Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

RASA TAKUT ITU PERLU Week of Prayer: SLA/PTASN, Pematangsiantar Jumat Malam, 02 Nopember 2007.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "RASA TAKUT ITU PERLU Week of Prayer: SLA/PTASN, Pematangsiantar Jumat Malam, 02 Nopember 2007."— Transcript presentasi:

1 RASA TAKUT ITU PERLU Week of Prayer: SLA/PTASN, Pematangsiantar Jumat Malam, 02 Nopember 2007

2 LS No. 113 TUHAN BATU KARANG KITA 1.Tuhan batu karang kita, Pelindung dalam bahaya Meski apapun menimpa, Pelindung dalam bahaya Ulangan: Tuhan ku, batu karang ku Pelindung yang maha kuasa Pemimpin, pada jalan ku Pelindung dalam bahaya

3 2.Siang malam Tuhan jaga, Pelindung dalam bahaya Ketakutan ku hilanglah, Pelindung dalam bahaya 3.Tuhan serta dalam taufan, Pelindung dalam bahaya Ia slalu meluputkan, Pelindung dalam bahaya 4.Oh batu karang yang teguh, Pelindung dalam bahaya Engkau saja penolongku, Pelindung dalam bahaya

4 BER-TE-MU JURU SLA-MAT-KU SE-JAK DIA SUCI-KAN-KU KU-DA-TANG KEPA-DA YE-SUS DIA U-BAH SE-LU-RUH HI-DUP-KU Reff : DIA JA-MAH, SGNAP HI-DUP-KU DAN OH DA-MAI DI-HA-TI-KU SE-MUA TLAH B’RU-BAH DAN A-KU TAU, DIA JA-MAH KU JADI BA-RU

5 Logo AMSAL 9:10 Permulaan hikmat adalah takut akan TUHAN, dan mengenal Yang Mahakudus adalah pengertian.

6 SURVEY TENTANG TAKUT AKAN ALLAH: Hanya sedikit Pendeta menggap bahwa takut akan Allah adalah sebuah dorongan yang pantas untuk menimbulkan kepatuhan

7 SAAT INI… -Orang beranggapan tidak pantas berbicara tentang takut akan Tuhan -Sebagian orang berkata bahwa kalau kita membicarakan mengenai takut akan Tuhan, kepada anak-anak maka hal itu akan akan menyebabkan kerusakan dan amat berbahaya.

8 1 Sam 15:3 “Jadi pergilah sekarang, kalahkanlah orang Amalek, tumpaslah segala yang ada padanya, dan janganlah ada belas kasihan kepadanya. Bunuhlah semuanya, laki-laki maupun perempuan, kanak- kanak maupun anak-anak yang menyusu, lembu maupun domba, unta maupun keledai." Alkitab PB seringkali menggambarkan Allah itu seperti Oknum bengis dan kejam.

9 Terus terang, Kita malu tentang ayat-ayat seperti itu yang memperlihatkan Allah sebagai pembunuh para wanita, anak-anak, dan binatang karena semuanya tidak konsisten dengan yang kita ketahui yaitu Allah yang kasih!

10 Logo Tetapi Walau bagaimanapun Alkitab mendorong kita untuk takut akan Allah dan mengajarkan kepada anak- anak kita untuk takut akan DIA juga.

11 SAAT BANGSA ISRAEL HENDAK MEMASUKI TANAH KANANAN, MUSA MEMBERIKAN PETUNJUK BERIKUT:SAAT BANGSA ISRAEL HENDAK MEMASUKI TANAH KANANAN, MUSA MEMBERIKAN PETUNJUK BERIKUT: “Seluruh bangsa itu berkumpul, laki-laki, perempuan dan anak-anak, dan orang asing yang diam di dalam tempatmu, supaya mereka mendengarnya dan belajar takut akan TUHAN, Allahmu, dan mereka melakukan dengan setia segala perkataan hukum Taurat ini,” (ULANGAN 31:12)

12 MUSA PERCAYA: Bahwa takut akan Allah yang sejati adalah warisan terbesar yang dapat diturunkannya kepada bangsa Israel sebelum ia pergi untuk memperoleh upahnya

13 TAKUT AKAN ALLAH AKAN MEMBUAT KITA LEBIH SEHAT DAN LEBIH BAIK

14 Takut akan Allah menolong kita arah mana yang akan kita tempuh Dalam masalah yang kita hadapi! “Siapakah orang yang takut akan TUHAN? Kepadanya TUHAN menunjukkan jalan yang harus dipilihnya.... TUHAN bergaul karib dengan orang yang takut akan Dia, dan perjanjian-Nya diberitahukan-Nya kepada mereka. (Mazmur 25:12,14)

15 Apakah anda menginginkan perlindungan dari musuh-musuh anda? “Malaikat TUHAN berkemah di sekeliling orang-orang yang takut akan Dia, lalu meluputkan mereka.” Mazmur 34:8

