Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

ANALIZING INTERNAL ORGANIZATION (ANALIZING THE ORGANIZATIONAL RESOURCES AND CAPABILITIES)

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "ANALIZING INTERNAL ORGANIZATION (ANALIZING THE ORGANIZATIONAL RESOURCES AND CAPABILITIES)"— Transcript presentasi:

1 ANALIZING INTERNAL ORGANIZATION (ANALIZING THE ORGANIZATIONAL RESOURCES AND CAPABILITIES)

2 ANALSIS LINGKUNGAN INTERNAL (ORGANISASI) ADALAH SUATU UPAYA/PROSES PEMETAAN SUMBERDAYA INTERNAL PERUSAHAAN DALAM RANGKA MEWUJUDKAN KEUNGGULAN BERSAING. HASIL PEMETAAN SUMBERDAYA INTERNAL ADALAH TERIDENTIFIKASINYA, SUMBERDAYA YANG DAPAT DISEBUT KAPABILITAS STRATEJIK YANG BERPOTENSI MENJADI SUMBER KEUNGGULAN BERSAING (COMPETITIVE ADVANTAGE )

3 ADA BEBERAPA ISTILAH DALAM ANALISIS LINGKUNGAN ORGANISASI  SUMBERDAYA (RESOURCES)  KAPABILITAS (CAPABILITY)  KAPABILITAS STRATEJIK (STRATEGIC CAPABILITY  KEUANGULAN BERSAING (COMPETITIVE ADVANTAGES )

4  SUMBER DAYA (RESOURCES) ADALAH ASET BERWUJUD DAN TIDAK BERWUJUD DARI SUATU ORGANISASI  ASET BERWUJUD RELATIF MUDAH DIINDENTIFIKASI, KARENA DAPAT DILIHAT, SEPERTI BANGUNAN, MESIN, PERALATAN, DLL.  NAMUN ASET TIDAK BERWUJUD TIDAKLAH MUDA UNTUK DIINDENTIFIKASI, SEPERTI:  MEREK PRODUK,  REPUTASI,  PENGETAHUAN  PENGALAMAN OPERASI,  KEAHLIAN DAN  INTELEKTUALITAS  SUMBERDAYA DAPAT MENJADI SUMBER KEUNGGULAN BERSAING.

5 MENURUT PENROSE (1995: 434), KEBERHASILAN PARA INTRAPRENEUR DALAM MENUMBUH KEMBANGKAN PERUSAHAAN MELALUI INOVASI TERJADI BILA MEREKA DIBEKALI OLEH SUMBERDAYA YANG MEMADAI. PENROSE MENYATAKAN BAHWA: THE FIRM’S EXISTING HUMAN RESOURCES PROVIDE BOTH AN INDUCEMENT TO EXPAND AND A LIMIT TO THE RATE OF EXPANSION. THE RELEVANT ENVIRONMENT, THAT IS THE SET OF OPPORTUNITIES FOR INVESTMENT AND GROWTH THAT ITS ENTREPRENEURS AND MANAGERS PERCEIVE, IS DIFFERENT FOR EVERY FIRM AND DEPENDS ON ITS SPECIFIC COLLECTION OF HUMAN AND OTHER RESOURCES.

6  NAMUN SUMBER TIDAK AKAN BERARTI BANYAK BILA TIDAK MEMILIKI KAPABILITAS.  KAPABILITAS (CAPABILITY) ADALAH PROSES, SYSTEM, DAN RUTINITAS ORGANISASI YANG DIGUNAKAN SUATU ORGANISASI UNTUK MENGKOORDINASI SUMBER DAYA UNTUK TUJUAN PRODUKTIF.  KAPABILITAS DAPAT TERJADI PADA SETIAP BAGIAN ORGANISASI, SEPERTI BAGIAN PRODUKSI, PERSONALIA, KEUANGAN, RISET DAN DEVELOPMENT, PEMASARAN, DAN LAINNYA.

7  KAPABILITAS STRATEJIK (STRATEGIC CAPABILITY), BERARTI KAPABILITAS YANG BERNILAI DIMATA KONSUMEN, LEBIH BAIK DARI KAPABILITAS YANG DIMILIKI PESAING, DAN TIDAK MUDA UNTUK DITIRU (IMITATE,) ATAU REFLIKASI (REFLICATE).  SECARA SEDERHANA, KAPABILITAS YANG MEMILIKI NILAI STRATEGIS (BUKAN NORMAL KAPABILITAS) BAGI ORGANISASI, YANG DIPERLUKAN BAGI ORGANISASI UNTUK MELAKSANAKAN AKTIFITASNYA, DISEBUT STRATEJIK KAPABILITAS.

8  STRATEJIK KAPABILITAS, MEMERLUKAN KOMBINASI DARI SUMBER DAYA BERWUJUD DAN TIDAK BERWUJUD (INTANGIBLE ASSETS) DAN AKTIFITAS UNTUK MENCIPTAKAN SUATU PROSES, SISTEM ATAU RUTINITAS ORGANISASI, YANG DAPAT MENCIPTAKAN KEUNGGULAN BERSAING ORGANISASI.

