Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

MATAKULIAH: PENULISAN ARTIKEL DAN FEATURE RAHMI SURYA DEWI.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "MATAKULIAH: PENULISAN ARTIKEL DAN FEATURE RAHMI SURYA DEWI."— Transcript presentasi:

1 MATAKULIAH: PENULISAN ARTIKEL DAN FEATURE RAHMI SURYA DEWI

2  Topik merujuk pada berita atau peristiwa yang aktual atau kontroversial, atau kedua- duanya sehingga memiliki daya tarik dan penting untuk segera diketahui oleh khalayak  Topik sesuai dengan filosofi, visi, misi dan kebijakan umum media penerbitan pers  Tajuk sejalan dengan kualifikasi dan fokus wilayah sirkulasi media penerbitan

3  Berpijak pada kaidah dan nilai standar jurnalistik seperti aktualitas, objektivitas, keluarbiasaan peristiwa  Topik tidak bertentangan dengan aspek ideologis, yuridis, sosiologis dan etis yg tedapat dalam masyarakat  Topik senantiasa berorientasi pada nilai-nilai luhur peradaban universal seperti kemanusiaan, kebenaran, keadilan, kejujuran dan kesetaraan penegakan supremasi hukum.

4  Tesis : pendapat utama dari keseluruhan uraian tajuk rencana.  Tesis disebut juga kesimpulan.  Tesis tajuk rencana hendaklah ringkas,lugas, tegas, jelas dan mengandung unsur kebaruan.

5  Terbuka : apabila tesis dirumuskan dalam rangkaian kalimat ringkas, lugas dan tegas secara tersurat.  Bersifat ‘tembak langsung’ tidak memberikan kesempatan kepada pembaca untuk melakukan interpretasi atau mengembangkan persepsinya  Pembaca hanya dihadapkan pada dua pilihan : menerima atau menolak tesis tersebut.

6  Kesimpulan tidak dirumuskan dalam kalimat yang ringkas, lugas dan tegas.  Pesan disampaikan secara tersirat, samar- samar atau hanya menunjukkan sinyal, isyarat, tanda, indikator.  Pertimbangannya, khalayak pembaca sudah cerdas dan bijak sehingga tidak menimbulkan kesan menggurui.


Download ppt "MATAKULIAH: PENULISAN ARTIKEL DAN FEATURE RAHMI SURYA DEWI."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google