16 Apakah anda menginginkan umur panjang? “Takut akan TUHAN memperpanjang umur, tetapi tahun-tahun orang fasik diperpendek.” (AMSAL 10:27)

17 APAKAH ANDA INGIN MENJAUH DARI GODAAN? ”Dengan kasih dan kesetiaan, kesalahan diampuni, karena takut akan TUHAN orang menjauhi kejahatan.” (AMSAL 16:6)

18 APAKAH ANDA INGIN MENIKMATI KWALITAS HIDUP YANG LEBIH BAIK DIBANDING DENGAN YANG SEKARANG ANDA SEDANG ALAMI? “Ganjaran kerendahan hati dan takut akan TUHAN adalah kekayaan, kehormatan dan kehidupan.” (AMSAL 22:4)

19 SALOMO MEMULAI KOLEKSI HIKMATNYA DENGAN PRINSIP DASAR “TAKUT AKAN TUHAN” Amsal 1:7 “Takut akan TUHAN adalah permulaan pengetahuan, tetapi orang bodoh menghina hikmat dan didikan.” Amsal 9:10 “Permulaan hikmat adalah takut akan TUHAN, dan mengenal Yang Mahakudus adalah pengertian.”

20 Kata Ibrani yang diterjemahkan sebagai “Permulaan” dalam ayat diatas berarti: Teratas Puncak Hulu Sungai

21 Kenneth Boa dan Gail Burnett Takut akan Tuhan bukan sebuah panggung agmawi atau paham yang diatasnya kita mengumpulkan fakta-fakta tentang Allah. Takut akan Tuhan membuka saluran yang dilalui aliran pengetahuan ilahi dari mata air kebenaran ke arah kita.

22 Logo RAJA SOLAIMAN:  Hikmat dimulai dan diakhiri oleh Takut akan Tuhan.  Amsal 2:4-5 “jikalau engkau mencarinya seperti mencari perak, dan mengejarnya seperti mengejar harta terpendam, maka engkau akan memperoleh pengertian tentang takut akan TUHAN dan mendapat pengenalan akan Allah.”

23 TIGA ARTI “TAKUT AKAN ALLAH” Takut akan ALLAH berarti.... (1)RASA HORMAT TERHADAP KUASA ALLAH (2)RASA HORMAT TERHADAP KEKUDUSAN ALLAH (3)SUATU PENGATURAN KEMBALI AKAN TINGKAH LAKU KITA AGAR SESUAI DENGAN KEHENDAK ALLAH Takut akan ALLAH berarti.... (1)RASA HORMAT TERHADAP KUASA ALLAH (2)RASA HORMAT TERHADAP KEKUDUSAN ALLAH (3)SUATU PENGATURAN KEMBALI AKAN TINGKAH LAKU KITA AGAR SESUAI DENGAN KEHENDAK ALLAH

24 1. RASA HORMAT TERHADAP KUASA ALLAH Takut akan Allah berarti, “kita merasa kewalahan karena kebesaran Allah baik secara: intelektual, emosional, dan spiritual.” Salah satu hal yang dapat menyatakan kemuliaan dan kebesaran Allah ialah melalui melihat alam ciptaan-Nya.

25 NAPOLEON BONAPARTE: Suatu kali sedang mengadakan perjalanan di atas sebuah kapal perang di tengah-tengah Laut Tengah. Pada suatu malam yang berbintang sang komandan besar itu melewati satu kelompok tentaranya yang sedang mencemooh pemikiran tentang “seorang Allah di Surga.” Napoleon berhenti, melambaikan tangannya ke arah bintang-bintang, dan menyatakan,: “Tuan-tuan, anda harus menyingkirkan semua ini lebih dahulu.”

26 NAPOLEON SALAH SAMA SEKALI Kita tidak dapat menyingkirkan semuanya itu. Seluruh alam semesta menyerukan kebesaran kuasa Allah

27 COBA ANDA RENUNGKAN: Kita hidup dalam galaksi Bimasakti. Jika kita naik ke atas sebuah pesawat ruang angkasa yang bergerak seperti kecepatan cahaya, diperlukan waktu tahun bagi kita hanya untuk menyeberangi galaksi Bimasakti dari ujung yang satu ke ujung yang lainnya. Dan galaksi kita hanyalah satu di antara miliaran galaksi di alam semesta ini Bagaimana mungkin alam semesta muncul? Siapa yang menciptakannya? Tidaklah mengherankan jika ayah Solaiman, Daud berseru: “Langit menceritakan kemuliaan Allah, dan cakrawala memberitakan pekerjaan tangan-Nya.” (Mazmur 19:2)

28 KEMUDIAN, MARI KITA MERENUNGKAN KEAJAIBAN HIDUP INI Ahli evolusi berkata: Kehidupan terjadi sebagai hasil dari “kemungkinan acak” Apakah benar, bahwa kemungkinan dari asam-asam amino yang tepat untuk secara acak berkumpul dan membentuk satu molekul protein yang fungsional saja yang diperlukan untuk menciptakan sebuah organisme hidp?

