Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Oleh : Abd. Shamad. Definisi Perubahan sosial merupakan perubahan dalam segi struktur sosial dan hubungan sosial Farley mendefinisikan perubahan sosial.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Oleh : Abd. Shamad. Definisi Perubahan sosial merupakan perubahan dalam segi struktur sosial dan hubungan sosial Farley mendefinisikan perubahan sosial."— Transcript presentasi:

1 Oleh : Abd. Shamad

2 Definisi Perubahan sosial merupakan perubahan dalam segi struktur sosial dan hubungan sosial Farley mendefinisikan perubahan sosial sebagai perubahan pola perilaku, hubungan sosial, lembaga dan struktur sosial pada waktu tertentu.

3 Bentuk Perubahan Social Evolution (evolusi sosial)  Perkembangan yang gradual Social Mobility (mobilitas sosial)  Perubahan yang terorganisir (direncanakan & diupayakan) Social Revolituon (revolusi sosial)  Perubahan yang terjadi secara cepat (revolusi Prancis, revolusi Mesir)

4 Teori - Teori Teori Evulusioner Teori Siklus Teori Keseimbangan Teori Konflik

5 Teori Evolusioner Menurut teori ini, masyarakat selalu berkembang dari bentuk yang sederhana menjadi bentuk-bentuk yang lebih kompleks Perubahan sosial memiliki arah tetap yang dilalui oleh semua masyarakat. Manakala tahap terakhir telah dicapai, maka pada saat itu perubahan evolusioner pun berakhir.

6 Tahap Perkembangan Sosial (Evolusioner) Tahap teologis yang diarahkan oleh nilai-nilai adikodrati (supernatural) Tahap metafisik, yaitu tahap peralihan di mana kepercayaan pada unsure adikodrati digeser oleh prinsip-prinsip abstrak yang berperan sebagai dasar perkembangan budaya Tahap ilmiah, di mana masyarakat diarahkan oleh kenyataan yang didukung oleh prinsip-prinsip pengetahuan.

7 Teori Siklus Teori ini mengatakan bahwa masyarakat itu berputar melewati tahap-tahap yang berbeda-beda. maju dan mundurnya masyarakat mengalami sirkulasi tanpa henti dengan tidak bergerak menuju perubahan yang lebih progresif peradaban besar berada dalam siklus kelahiran, pertumbuhan, keruntuhan dan kematian

8 Teori Keseimbangan Menurut teori ini masyarakat terdiri dari sejumlah bagian yang saling tergantung satu sama lain, di mana masing-masing bagian ini membantu keefektifan masyarakat Terjadinya perubahan pada satu aspek akan mengakibatkan perubahan di seluruh bagian Konflik akan menyeimbangkan

9 Teori Konflik Teori konflik memandang masyarakat sebagai mass of groups yang selalu berselisih satu sama lain. kelompok-kelompok ini bersaing untuk memperoleh barang-barang dan sumber daya yang ada

10 Proses Sosial Penemuan, merupakan persepsi manusia yang dianut secara bersama mengenai suatu aspek kenyataan yang semula sudah ada. Penemuan di sini merupakan tambahan pengetahuan dunia yang telah diverifikasi. Invesi, seringkali disebut sebagai suatu kombinasi baru atau cara penggunaan baru dari pengetahuan yang sudah ada. Difusi merupakan penyebaran unsur-unsur budaya dari suatu kelompok ke kelompok lainnya.


Download ppt "Oleh : Abd. Shamad. Definisi Perubahan sosial merupakan perubahan dalam segi struktur sosial dan hubungan sosial Farley mendefinisikan perubahan sosial."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google