Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Fatkhur Rozzaq 13.230.0019 1P51 KOMUNIKASI DATA ANTENA OMNI.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Fatkhur Rozzaq 13.230.0019 1P51 KOMUNIKASI DATA ANTENA OMNI."— Transcript presentasi:

1 Fatkhur Rozzaq P51 KOMUNIKASI DATA ANTENA OMNI

2 Penjelasan Antena omni atau antena monidirectional adalah salah satu jenis antena yang menerima dan memancarkan gelombang elektromagnetik dengan sudut pancaran 360 derajat tegak lurus ke atas. Berbeda dengan antena directional, antena omni memancarkan dan menerima gelombang elektronik dengan area cakupan yang melebar. Jika digambarkan bentuknya seperti donat. Dengan begitu, antena jenis ini lebih cocok dipergunakan untuk menerima dan memancarkan gelombang elektromagnetik pada area hotspot. Secara teknis antena inibisa digunakan atau dihubungkan dengan beberapa antena directional yang dipergunakan di luar ruang dalam sistem komunikasi. Termasuk untuk keperluan siaran televisi dan menangkap atau memancarkan gelombang telepon selular.

3 Antena yang radiusnya 360 derajat, Biasanya dihubungkan ke Access Point Outdoor untuk Area WLAN yang luas sampai dengan 8 KM.

4 Sistem Kerja Antena OMNI Antena omni lebih sering digunakan untuk keperluan memancarkan dan menerima gelombang elektromagnetik dalam sistem point to multipoint. Jangkauan antena ini bisa menerima dan memancarkan sinyal sejauh 1-5 km. Sinyal ini benar-benar berbentuk donat sehingga hanya menerima dan memancarkan gelombang ke daerah sekitar dalam luas area 360 derajat. Sementara itu, bagian atasnya sama sekali tidak menerima sinyal radiasi. Kekhasan lain dari antena omni ini adalah pancaran antena lebih terfokus. Hal ini menjadikannya salah satu antena paling populer untuk memancarkan dan menerima gelombang wifi. Antena omni sering pula disebut sebagai antena wifi.

5 Lanjutan Dengan demikian tidak semua antena bisa menerima dan mengirim seluruh gelombang elektromagnetik. Selain ada antena directional dan antena monidirectional, antena juga memiliki ragam bentuk namun tetap memiliki fungsi yang sama. Bentuk antena bisa hanya seutas kabel, dipole dan bentuk-bentuk lainnya. Pada beberapa kasus bentuk antena juga sama seperti fungsi reflector lampu senter. Antena menjadi alat bantu untuk memfokuskan pada sinyal tertentu. Semakin tepat posisi arah penerima sinyal, tepat ukuran dan jenisnya, maka semakin kuat pula gelombang elektromagnetik yang hendak kita terima atau pancarkan. Ketika akan memilih sebuah antena, ada beberapa hal teknis yang perlu diperhatikan. Dengan semakin tepat mengukur dan menyesuaikan dengan tujuan pemasangan antena tersebut, akan semakin baik pula baik ketika akan menerima gelombang elektromagnetik. Gelompang ini kemudian diubah menjadi gelombang listrik, atau sebaliknya hanya untuk memancarkan gelombang elektromagnetik. Beberapa karakter penting yang perlu diperhatikan ketika memilih sebuah antena adalah masalah gain, polarisasi, pola radiasi dan directivity. Karakter dari antena tersebut pada dasarnya sama saja baik ketika berfungsi sebagai pemancar, penerima maupun ketika akan dipergunakan untuk kedua keperluan yaitu sebagai penerima dan pemancar. Karakter antena yang pertama yang harus diperhatikan ada masalah gain. Apa itu gain dalam antena? Gain adalah kemampuan sebuah antena dalam hal mengarah pancaran sinyal atau penerimaan sinyal dengan arah tertentu.

6 Fungi Antena Omni Fungsi lain dari antena omni yakni membentuk pola arahan dalam bidang tegak lurus. Maka dari itu, antena ini akan efektif bila digunakan untuk sistem sambungan telepon tanpa kabel atau siaran televisi terbatas. Gain dari antena ini adalah dalam rentang 3-12 dBi dengan jarak jangkauan maksimal lima kilometer. Dengan pola radiasi horizontal, maka antena ini menjangkau area yang luas namun hanya pada bagian bawah. Sementara pada bagian atasnya tidak ter-cover oleh radiasi dari antena jenis ini.

7 Kesimpulan Jadi Antena OMNI melayanai coverage area yang luas namun dalam jangkauan pendek. Karena antena omni menjangkau area yang luar, besar kemungkinan akan terkumpul juga sinyal lain yang sama sekali tidak dikehendaki. Dengan demikian, antena omni akan menyebabkan interferensi. Namun antena ini cocok bila dipergunakan untuk koneksi hotspot atau dikenal dengan sistem point to multipoint atau satu titik ke banyak titik.

8 TERIMA KASIH


Download ppt "Fatkhur Rozzaq 13.230.0019 1P51 KOMUNIKASI DATA ANTENA OMNI."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google