Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Sosiolinguistik II Masyarakat Bahasa (Speech Community) Sailal Arimi, S.S., M.Hum.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Sosiolinguistik II Masyarakat Bahasa (Speech Community) Sailal Arimi, S.S., M.Hum."— Transcript presentasi:

1 Sosiolinguistik II Masyarakat Bahasa (Speech Community) Sailal Arimi, S.S., M.Hum

2 Pandangan Klasik John Gumperz (1968) Masyarakat bahasa adalah sebuah bangsa, masyarakat subwilayah, asosiasi sekelompok orang dalam pekerjaan, atau geng suatu lokasi yang mencirikan keganjilan bahasa. Dell Hymes (1972/1973) Masyarakat bahasa adalah semua anggota masyarakat yang tidak hanya menggunakan satu aturan yang sama secara bersama-sama dalam berbicara, tetapi juga menggunakan setidak-tidaknya satu variasi bahasa. Glyn Williams (1992) Masyarakat bahasa adalah sekumpulan individu dalam interaksi

3 Pandangan Kontemporer Bernard Spolski (1998/2003) Masyarakat bahasa adalah semua orang yang menggunakan satu bahasa dengan pengucapan dan gramatika yang sama atau berbeda.

4 Pertanyaan Proses pengglobalan sistem komunikasi dan informasi meredefini interaksi sosial di masyarakat. Mungkinkah orang dengan bahasa yang berbeda dapat berkomunikasi sehingga mereka dapat disebut satu masyarakat bahasa? Jika dapat, mungkinkah masyarakat bahasa didefinisikan kembali?


Download ppt "Sosiolinguistik II Masyarakat Bahasa (Speech Community) Sailal Arimi, S.S., M.Hum."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google