9 HUBUNGAN ANTARA RESOURCES, CAPABILITIES, DAN STRATEGIC CAPABILITIES RESOURCES BETTER THAN COMPETITORS, RARE, DIFFICUL TO IMITATE CAPABILITIES STRATEGIC CAPABILITIES COMPETITIVE ADVANTAGE CUSTOMER VALUE

10 JIKA SUATU PERUSAHAAN MEMILIKI STRATEJIK KAPABILITIES YANG MEMUNGKINKAN PERUSAHAAN TERSEBUT MEMILIKI KEUANGGULAN BERSAING, LALU KENAPA PESAING TIDAK MENIRUNYA? ADA 2 PANDANGAN TERHADAP PERTANYAAN DIATAS, YAITU: 1)TRADITIONAL ECONOMIC VALUE 2)RESOURCE BASED-VIEW

11 TRADITIONAL ECONOMIC VALUE, YANG MENGASUMSIKAN KETERSEDIAAN INFORMASI YANG SEMPURNA (PERFECT AVAILABILITY OF INFORMATION), AND TIDAK ADA BIAYA TRANSAKSI (TRANSACTION COSTS), MEMPERKIRAKAN HAL INI AKAN TERJADI. ARTINYA STRATEGIC CAPABILITY SUATU PERUSAHAAN AKAN DENGAN MUDAH DITIRU PERUSAHAAN LAIN.

12 RESOURCE-BASE VIEW OF THE FIRM (RBV), MENYATAKAN BAHWA PESAING TIDAK AKAN MUDAH UNTUK MENIRU KEUANGGULAN BERSAING SUATU PERUSAHAAN. RBV BERAGUMENTASI, BAHWA ADA 4 KONDISI YANG MEMUNGKINKAN SUATU ORAGANISASI UNTUK MENCIPTAKAN KEUNGGULAN BERSAING DARI KAPABILITAS NYA DAN TIDAK MUNGKIN DIMILIKI PERUSAHAAN LAIN.

13 KONDISI TERSEBUT ADALAH ORGANISATIONS ARE HETEROGENEOUS AND CAN REMAIN SO FOR LONG PERIODS. SOME OF THE CAPABILITIES THEY HAVE ARE RARE AND VALUABLE. THESE CAPABILITIES ARE DIFFICULT TO IMITATE THESE CAPABILITIES ARE NOT EASILY TO TRADE

14 IDENTIFIKASI STRATEJIK KAPABILITI IS IT VALUABLE TO CUSTOMERS? IS IT RARE? IS IT SUPERIOR TO COMPETITORS? IS IT DIFFICULT TO IMITATE ORE REFLICATE? IS IT SPECIFIC TO THE ORGANIZATION?

15 KERANGKA FIKIR ANALISIS KAPABILITAS STRATEJIK 1.ANALISIS SUMBERDAYA (RESOURCES AUDIT/ANALYSIA) 2. ANALISIS KAPABILITAS 3. ANALISIS STRATEJIK KAPABILITI

16 FUNGSI MSDM 1.PRODUKTIFITAS KERJA KARYAWAN 2.KREATIVITAS DAN INOVASI KERJA KARYAWAN 3.LOYALITAS KARYAWAN

17 FUNGSI KEUANGAN 1.STRUKTUR MODAL 2.BIAYA MODAL 3.EFISIENSI PENGGUNAAN MODAL 4.KETERSEDIAAN MODAL

18 FUNGSI PRODUKSI 1.BIAYA PRODUKSI 2.KUALITAS PRODUK 3.INOVASI PRODUK 4.BIAYA PERAWATAN 5.WAKTU PRODUKSI

19 FUNGSI PEMASARAN 1. KUALITAS PELAYANAN 2. SALURAN DISTRIBUSI 3. PROMOSI PRODUK EFISIEN

20 DESKPRISI TUGAS KE 2 SEBAGAI MANA DIURAIKAN DIATAS, ANALISIS LINGKUNGAN INTERNAL BERTUJUAN UNTUK MELAKUKAN PEMETAAN TERHADAP ORGANISASI, SEHINGGA AKAN DAPAT DIKETAHUI, APAKAH PERUSAHAAN MEMILIKI STRATEGIC CAPABILITIES YANG MENJADI SUMBER KEUNGGULAN PERUSAHAAN. GUNAKAN KONSEP-KONSEP DI ATAS UNTUK MENYELESAIKAN TUGAS INI DI PRESENTASIKAN DI KELAS, PADA KULIAH KE 6.


Download ppt "ANALIZING INTERNAL ORGANIZATION (ANALIZING THE ORGANIZATIONAL RESOURCES AND CAPABILITIES)"

Presentasi serupa


Iklan oleh Google