURAN” Afriy Adi C., SE, MM."— Transcript presentasi:

1 ANALISIS PEKERJAAN (APEK) DALAM DUNIA “PENGANGGURAN” Afriy Adi C., SE, MM

2 SASARAN PEMBELAJARAN  Mengetahui dan mengerti perubahan lingkungan organisasional.  Memahami dan mengerti isu pekerjaan khusus yang meluas.  Mendiskusikan Dejobbing.

3 Dunia modern berada pada ambang lompatan amat besar dalam kreativitas dan produktivitas, tetapi pekerjaan tersebut tidak akan menjadi bagian dari realitas ekonomi hari esok. Masih ada dan akan selalu ada sejumlah besar pekerjaan untuk dilakukan, tetapi hal ini tidak akan ada dalam amplop keluarga yang kita sebut pekerjaan. Nyatanya, banyak organisasi saat ini telah berada pada jalur “tanpa pekerjaan ”.

4 (Heraclitus) Nothing is permanent but change. You cannot step twice into the same river, for other waters are always flowing in.

5 “Tanpa pekerjaan” adalah sebuah fenomena global.

6 Dari Pekerjaan Khusus Kemudian Meluas  Istilah pekerjaan merupakan hasil revolusi industri yang menekankan pada efisiensi.  Di pertengahan tahun 1990-an ada reaksi “dehumanisasi” dari pekerjaan yang tidak ada perubahan menjadi pekerjaan yang sangat repetitif dan khusus; banyak solusi yang diusulkan seperti rotasi pekerjaan, dan memperbanyak spesialisasi pekerjaan.  Herzberg, cara terbaik memotivasi pekerja adalah dengan memberikan kesempatan untuk mendapatkan tantangan dan prestasi pada pekerjaan mereka dengan cara memperkaya pekerjaan.

7 “Dejobbing” ‘Dejobbing’—memperluas tanggung jawab pekerjaan yang ada dalam perusahaan, dan mendorong karyawan untuk tidak membatasi diri mereka pada deskripsi pekerjaan. Tren  Produk cepat  Perubahan tekhnologi  Kompetisi global  Deregulasi  Instabilitas politik  Perubahan demografis  Perubahan pelayanan/jasa Tren  Produk cepat  Perubahan tekhnologi  Kompetisi global  Deregulasi  Instabilitas politik  Perubahan demografis  Perubahan pelayanan/jasa Pelanggan lebih responsif, fleksibel, dan kompetitif. Pelanggan lebih responsif, fleksibel, dan kompetitif.

8 Mengapa Dejobing: Organisasi mendatar Tim kerja Organisasi tanpa batas Rekayasa ulang

9 Organisasi Mendatar  Hanya dengan tiga atau empat jenjang vertikal menjadi lebih lazim saat ini.  Dampaknya rentang kendali manajer menjadi lebih luas sehingga mereka tidak terlalu ketat mengawasi bawahannya.

10 Tim Kerja Mengatur tugas di sekitar tim dan proses lebih daripada sekedar fungsi khusus.  Tim yang memiliki multi-skill  Silang-fungsi  Mengarahkan diri sendiri, dll

11 Organisasi Tanpa Batas  Penggunaan secara luas mekanisme tim-tim dan struktur yang serupa mengurangi dan membuat batasan yang lebih mudah ditembus yang biasanya memisahkan departemen- departemen dan jenjang-jenjang hirarkis.  Membutuhkan sifat responsif dengan mendorong karyawan untuk menghilangkan sikap “bukan pekerjaan saya” yang biasanya menjadi dinding antara satu kelompok karyawan dengan lainnya.  Mendefinisikan proyek atau tugas yang ada dalam konteks keunggulan seluruh organisasi.

12 Rekayasa Ulang  “Pemikiran ulang yang mendasar dan perencanaan kembali secara radikal proses bisnis untuk mencapai peningkatan dramatis dalam ukuran kontemporer yang kritis pada prestasi:  Biaya mutu  Pelayanan, dan  Kecepatan  Mengkombinasikan beberapa pekerjaan khusus menjadi beberapa pekerjaan yang relatif diperluas dan diperkaya.

13 KESIMPULAN  Manajer harus mengetahui dan mengerti fenomena global mengenai “tanpa pekerjaan”.  Manajer harus memahami arti penting Dejobbing:  Organisasi mendatar  Tim kerja  Organisasi tanpa batas  Rekayasa ulang

14 TUGAS BUATLAH KELOMPOK YANG TERDIRI DARI ENAM ORANG, LALU:  Cari dan pilihlah sebuah perusahaan (boleh kecil, menengah, atau besar) untuk melakukan observasi langsung dan mengambil data yang meliputi: - Sejarah perusahaan - Lokasi perusahaan - Foto-foto otentik kondisi fisik perusahaan - Struktur keanggotaan perusahaan  Lalu, pilih salah satu jenis pekerjaan atau jabatan yang ada dalam struktur keanggotaan perusahaan untuk kemudian diminta/dicari/dibuat deskripsi pekerjaan (jobdes) dan spesifikasi pekerjaannya.  Lalu, buatlah powerpoint hasil dari observasi langsung kelompok Anda tersebut untuk dipresentasikan dan di analisis dalam diskusi pada pertemuan kuliah minggu depan. Kelompok yang akan maju presentasi minggu depan akan diacak, bagi kelompok yang maju menggunakan laptop sendiri.


Download ppt "ANALISIS PEKERJAAN (APEK) DALAM DUNIA “PENGANGGURAN” Afriy Adi C., SE, MM."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google