Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

LOGO SOSIOLOGI POLITIK The Fan Democrary “Penggerak Demokrasi”

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "LOGO SOSIOLOGI POLITIK The Fan Democrary “Penggerak Demokrasi”"— Transcript presentasi:

1 LOGO SOSIOLOGI POLITIK The Fan Democrary “Penggerak Demokrasi”

2 Penggerak demokrasi  Dalam kegiatan politik, diharapkan adanya media yang mampu menarik keterlibatan penonton atau audiens sehingga penonton dengan mudah memahami hal-hal yang berkaitan dalam bidang perpolitikan dan dapat diimplementasikan oleh para penonton dalam kehidupan sehari-hari.  Jika diimplementasikan dalam kehidupan sehari-hari kita sering melihat hal-hal yang berkaitan dalam keterlibatan penonton pada suatu acara tertentu ditelevisi.

3  Misalnya seorang yang mempunyai idola yang sering kita sebut artis, ia dapat melakukan keterlibatan pada idolanya tersebut dengan menghiasi dinding kamar mereka dengan gambar atau poster idola faforitnya dan melihat idolanya tersebut tanpa memikirkan uang atau jarak, karena mereka sudah memiliki rasa simpati terhadap idolanya.

4  Dalam keterlibatan perpolitikan masyarakat tidak hanya menjadi seorang penonton yang memberikan suara saja melainkan harus aktif dan berpartisipasi yang dapat dilakukan melalui diskusi, kreatifitas dan ikut serta dalam organisasi politik. Kmudian masyarakat dapat menjadi penggerak dalam perpolitikan untuk memajukan hal-hal yang berkaitan dengan perpolitikan dinegaranya dengan cara mengeluarkan pendapat, komentar ataupun saran agar terciptanya kemajuan dimasa yang akan datang.

5 Konsistensi Politik dan Masyarakat  Kegiatan politik umumnya dianggap sebagai intisari dari sebuah proses perpolitikan yang dilakukan oleh warga Negara yang berkelut dalam bidang politik, dalam kegiatan plitik ini terdapat susunan bagaimana anggota-anggota dari politik itu memberikan informasi tentang urusan politik untuk dipublikasikan kepada masyarakat dan bagaimana caranya untuk menyelesaikan permasalahan dalam politik dengan adanya jalan musyawarah dan diskusi.

6 PENDUKUNG KEGIATAN POLITIK  Dalam kegiatan pendukung ini dapat di contohkan di Nancy Baym’s / sabun All My Children (studi kasus komunitas yang berkembang di seluruh Amerika). Para pengemar sabun tersebut berpartisipasi dalam group berita Usenet dan mengamati interaksi diantara para penggemarnya, yang kemudian dari tahun ke tahun diamati apakah banyak perubahan dalam group. Dalam kegiatan ini orang yang berpartisipasi dapat memperoleh informasi dan diskusi dengan sesama anggota warga negara.

7 Penggerak investasi dan investasi kewarganegaraan  Dalam perpolitikan,investasi emosi atau investasi afektif tidak pernah ditolak keberadaanya.hal ini diumpamakan seperti keterlibatan seorang penggemar terhadap idolanya atau terhadap benda kesayangannya dimana didalamnya terdapat interaksi emosional.

8  Marcus dan rekan-rekan peneliti menyimpulkan bahwa asumsi umum dalam politik itu adalah emosi,yang mengakibatkan kegagalan akal dan berkurangnya penilaian dan hampir pasti dikatakan palsu.

9 kewarganegaraan  Budaya sangat berpengaruh dalam politik, karena budaya dijelaskan dari unsur-unsur budaya popular tersebut menghasilkan investasi untuk keuntungan pihak yang terkait. Dari system perpolitikannya tidak aneh bahwa dalam system pemungutan suaranya juga tidak lepas dari system pemilu. Dalam bahasan budaya popular sendiri dibedakan semiotean antara struktur sigmatik dan pragmatik,dimana stukur sigmatik mengacu pada suatu hal yang menghubungkan budaya menjadi suatu tanda yang konsisten dan kreatif

10 Diagram Budaya popular PragmatikStruktur Sigamatik Dalam bahasan budaya popular sendiri dibedakan semiotean antara:

11  Struktur sigmatik mengacu pada suatu hal yang menghubungkan budaya menjadi suatu tanda yang konsisten dan kreatif.  Sedangkan struktur pragmatic mengacu pada pilihan tertentu dan tidak adanya tanda-tanda dari stuktur yang lain.

12 LOGO


Download ppt "LOGO SOSIOLOGI POLITIK The Fan Democrary “Penggerak Demokrasi”"

Presentasi serupa


Iklan oleh Google