Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

BAB 01 BEKERJA SECARA ILMIAH. Standar Kompetensi:   Memahami gejala-gejala alam melalui pengamatan Kompetensi Dasar:   Melaksanakan pengamatan objek.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "BAB 01 BEKERJA SECARA ILMIAH. Standar Kompetensi:   Memahami gejala-gejala alam melalui pengamatan Kompetensi Dasar:   Melaksanakan pengamatan objek."— Transcript presentasi:

1 BAB 01 BEKERJA SECARA ILMIAH

2 Standar Kompetensi:   Memahami gejala-gejala alam melalui pengamatan Kompetensi Dasar:   Melaksanakan pengamatan objek secara terencana dan sistematis untuk memperoleh informasi gejala alam biotik dan abiotik Indikator Kompetensi:   Memahami langkah-langkah bekerja secara ilmiah   Melakukan kerja ilmiah sederhana   Melakukan penelitian lanjutan

3 Metode Ilmiah MMMMetode ilmiah adalah tahap-tahap pengembangan ilmu yang dilakukan secara sistematis. LLLLangkah-langkah dalam metode ilmiah itu adalah melakukan observasi, merumuskan masalah, menyusun kerangka berfikir, menyusun hipotesis, memprediksi, menguji hipotesis dengan eksperimen, menarik kesimpulan, dan mengulangi eksprimen.

4 Melakukan Pengamatan (Observasi) OOOObjek biologi menarik untuk diamati. Misalnya, pengamatan terhadap seekor hewan untuk mengetahui bentuk, warna, cara berjalan, bau, suara, kulit, atau rasa. MMMMengamati objek menggunakan alat bantu misalnya mikroskop, penggaris, kertas lakmus, termometer, dan lup. DDDDengan pertolongan alat bantu, hasil observasi dapat disampaikan secara terukur (kuantitatif) dan tidak direka (subyektif). Hasil pengamatan harus terukur.

5 Perhatikan contoh hasil observasi yang salah dan yang benar berikut ini: NoHasil Observasi yang SalahHasil Observasi yang Benar 1Daun itu panjang sekaliDaun itu panjangnya 15 cm 2Warna buahnya menarikWarna buahnya merah kekuningan 3Batangnya besarGaris tengah batangnya 50 cm 4pH nya rendahpH nya 3 5Buahnya ringanBerat buahnya 30 gr 6Tubuhnya hangatSuhu tubuhnya 38 0 C 7Rasanya sangat manisKadar gulanya 40% Tabel Perbandingan Hasil Observasi yang Salah dan yang Benar

6 Menemukan dan merumuskan masalah  Masalah adalah segala persoalan yang memerlukan pemecahan secara pasti dan benar.  Untuk mendapatkan masalah kita perlu mengemukakan pertanyaan.  Agar dapat mengemukakan pertanyaan, maka gunakanlah ABDIKASIM, (singkatan dari Apa, Bagaimana, Di mana, Kapan, Siapa, dan Mengapa).

7 Contoh: Ada zat A yang diduga dapat menyuburkan tanaman. maka dapat dibuat pertanyaan sebagai berikut.  Apakah zat A itu; mengandung apakah zat A itu?  Bagaimana zat itu mempengaruhi tanaman?  Bagaimana cara kerjanya?  Bagaimana penggunaannya/dosisnya?  Di mana zat A diperoleh?  Di mana zat A diberikan pada tanaman?  Kapan zat A diberikan pada tanaman?  Siapa yang pernah melakukan sebelum ini?  Siapakah penemunya?  Mengapa zat A perlu diberikan pada tanaman?

8 Menyusun kerangka berpikir  Kegiatan ini merupakan pengumpulan keterangan atau data yang berkaitan dengan masalah. Pengumpulan keterangan dapat diperoleh dari: 1. membaca laporan-laporan penemuan terkait sebelumnya, 2. wawancara dengan para pakar yang menguasai masalah terkait, 3. pengamatan langsung yang ada di lingkungan.

9 Merumuskan Hipotesis  Hipotesis adalah jawaban sementara terhadap masalah berdasarkan teori dan fakta.  Ada dua macam hipotesis dalam eksperimen yaitu: 1.Hipotesis Alternatif 2.Hipotesis Nol

10 Memprediksi Memprediksi adalah memperkirakan apa yang akan terjadi berdasarkan: 1. Fakta/data yang ada 2. Sumber bacaan/hasil penelitian

11 Melakukan Eksperimen  Eksperimen (penelitian) merupakan salah satu metode ilmiah yang menggunakan langkah-langkah sistematis (teratur) dengan berpikir logis.  Tujuan eksperimen adalah untuk membuktikan hipotesis dengan didukung oleh bukti nyata (empirik) dari hasil percobaan.  Hasil eksperimen dapat mendukung atau menolak hipotesis yang dirumuskan itu

12 Menarik kesimpulan  Kesimpulan dibuat berdasarkan hasil eksperimen  Kesimpulannya dapat: 1.Menolak hipotesis, ini berarti bahwa dugaan sementara tidak sesuai dengan hasil eksperimen. 2.Menerima hipotesis, ini berarti bahwa dugaan sementara sesuai dengan hasil eksperimen.  Semua hasil eksperimen adalah baik jika eksperimen dilakukan sesuai dengan prosedur ilmiah.  Ditolak atau diterimanya hasil eksperimen tetap memberikan sumbangan yang sama baik terhadap ilmu pengetahuan.

13 TERIMAKASIH


Download ppt "BAB 01 BEKERJA SECARA ILMIAH. Standar Kompetensi:   Memahami gejala-gejala alam melalui pengamatan Kompetensi Dasar:   Melaksanakan pengamatan objek."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google