Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

SASARAN (GOAL) ORGANISASI PERUSAHAAN ORGANISASI PERUSAHAAN PIMPINAN TUNGGAL ATAU KOLEKTIF VISI MISI Visi Perusahaan adalah pandangan jauh ke depan kemana.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "SASARAN (GOAL) ORGANISASI PERUSAHAAN ORGANISASI PERUSAHAAN PIMPINAN TUNGGAL ATAU KOLEKTIF VISI MISI Visi Perusahaan adalah pandangan jauh ke depan kemana."— Transcript presentasi:

1 SASARAN (GOAL) ORGANISASI PERUSAHAAN ORGANISASI PERUSAHAAN PIMPINAN TUNGGAL ATAU KOLEKTIF VISI MISI Visi Perusahaan adalah pandangan jauh ke depan kemana perusahaan akan dibawa. Visi perusahaan itu akan menunjukan suatu kondisi ideal tentang masa depan yang reaktif, dapat dipercaya, meyakinkan, dan mengandung daya tarik. TUJUAN SASARAN Misi perusahaan adalah keadaan untuk mewujudkan visi perusahaan. Misi perusahaan menjelaskan mengapa perusahaan itu harus ada dan apa yang akan dilakukan serta bagaimana cara melakukannya Tujuan perusahaan adalah merupakan penjabaran visi dan misi perusahaan. Tujuan perusahaan berisi sesuatu yang akan dicapai atau dihasilkan oleh perusahaan yang bersangkutan. Tujuan perusahaan adalah target yang bersifat kuantitatif dan pencapaian target tersebut merupakan ukuran keberhasilan kinerja perusahaan Sasaran Perusahaan adalah penjabaran dari tujuan perusahaan, yaitu sesuatu yang akan dihasilkan oleh perusahaan dalam jangka waktu tertentu agar sasaran dapat dicapai dengan efektif dan efisien, maka sasaran perusahaan harus dibuat secara spesifik, terukur, jelas kriterianya, dan disertai indikator yang lebih rinci. A.Tertulis, dijumpai pada akta pendirian orgainsasi B.Lisan, diucapkan pada pidato pendirian a.Sasaran Lingkungan (Enviromental Goal) b. Sasaran Output (Output Goal) c.Sasaran Sistem (System Goal) d. Sasaran Produk (Product Goal) e. Sasaran bagian (Subunit Goal) SASARAN RESMI SASARAN SEBENARNYA (OPERATIF GOAL)

2 EFETIVITAS DAN EFISIENSI ORGANISASI PENGERTIAN EFEKTIVITAS ORGANISASI Miller (1977:292) mengemukakan pengertian efektivitas adalah sebagai tingkatseberapa jauh suatu organisasi mencapai tujua nnya. Selanjutnya Etzioni (1969:82)menyatakan bahwa efektivitas organisasi adalah tingkat sejauh mana suatu organisasi yangmerupakan sistem sosial dengan segala sumber daya dan sarana tertentu yang tersedia memenuhi tujuan-tujuannya tanpa pemborosan dan menghindari ketegangan yang tidak perlu di antara anggota-anggotanya. Jadi, secara umum dapat diartikan bahwa efektivitas adalah tingkat penc apaiantujuan organisasi. Siliss (1968:312) mengatakan bahwa fektivitas organisasi adalah keseimbangan atau pendekatan secara optimal pada pencapaian tujuan, kemampuan, dan pemanfaatan tenaga manusia. Adapun konsep tingkat efektivitas organisasi menunjuk padatingkat sejauh mana organisasi tersebut melaksanakan kegiatan ata u fungsi-fungsinyasehingga tujuan yang telah ditetapkan dapat tercapai dengan menggunakan secara optimal alat-alat dan sumber-sumber yang ada

3 PENGERTIAN EFISIENSI Efisiensi merupakan suatu ukuran keberhasilan yang dinilai dari segi besarnyasumber/biaya untuk mencapai hasil dari kegiatan yang dijalankan.Pengertian efisiensi menurut Mulyamah (1987;3) yaitu: “Efisiensi merupakan suatu ukuran dalam membandingkan rencana penggunaanmasukan dengan penggunaan yang direalisasikan atau perkataam lain penggunaanyang sebenarnya SP.Hasibuan (1984;233-4) yang mengutip pernyataan H. Emerson adalah: “Efisiensi adalah perbandingan yang terbaik antara input (masukan) dan output efisiensi adalah sesuatu yang kita kerjakan berkaitan dengan menghasilkan hasil yangoptimal dengan tidak membuang banyak waktu dalam proses pengerjaannya.efektif belum tentu efisien dan begitu sebaliknya.

4 PENGUKURAN EFEKTIVITAS ORGANISASI EFEKTIVITAS INPUT SUMBER PROSES OUTPUT SASARAN EFISIENSI PENDEKATAN SUMBER PENDEKATAN PROSES PENDEKATAN SASARAN PENGUKURAN EFEKTIVITAS PENDEKATAN GABUNGAN PENDEKATAN KONSTITUENSI SISTEM

5 PENDEKATAN KONSTITUENSI KONSTITUENSI KRITERIA EFEKTIVITAS 1. PEMILIK PERUSAHAAN TINGKAT KEUNTUNGAN 2. KARYAWAN KEPUASAN KERJA, BESARNYA IMBALAN DAN SISTEM PENGAWASAN 3. KONSUMEN/PELANGGAN MUTU PRODUK/JASA 4. PEMBERI PINJAMAN KREDIBILITAS PERUSAHAAN 5. LINGKUNGAN KOMUNITAS SUMBANGAN/PARTISIPASI PERSH TERHADAP KEGIATAN KOMUNITAS 6. LEVERANSIR/SUPLIER KELANCARAN PEMBAYARAN 7. PEMERINTAH KEPATUHAN PERUSAHAAN TERHADAP HUKUM DAN PERPU LAINNYA


Download ppt "SASARAN (GOAL) ORGANISASI PERUSAHAAN ORGANISASI PERUSAHAAN PIMPINAN TUNGGAL ATAU KOLEKTIF VISI MISI Visi Perusahaan adalah pandangan jauh ke depan kemana."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google