Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Merancang Perkuliahan Berbasis Service Learning Nadhir Salahuddin.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Merancang Perkuliahan Berbasis Service Learning Nadhir Salahuddin."— Transcript presentasi:

1 Merancang Perkuliahan Berbasis Service Learning Nadhir Salahuddin

2 Service - Learning Akademik Konteks Sosial

3 Konteks Sosial - Masyarakat Kebutuhan AssetHak

4 Pertanyaan Kunci Kebutuhan komunitas apakah yang akan dilayani dan dipenuhi? Hak komunitas apakah yang akan diadvokasi? Aset komunitas apakah yang akan dimobilisasi?

5 Dorongan Universitas Bermitra dengan Masyarakat Penguatan Kemitraan Berbagi Sumber Daya

6 Komponen Pengabdian Dalam Perkuliahan PilihanWajib

7 Jenis Pengabdian dalam Kuliah SL Langsung Tidak Langsung

8 Pengabdian Sebagai Komponen Wajib KelompokIndividu

9 Merumuskan Komponen Pengabdian: Tujuan perkuliahan Identifikasikan konteks sosial yang meliputi apa yang selama ini berjalan baik dan aset yang dimiliki, kebutuhan masyarakat, kegiatan LSM atau lembaga sosial di masyarakat, atau program/layanan pemerintah yang menjadi hak masyarakat yang relevan dengan tujuan perkuliahan.

10 Merumuskan Komponen Pengabdian Tujuan Perkuliahan 1.Rumuskan hubungan langsung antara tujuan perkuliahan dengan konteks sosial tersebut (ingat tujuan utama adalah pembelajaran dan pengabdian secara bersamaan). 2.Bagaimana pengalaman pengabdian tersebut ikut membangun tercapainya tujuan perkuliahan.

11 Merumuskan Kompetensi dari SL Rumuskan manfaat yang diterima mahasiswa dari kegiatan SL ProfessionalPersonalSosial

12 Merumuskan Komponen Pengabdian: Pokok Bahasan Jelaskan mengapa pokok bahasan yang dipelajari oleh mahasiswa relevan bagi kehidupan masyarakat (Sesuai dengan apa yang sudah berjalan dan aset yang dimiliki, dibutuhkan oleh masyarakat langsung, meringankan pekerjaan LSM di komunitas, membantu program/layanan pemerintah untuk memenuhi hak warga, dll)

13 Merumuskan Komponen Pengabdian: Kegiatan Pengabdian Terjemahkan komponen pengabdian dalam pokok bahasan menjadi kegiatan kongkrit di masyarakat Hubungkan kegiatan pembelajaran di kelas dengan pengabdian di masyarakat (kompetensi apakah yang terbangun?) Pokok BahasanKegiatan Pembelajaran di Kelas Kegiatan Pengabdian di Masyarakat

14 Membangun Kompetensi lewat refleksi; Merumuskan Pertanyaan 1.Rumuskan pertanyaan yang meminta mahasiswa untuk menghubungkan pengabdian yang dilaksanakan dengan kegiatan pembelajaran di kelas. 2.Rumuskan pertanyaan mengapa konteks sosial dimana mahasiswa melaksanakan pengabdian adalah tempat yang relevan untuk pembelajaran. 3.Rumuskan pertanyaan untuk mahasiswa mengenai perbedaan yang terjadi dalam kegiatan pengabdian baik bagi mahasiswa maupun masyarakat. 4.Rumuskan pertanyaan pelajaran berharga apa sajakah yang dipetik oleh mahasiswa dari kegiatan pengabdian tersebut.

15 Kutipan untuk SL John C. Maxwell, “People dont care how much you know, until they know how much you care”. Tony Wagner, “The world no longer cares what you know, what matters now is ‘what you can do with what you know”

16 Kegiatan Pembelajaran; Praktikum Mahasiswa praktek bagaimana teknik mengajar yang baik. Mahasiwa praktek bagaimana mengumpulkan data. Mahasiswa praktek bagaimana menentukan prioritas program kerja. Mahasiswa praktek bagaimana mengajar kitab kuning yang baik. Mahasiswa praktek menjadi penyiar radio yang handal. Mahasiwa praktek menuliskan laporan penelitian.

17 Contoh Kegiatan Pengabdian Mahasiswa membantu guru bagaimana menghadapi murid yang kehilangan motivasi belajar. Mendampingi siswa agar semangat dalam belajar. Membersihkan sampah yang tercecer di sekolah. Mereka menyediakan pengabdian di komunitas sekolah

18 Kegiatan Service Learning Saat mahasiswa membantu guru bagaimana menghadapi murid yang kehilangan motivasi belajar, (Bersama guru) menganalisis sebab rendahnya motivasi belajar, Menyampaikan hasil analisis dan menawarkan saran kepada guru untuk menanggulangi kehilangan motivasi belajar tersebut, Kemudian merefleksikan, berdasar pengalaman, bagaimana pengetahuan mahasiswa bertambah atau berubah..

19 Pembelajaran Melalui Pengabdian Mahasiswa mendapatkan pengalaman belajar di kelas dan kemudian diaplikasikan dalam pengabdian untuk membantu masyarakat, lalu pengalaman pengabdian tersebut di bawa kembali ke kelas menjadi pengetahuan bersama di kelas.

20 Pertanyaan Refleksi Mengapa saya melakukan pengabdian ini dan apakah hubungan dengan mata kuliah? Mengapa mitra masyarakat merupakan tempat yang baik untuk pembelajaran dalam perkuliahan ini? Bagaimana kegiatan pengabdian berhubungan dengan pembelajaran di kelas? Apakah ada konsep, teori maupun ketrampilan tertentu yang berhubungan? Mengapa pengabdian yang dilaksanakan relevan dengan masyarakat? Siapakah yang diuntungkan di masyarakat? Persoalan-persoalan apakah dimasyarakat yang sedang dihadapi? Bagaimana pengabdian yang dilakukan akan membuat perbedaan, lalu kepada siapa perbedaan tersebut ditujukan? Pelajaran apa yang didapat: mengenai isi perkuliahan, terhadap pengembangan diri mahasiswa, terkait dengan situasi di masyarakat?

21 Cakupan Penilaian Kesadaran akan tujuan pengabdian Tanggungjawab terhadap komunitas Aplikasi konsep/teori Dampak pada kehidupan personal mahasiswa Pemikiran kritis


Download ppt "Merancang Perkuliahan Berbasis Service Learning Nadhir Salahuddin."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google