Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

BAB V SOSIOMETRI DWI ATMAJA, SPd, MPsi. A.TUJUAN Sosiometri adalah salah satu teknik pengumpulan data, mahasiswa diharapkan dapat memperoleh pemahaman.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "BAB V SOSIOMETRI DWI ATMAJA, SPd, MPsi. A.TUJUAN Sosiometri adalah salah satu teknik pengumpulan data, mahasiswa diharapkan dapat memperoleh pemahaman."— Transcript presentasi:

1 BAB V SOSIOMETRI DWI ATMAJA, SPd, MPsi

2 A.TUJUAN Sosiometri adalah salah satu teknik pengumpulan data, mahasiswa diharapkan dapat memperoleh pemahaman tentang sosiometri dan mampu menerapkannya. Tujuannya adalah : (1) Mendiskripsikan pengertian sosiometri. (2) Membuat angket dan mentabulasikan hasil angket sosiometri. (3) Mampu membuat sosiogram dan membuat analisis sosiometri.

3 B.KEGIATAN BELAJAR Menyajikan konsep sosiometri dan langkah pengadministrasian. Pendalaman konsep dan latihan membuat angket sosiometri, mentabulasi, membuat sosiogram, dan melakukan analisis hasil.

4 C. MATERI AJAR Metode sosiometri mula-mula dikembangkan oleh Moreno dan Jening. Sosiometri adalah metode pengumpulan data tentang pola dan struktur sosial individu-individu dalam suatu kelompok dengan cara menelaah relasi sosial, status sosial. Kegunaan metode ini untuk : (1) Human Relationship, memperbaiki hubunngan sosial individu. (2) Menemukan norma-norma pergaulan. (3) Mengenali kekompakan dan perpecahan anggota kelompok.

5 Tipe – tipe Sosiometri Tipe Nominatif pada tipe ini pada setiap individu diminta untuk memilih siapa saja yang disenangi / tidak disenangi dalam melakukan suatu aktivitas. contoh pertanyaan angket sosiometrinya : a. Dengan siapa anda senang belajar kelompok ? b. Apabila anda mengalami kesulitan dengan siapa anda memilih untuk berbagi minta tolong ?

6 Langkah penyelenggaraan tipe nomonatif, Persiapan 1) Menentukan kelompok siswa. 2) Memberikan informasi dan tujuan diselenggarakan sosiometri. 3) Mempersiapkan angket sosiometri. Pelaksanaan 1) Membagikan dan mengisi angket sosiometri. 2) mengumpulkan kembali dan memeriksa pengisiannya.

7 Analisis hasil 1) Memeriksa hasil angket sosiometri 2) Mengadakan tabulasi dan membuat matrik sosiometri. 3) Membuat sosiogram. 4) Membuat intensitas pemilihan, status pemilihan, status penolakan, status pemilihan dan penolakan.

8 DAFTAR ISIAN SOSIOMETRI Nama: ………………………………………………………………………………………………L/P Kelas: …………………………………………………………………………………………………. Tanggal: …………………………………………………………………………………………………. Kriterium: Untuk Kelompok Studi Pilihan I: …………………………………………………………………………………………………. Alasan: …………………………………………………………………………………………………. Pilihan II: …………………………………………………………………………………………………. Alasan: ………………………………………………………………………………………………… Nama : …………………………………………… Laki-laki / Perempuan: ……………………… Umur: ………………………………………….. Alamat: ……………………………………………….. Contoh pengisian angket sosiometri

9 Pemilih Yang dipilihABCDE A#1-32 B1#23- C12#-3 D213#- E123-# Pilihan I32 Pilihan II121-1 Pilihan III--221 Jumlah Pilihan44322 Skor Pilihan56865 Tabel tabulasi sosiometri. data yang diperoleh dari angket sosiometri dirangkum dalam matrik sosiometri, yaitu suatu tabel yang berisi nama pemilih, nama yang dipilih beserta urutan pilihan dan jumlah pilihannya.

10 SOSIOGRAM Adalah penggambaran garis hubungan sosial. Sosiogram dibuat berdasar pada data tabel tabulasi sosiometri, yang dapat dipakai untuk melihat hubungan sosial secara keseluruhan. Dari sosiogram dapat diketahui dengan jelas tentang : (1) Ststus sosiometri, pemilihan, penolakan, pemilihan penolakan. (2) Besarnya jumlah pemilih untuk setiap subyek. (3) Arah pilihan dari dan terhadap individu tertentu. (4) Kualitas arah dan intensitas pilihan. (5) ada tidaknya pusat pilihan dan isolasi.

