Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Metode penelitian kualitatif untuk sistem informasi Manajemen Meskipun relatif tertinggal dibandingkan organisasi lain, perlahan tapi pasti, semakin banyak.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Metode penelitian kualitatif untuk sistem informasi Manajemen Meskipun relatif tertinggal dibandingkan organisasi lain, perlahan tapi pasti, semakin banyak."— Transcript presentasi:

1 Metode penelitian kualitatif untuk sistem informasi Manajemen Meskipun relatif tertinggal dibandingkan organisasi lain, perlahan tapi pasti, semakin banyak lembaga pelayanan kesehatan (rumah sakit, puskesmas, maupun organisasi lainnya) yang menerapkan sistem informasi manajemen berbasis komputer. Di AS, rumah sakit swasta, berukuran besar serta berafiliasi kepada perhimpunan tertentu cenderung lebih progresif dalam menerapkan sistem informasi berbasis komputer. Di sisi yang lain, pengalaman menunjukkan penerapan sistem informasi berbasis komputer banyak berakhir dengan kegagalan. Dowling(1980) mengestimasi bahwa 45% dari pengembangan sistem informasi berbasis komputer gagal karena resistensi pengguna, meskipun secara teknologi cukup meyakinkan. Oleh karena, evaluasi pengembangan sistem menjadi hal yang krusial.

2 Kegiatan evaluasi memerlukan pendekatan yang tepat. Sistem informasi berbasis komputer dapat dikaji berdasarkan criteria biaya/manfaat ( cost benefit ), ketepatan waktu, kelengkapan, tingkat kesalahan, tingkat penggunaan sampai dengan kepuasan pengguna. Metode kuantitatif tepat digunakan untuk tujuan tersebut jika fitur teknologi informasi, organisasi, pengguna dan kebutuhan informasi merupakan entitas yang independent, objektif dan diskrit dan tidak berubah-ubah selama proses evaluasi. Akan tetapi, jika peneliti berkeinginan untuk mengevaluasi topic yang tidak mudah dipilah-pilah ke dalam entitas yang diskrit atau bahkan akan memeriksa dinamika proses daripada terpaku pada karakteristik tertentu, maka pendekatan kualitatif dapat lebih bermanfaat. Manfaat metode kualitatif terletak pada kemampuannya untuk memahami manka dan konteks dari fenomena yang sedang dikaji, kejadian khusus atau proses yang mempengaruhi fenomena sepanjang waktu secara alamiah. Ketika mengevaluasi sistem informasi manajemen berbasis komputer berbagai konteks seperti sosial, kultural, organisasional, maupun politik, proses pengembangan sistem informasi, instalasi, penggunaan sampai dengan interaksi antar berbagai komponen tersebut sangat menarik untuk dikaji. Berbagai penelitian mengenai penggunaan metode kualitatif untuk sistem informasi manajemen kesehatan telah dipublikasikan, bahkan akhir- akhir ini menjadi semakin popular.

3 Penelitian kualitatif mencakup berbagai pendekatan yang berbeda satu sama lain tetapi memiliki karakteristik dan tujuan yang sama. Berbagai pendekatan tersebut dapat dikenal melalui berbagai istilah seperti: penelitian kualitatif, penelitian lapangan, penelitian naturalistik, penelitian interpretif, penelitian etnografik, penelitian post positivistic, penelitian fenomenologik, hermeneutic, humanistik dan studi kasus. Metode kualitatif menggunakan beberapa bentuk pengumpulan data seperti transkrip wawancara terbuka, deskripsi observasi, serta analisis dokumen dan artefak lainnya. Data tersebut dianalisis dengan tetap mempertahankan keaslian teks yang memaknainya. Hal ini dilakukan karena tujuan penelitian kualitatif adalah untuk memahami fenomena dari sudut pandang partisipan, konteks sosial dan institusional. Sehingga pendekatan kualitatif umumnya bersifat induktif.

4 5 alasan pendekatan kualitatif dalam sistem informasi manajemen : 1. Untuk memahami bagaimana persepsi pengguna mengenai sistem, mengevaluasi sistem serta makna dari sistem bagi pengguna. Memahami perspektif pengguna biasanya sulit dilakukan semata-semata menggunakan pendekatan kuantitatif. Dengan menggunakan pendekatan kualitatif, peneliti dapat menggali penjelasan mengenai perilaku pengguna terhadap sistem, keberhasilan sistem serta kegagalannya. 2. Untuk memahami pengaruh sosial dan organisasional terhadap penggunaan sistem. Sistem informasi manajemen kesehatan tidak berada dalam ruang kosong ( vacuum ). Implementasi, penggunaan, kesuksesan maupun kegagalannya terjadi dalam konteks sosial dan organisasi. Sebuah sistem tidak selalu memberikan hasil yang sama ketika diimplementasikan di tempat lain. Penelitian kualitatif dapat memberikan pemahaman mengenai hal ini sekaligus mendukung pengembangan hipotesis dan teori. 3. Menyelidiki proses sebab akibat. Penelitian eksperimental dapat menunjukkan ada tidaknya hubungan kausal namun tidak bisa memberikan alasan bagaimana proses kausal tersebut berlangsung. Di sinilah kelebihan penelitian kualitatif dibandingkan eksperimental atau survei.

5 4. Memberikan evaluasi formatif (evaluasi yang bertujuan untuk memperbaiki sistem yang sedang dalam tahap pengembangan) dibandingkan hanya sekedar melakukan pengkajian. Menggunakan metode kualitatif dapat memberikan gambaran masalah potensial yang sedang dihadapi sehingga memberikan peluang untuk memperbaiki sistem. 5.Meningkatkan utilisasi dari hasil evaluasi. Setiap manajer, pembuat kebijakan, perancang sistem dan praktisi seringkali mengalami kesulitan menggunakan hasil studi kuantatif karena hal tersebut tidak terkati dengan pemahaman mereka mengenai situasi yang sedang terjadi. Penelitian kualitatif, sebaliknya, dapat meningkatkan kredibilitas dan kemanfaatan hasil evaluasi untuk para pengembil keputusan. disadur dari Anderson, Aydin, Jay Evaluating Health Care Information Systems: methods and application.


Download ppt "Metode penelitian kualitatif untuk sistem informasi Manajemen Meskipun relatif tertinggal dibandingkan organisasi lain, perlahan tapi pasti, semakin banyak."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google