Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

IT 330 Metodologi Penelitian.  RE SEARCH  RE (kembali) – SEARCH (mencari) penyelidikan terhadap suatu masalah pemecahan yang tepat  Studi yang dilakukan.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "IT 330 Metodologi Penelitian.  RE SEARCH  RE (kembali) – SEARCH (mencari) penyelidikan terhadap suatu masalah pemecahan yang tepat  Studi yang dilakukan."— Transcript presentasi:

1 IT 330 Metodologi Penelitian

2  RE SEARCH  RE (kembali) – SEARCH (mencari) penyelidikan terhadap suatu masalah pemecahan yang tepat  Studi yang dilakukan seseorang melalui penyelidikan yang hati-hati dan sempurna terhadap suatu masalah, sehingga diperoleh pemecahan yang tepat terhadap masalah tersebut. proses investigasi aktiftekunsistimatik menemukan menginterpretasikanmerevisi  Riset atau penelitian sering dideskripsikan sebagai suatu proses investigasi yang dilakukan dengan aktif, tekun, dan sistimatik, yang bertujuan untuk menemukan, menginterpretasikan, dan merevisi fakta-fakta.  "menyelidiki secara tuntas"

3  Tingkat Penerapan  Tingkat Penerapan (Penelitian Dasar, Penelitian Terapan)  Jenis Informasi Yang Diolah  Jenis Informasi Yang Diolah (Penelitian Kuantitatif, Penelitian Kualitatif)  Perlakuan Terhadap Data  Perlakuan Terhadap Data (Penelitian Konfirmatori, Penelitian Eksploratori)  Tujuan  Tujuan (Penelitian Deskripsi, Penelitian Korelasi, Penelitian Eksperimen)

4 pengujian terhadap hipotesis atau kerangka konsep yang sudah ditentukan

5  Identifikasi (penemuan) Masalah  Perumusan Hipotesis  Pengujian Hipotesis dan Analisis  Kesimpulan

6

7  TA pada beberapa bidang ilmu bisa tidak berbentuk penelitian, tapi hanya berupa desain produk, misalnya: ◦ Desain Bangunan atau Mesin ◦ Desain Sistem ◦ Pengembangan Sistem Tanpa Didahului Identifikasi Masalah ◦ Perencanaan Strategis Bisnis  Implikasinya, beberapa kegiatan yang bukan penelitian: ◦ Mengembangkan situs portal ◦ Mengembangkan situs web pribadi ◦ Mengembangkan sistem informasi ◦ Mengembangkan multimedia pembelajaran

8 suatu masalah atau kebutuhan riil  Desain produk bisa menjadi penelitian ketika produk dibuat karena adanya “suatu masalah atau kebutuhan riil”. parameterdianalisa seberapa jauh terbuktimemecahkan masalah  Produk tersebut juga harus diuji dengan beberapa parameter, dan kemudian dianalisa seberapa jauh terbukti bisa memecahkan masalah yang ditentukan dari awal.

9  Judul  Judul: Pengembangan Situs Portal Traffic Tinggi dengan Teknik Search Engine Optimization (SEO).  Identifikasi Masalah  Identifikasi Masalah: Situs portal sepi pengunjung.  Perumusan Hipotesis  Perumusan Hipotesis: Teknik SEO dapat meningkatkan traffic situs.  Buat Model atau Kerangka Konsep  Buat Model atau Kerangka Konsep: Lakukan studi literatur tentang SEO dan rumuskan model serta teknik SEO yang tepat untuk situs portal yang sedang dibangun.  Pengujian Hipotesis  Pengujian Hipotesis: Terapkan model SEO yang sudah dibuat. Uji parameter dalam model SEO.  Analisa Hasil Pengujian  Analisa Hasil Pengujian: Terbukti bahwa model SEO kita kembangkan dapat meningkatkan traffic situs portal.

10  Judul  Judul: Multimedia pembelajaran Berbasis “Real Constructivisme” untuk Mata Kuliah Bahasa Formal dan Automata  Identifikasi Masalah  Identifikasi Masalah: Mata Kuliah Bahasa Formal dan Automata sulit dipahamkan ke siswa dengan sistem kuliah konvensional, harus ditempuh teknik baru untuk memahamkan ke siswa  Perumusan Hipotesis  Perumusan Hipotesis: Multimedia pembelajaran harus dibuat berdasarkan teoi “real constructivisme” untuk mempermudah pemahaman siswa  Buat Model atau Kerangka Konsep  Buat Model atau Kerangka Konsep: Lakukan studi literatur tentang “real construtivisme” dan rumuskan model khusus untuk multimedia pembelajaran tersebut  Pengujian Hipotesis  Pengujian Hipotesis: Terapkan dengan penelitian tindakan kelas (action research)  Analisa Hasil Pengujian  Analisa Hasil Pengujian: Terbukti multimedia berbasis “real constructivisme” dapat meningkatkan pemahaman siswa

11 MASALAH PEMECAHAN MASALAH/ANALISA/KESIMPULAN  Penelitian itu berawal di MASALAH dan berakhir di PEMECAHAN MASALAH/ANALISA/KESIMPULAN MASALAH  Kualitas penelitian ditentukan oleh kualitas/orisinalitas MASALAH yang diteliti, bukan karena ketinggian teknologi yang digunakan  ‘menembak seekor merpati TIDAK PERLU menggunakan BOM ATOM’  Usahakan memilih “masalah penelitian” yang orisinil kita temukan.  Meneliti masalah yang sudah diteliti orang lain mengharuskan kita melakukan perbandingan dengan pendekatan/hasil penelitian orang lain tersebut

12  Jurnal ilmiah, buku, majalah ilmiah dan lain- lain. KERJA PRAKTEK: amati, temukan masalah dan buatlah penelitian  bukan sekedar RITUAL sebelum mencapai gelar S.Kom  Melalui pengalaman/pengamatan lapangan  KERJA PRAKTEK: amati, temukan masalah dan buatlah penelitian  bukan sekedar RITUAL sebelum mencapai gelar S.Kom  KUNCI SUKSES: Banyak Membaca – Memahami – Mau Mencoba (jangan patah semangat sebelum mencoba..!!)


Download ppt "IT 330 Metodologi Penelitian.  RE SEARCH  RE (kembali) – SEARCH (mencari) penyelidikan terhadap suatu masalah pemecahan yang tepat  Studi yang dilakukan."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google