11 Cara membuat Sosiogram 1.Buat sumbu ordinat dan dibuat skala yang mencakup frekuensi pemilihan terbanyak. 2. Letakkan setiap Individu setinggi frekuensi pemilih yang diperoleh. Misalnya A pemilihannya 5 angka maka A diletakkan pada garis yang setinggi frekuensi 5. 3.Buatlah garis yang ditandai dengan panah A BBerarti A memilih B A BBerarti A dan B saling memilih A BBerarti A menolak B A BBerarti A menolak B dan B menolak A A BBerarti A memilih B dan B menolak A

12 Berbentuk segitiga (triangel). Hubungan yang mempunyai intensitas yang cukup kuat Berbentuk bintang (Star). Bila pusat A tidak ada maka kelompok akan bubar, karena hubungan kurang menyeluruh Berbentuk jala (Network). Hubungan cukup menyeluruh, baik, kuat dan hilanhnya seseorang tidak akan membuat kelompoknya bubar, hubugan ini mempunyai intensitas cukup kuat Berbentuk rantai (Chain). Hubungan searah atau sepihak, tidak menyeluruh, kelompok demikian ini keadannya rapuh. A  B  C  D Bentuk Hubungan

13 Sosiogram Bentuk Lajur JUMLAHSOSIOGRAM PILIHAN C E B A D Laki-laki Perempuan Pilihan pertama Pilihan kedua Pilihan ketiga

14 Perhitungan Intensitas dan Indeks Pemilihan Intensitas hubungan diperoleh dengan rumus : Intensitas = S k o r ( S ) Jumlah pilihan ( P ) Makin baik hubungan seseorang diketahui dengan skor intensitasnya yang tinggi. Sedangkan indeks pemilihan meliputi : (1) status pemilihan, (2) status penolakan, (3) status pemilihan dan penolakan.

15 (1) status pemilihan, dihitung dengan rumus : Spm = Jumlah Pemilih N - 1 (2) status penolakan, dihitung dengan rumus : Spk = Jumlah Penolakan N - 1 (3) status pemilihan dan penolakan, dihitung dengan rumus : Spp = Jumlah Pemilih – Jumlah Penolakan N - 1

16 KARTUSOSIOMETRI No. …………………………………………Nama Siswa ……………………………………………………………………..L/P Kegiatan: Belajar Kelompok Jumlah siswa: 5 orang Dipilih oleh: 1. ……………………………………….. 3. ………………………………………….. : 2. ………………………………………… 4. ….………………………………………. Jumlah pemilih : 4 orang Indeks pemilih: 1. Teman Yang dipilih: I ……………………………………………………………………………………. II. …………………………………………………………………………………… III. ………………………………………………………………………………….. Komentar: …………………………………………………………………………………………………….. Membuat laporan hasil analisis sosiometri untuk mencatat data sosiometri secara individual maka dapat digunakan kartu sosiometri untuk setiap siswa dan kartu sosiometri ini disimpan dalam kartu pribadi

17 Sosiometri tipe skala bertingkat Pada sosiometri tipe ini kepada individu diberikan angket sosiometri dalam bentuk skala bertingkat yaitu dari skala hubungan paling dekat, dekat, cukup dekat, kurang dekat, dan sama sekali tidak menyenangi. Sosiometri tipe siapa dia Dalam tipe ini pernyataan-pernyataan angket sosiometri merupakan gambaran tentang sifat-sifat individu baik positif maupun negatif.

18 Latihan Kelompok Latihan Kelompok 1. Anda diminta membuat kartu sosiometri untuk membentuk kelompok belajar. 2.Melancarkan sosiometri sedikitnya kepada kepada 10 orang siswa. 3. Buatlah matrik sosiometrinya. 4.Buatlah sosiogramnya dan kesimpulan berdasarkan pada data sosiogram


Download ppt "BAB V SOSIOMETRI DWI ATMAJA, SPd, MPsi. A.TUJUAN Sosiometri adalah salah satu teknik pengumpulan data, mahasiswa diharapkan dapat memperoleh pemahaman."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google