Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Judul: PEMANFAATAN ABU MERANG DALAM MENURUNKAN KESADAHAN AIR SUMUR GALI Penulis: Rasman ( Jurusan Kesehatan Lingkungan Politeknik Kesehatan Makassar) Sumber.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Judul: PEMANFAATAN ABU MERANG DALAM MENURUNKAN KESADAHAN AIR SUMUR GALI Penulis: Rasman ( Jurusan Kesehatan Lingkungan Politeknik Kesehatan Makassar) Sumber."— Transcript presentasi:

1 Judul: PEMANFAATAN ABU MERANG DALAM MENURUNKAN KESADAHAN AIR SUMUR GALI Penulis: Rasman ( Jurusan Kesehatan Lingkungan Politeknik Kesehatan Makassar) Sumber : ISJD Lingkungan Judul: PEMANFAATAN ABU MERANG DALAM MENURUNKAN KESADAHAN AIR SUMUR GALI Penulis: Rasman ( Jurusan Kesehatan Lingkungan Politeknik Kesehatan Makassar) Sumber : ISJD Lingkungan

2 Air sadah Waktu kontak 2 jam dan 4 jam 10 Gram 20 Gram 30 gramm Di saring Penurunan Memenuhi syarat Tidak memenuhi syarat

3 Tempat penelitian: Bengkel kerja Politeknik Kesehatan Makassar Jurusan Kesehatan Lingkungan Waktu penelitian : Juni – Agustus 2007 Lokasi penelitian : Desa Muntea Bontolojong kecamatan Uluere kabupaten Bantaeng. Screamed By :

4

5 Kehadiran kesadahan dalam air dalam jumlah yang tidak memenuhi syarat dapat menyebabkan kerugian baik dari segi ekonomi maupun dari segi kesehatan. Dari segi ekonomi dapat mengurangi efektivitas kerja sabun, menyebabkan lapisan kerak pada peralatan dapur yang terbuat dari logam dan sayur-sayuran menjadi keras apabila dicuci dengan air sadah, sedangkan dari segi kesehatan dapat menyebabkan penyumbatan pada ginjal, kencing batu, dan juga dapat memperlambat proses pertumbuhan tulang pada anak. Kesadahan maksimal yang diperbolehkan untuk air bersih dan air minum adalah 500 Mg/L menurut PERMENKES RI No.416 tahun 1990 tentang syarat-syarat dan pengawasan kualitas air. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah efektivitas pemanfaatan abu arang dapat menurunkan kesadahan air sumur gali, untuk mengetahui variasi dosis abu merang dalam menurunkan kesadahan air sumur gali, untuk mengetahui berapa besar konsentrasi penurunan kesadahan air baku sebelum dan sesudah pemberian merang dalam menentukan variasi dosis waktu kontak. Kehadiran kesadahan dalam air dalam jumlah yang tidak memenuhi syarat dapat menyebabkan kerugian baik dari segi ekonomi maupun dari segi kesehatan. Dari segi ekonomi dapat mengurangi efektivitas kerja sabun, menyebabkan lapisan kerak pada peralatan dapur yang terbuat dari logam dan sayur-sayuran menjadi keras apabila dicuci dengan air sadah, sedangkan dari segi kesehatan dapat menyebabkan penyumbatan pada ginjal, kencing batu, dan juga dapat memperlambat proses pertumbuhan tulang pada anak. Kesadahan maksimal yang diperbolehkan untuk air bersih dan air minum adalah 500 Mg/L menurut PERMENKES RI No.416 tahun 1990 tentang syarat-syarat dan pengawasan kualitas air. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah efektivitas pemanfaatan abu arang dapat menurunkan kesadahan air sumur gali, untuk mengetahui variasi dosis abu merang dalam menurunkan kesadahan air sumur gali, untuk mengetahui berapa besar konsentrasi penurunan kesadahan air baku sebelum dan sesudah pemberian merang dalam menentukan variasi dosis waktu kontak.

6

7 Dari studi eksperimen ini, diperoleh kesimpulan yaitu : 1. Tingkat kesadahan air baku/ air sumur gali dapat diturunkan dengan pemanfaatan abu merang dengan penyaringan pasir sederhana. 2. Setelah penambahan abu merang dengan penyaringan pasir dosis 10 gr, 20gr,30gr dan 5 liter air baku dengan waktu kontak 2 jam dan 4 jam yang konsentrsi penurunannya adalah dengan dosis 10 gr dengan waktu kontak 2 jam. 3. Abu merang dengan variasi dosis 10 gr, 20gr, dan 30gr dalam waktu kontak 2 jam dan 4 jam dapat menurunkan air baku/ air sumur gali. Dari studi eksperimen ini, diperoleh kesimpulan yaitu : 1. Tingkat kesadahan air baku/ air sumur gali dapat diturunkan dengan pemanfaatan abu merang dengan penyaringan pasir sederhana. 2. Setelah penambahan abu merang dengan penyaringan pasir dosis 10 gr, 20gr,30gr dan 5 liter air baku dengan waktu kontak 2 jam dan 4 jam yang konsentrsi penurunannya adalah dengan dosis 10 gr dengan waktu kontak 2 jam. 3. Abu merang dengan variasi dosis 10 gr, 20gr, dan 30gr dalam waktu kontak 2 jam dan 4 jam dapat menurunkan air baku/ air sumur gali.


Download ppt "Judul: PEMANFAATAN ABU MERANG DALAM MENURUNKAN KESADAHAN AIR SUMUR GALI Penulis: Rasman ( Jurusan Kesehatan Lingkungan Politeknik Kesehatan Makassar) Sumber."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google