Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

MELAKUKAN PROSES PRODUKSI. Pengantar pertelevisian Acara-acara yang tergabung dalam siaran televisi mempunyai unsur-unsur dasar yang satu sama lainnya.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "MELAKUKAN PROSES PRODUKSI. Pengantar pertelevisian Acara-acara yang tergabung dalam siaran televisi mempunyai unsur-unsur dasar yang satu sama lainnya."— Transcript presentasi:

1 MELAKUKAN PROSES PRODUKSI

2 Pengantar pertelevisian Acara-acara yang tergabung dalam siaran televisi mempunyai unsur-unsur dasar yang satu sama lainnya sangat erat hubungannya dan tidak dapat di pisah-pisahkan. Unsur-unsur dasar tersebut adalah: 1. Ide 2. Pengisi acara (artis) 3. Peralatan 4. Team ( kelompok produksi 5. Penonton televisi Unsur-unsur dasar yang disebutakan diatas mempunyai nilai-nilai yang sama penting karena tanpa salah satu dari unsur-unsur tersebut, siaran televisi tidak mungkin ada.

3 *ide Ide merupakan awal dari sebuah acara telavisi. Televisi merupakan sebuah alat komunikasi modern yang menghubungkan ide-ide atau pemikiran seorang perencana (producer) televisi dengan pemikiran penonton televisi. *Pengisi acara Tingkatan pengisi acara televisi, dapat meliputi tingkatan dari seseorang pembaca berita sampai tingkat pengisi acara yang mempunyai reportasi internasional.

4 *peralatan Peralatan-peralatan yang diperlukan, paling tidak beberapa buah kamera elektronik yang biasanya di tempatkan di atas tripot atau pedestal agar dapat di gerak-gerakan, peralatan tata lampu untuk menghasilkan kwalitas gambar yang baik, dekorasi studio, berupa dinding studio yang polos, siklorama ataupun set dekorasi untuk drama-drama televisi. Komunikasi timbal balik (talk back) dari tempat-tempat kamar operasionil. Monitor-monitor televisi pada setiap tempat yang membutuhkanya agar dapat melihat hasil gambar yang sedang dalam proses produksi. Ruang kontrol produksi memerlukan sebuah vision mixer dan kamar kontrol suara memerlukan peralatan-peralatan audio lainnya. Kontrol tata lampu untuk mengatur intensitas lampu-lampu studio dan peralatan untuk mengontrol kamera. Sebagai tambahan studio televisi tersebut akan memerlukan sejumlah peralatan lainnya yang diperlukan untuk proses pembuatan film, dan yang terpenting adalah sebuah pemancar untuk memungkinkan studio tersebut mengudara gambar- gambar yang standard dan mutu suara yang berkwalitas profesional.

5 Team kelompok produksi adalah orang-orang yang akan memadukan acara telavisi tersebut menjadi suatu kesatuan yang mengandung arti dalam bentuk gambar dan suara. Stasiun-stasiun televisi lainnya di sunia mempergunakan proses pelaksanaan produksi acara televisi yang berlain- lainan, namun tujuan dari pada tiap-tiap proses pelaksanaan yang berbeda-beda itu adalah sama yaitu menghasilkan acara-acara televisi yang bermutu baik dengan biaya explotasi yang serendah mungkin.

6 Staf team produksi dapat dibagi atas 4 (empat) bidang, yaitu : 1. Produksi 2.Fasilitas produksi 3.Teknik operasional 4.Teknik Pada bidang-bidang tersebut aktif bekerja petugas-petugas yang mempunyai jenis pekerjaan yang berlain-lainan sehingga ada baiknya kita membahas bidang-bidang tersebut lebih terperinci.

7


Download ppt "MELAKUKAN PROSES PRODUKSI. Pengantar pertelevisian Acara-acara yang tergabung dalam siaran televisi mempunyai unsur-unsur dasar yang satu sama lainnya."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google