29 Menurut para Ahli BiOLOGY: l Kemungkinan tersebut ada diantara1 s/d 10 pangkat 160. (Angka 1 dengan 160 nol dibelakangnya). l Seorang penulis membandingkan kemungkinan itu bagaikan seorang yang matanya ditutup dan berusaha untuk menemukan satu butir pasir yang telah ditandai di suatu tempat di gurun SAHARA dan melakukannya sampai 3 kali.

30 Logo SIR FREDERICK HOYLE, seorang yang tadinya Atheis kemudian bertbat berkata begini:  Kemungkinan dari satu protein secara acak terbentuk sama besarnya dengan kemungkinan suatu angin pusaran menyapu melalui sebuah gudang barang rongsokan dan membentuk sebuah pesawat jet 747 yang sepenuhnya mampu beroperasi

31 TAKUT AKAN ALLAH BERARTI: Terpesona terhadap Allah yang melemparkan alam semesta ini ke dalam keberadaannya dengan satu kalimat saja dan yang menciptakan kita dari debu.Terpesona terhadap Allah yang melemparkan alam semesta ini ke dalam keberadaannya dengan satu kalimat saja dan yang menciptakan kita dari debu.

32 2. RASA HORMAT TERHDAP KEKUDUSAN ALLAH Allah memang baik, tetapi DIA juga adalah Raja! Kesadaran ini seharusnya membuat lutut kita bergetar sedikit saat kita datang menyembah-Nya. Allah tidak mau kita “ketakutan” kepada-Nya tetapi Dia mau agar kita “menghormatinya.”

33 SALOMO menghubungkan takut Akan Allah dengan kekudusan Allah Permulaan hikmat adalah takut akan TUHAN, dan mengenal Yang Mahakudus adalah pengertian. Permulaan hikmat adalah takut akan TUHAN, dan mengenal Yang Mahakudus adalah pengertian.(AMSAL9:10)

34 KEKUDUSAN ADALAH MERUPAKAN SUATU ISTILAH THEOLOGIA YANG SERING DIGUNAKAN DALAM DUNIA KEKRISTENAN, TETAPI SANGAT JARANG DIMENGERTI ARTINYA

35 KATA “KUDUS” BERARTI:  MEMISAHKAN  MEMOTONG JADI, ISTILAH ALLAH ADALAH KUDUS, berarti: IA TERPISAH ATAU BERBEDA DARI KITA

36 DENGAN DEMIKIAN… Takut akan Tuhan adalah kesadaran yang mengejutkan tentang kemuliaan, keagungan, dan kuasa Allah, serta tentang hak-Nya dalam kedaulatan mutlak atas ciptaanNya

37 NABI YESAYA MENGENAI KEKUDUSAN ALLAH: “Dan mereka berseru seorang kepada seorang, katanya: "Kudus, kudus, kuduslah TUHAN semesta alam, seluruh bumi penuh kemuliaan-Nya!... Lalu kataku: "Celakalah aku! aku binasa! Sebab aku ini seorang yang najis bibir, dan aku tinggal di tengah-tengah bangsa yang najis Yesaya 6:3,5

38 SETELAH PETRUS MENYADARI BAHWA YESUS YANG DIIKUTINYA ITU ADALAH ALLAH, MAKA IAPUN BERKATA: "Tuhan, pergilah dari padaku, karena aku ini seorang berdosa."

39 YESAYA 59:2 ALLAH MANUSIA

40 3. SUATU PENGATURAN KEMBALI AKAN TINGKAH LAKU KITA AGAR SESUAI DENGAN KEHENDAK ALLAH Jika kita percaya kepada keselamatan dari Kristus, kita menjadi salah seorang anak Allah…kita dapat masuk kedalam hadirat-Nya sebagai seorang anak laki- laki atau anak perempuan.

41 RASUL PAULUS menggambarkan perubahan hubungan itu dalam Galatia 4:6-7 “Dan karena kamu adalah anak, maka Allah telah menyuruh Roh Anak-Nya ke dalam hati kita, yang berseru: "ya Abba, ya Bapa! Jadi kamu bukan lagi hamba, melainkan anak; jikalau kamu anak, maka kamu juga adalah ahli-ahli waris, oleh Allah.”

42 Logo KATA ABBA (ARAM) berarti AYAH  Karena pengampunan yang diberikan Allah kepada kita melalui Yesus Kristus, kita sebenarnya dapat memanggil DIA, PAPA atau AYAH!  Kita dapat mengasihi Allah dan masih mempunyai rasa hormat yang benar terhadap kuasa-Nya dan penghargaan terhadap kekudusan-Nya

43 RASA TAKUT KITA KEPADA ALLAH Membuat kita ketakutann terhadap akibat-akibat ketidak patuhan. Kesadaran bahwa suatu hari nanti kita berdiri dihadapan-Nya adalah merupakan sebuah modal yang penuh kuasa untuk mematuhi Dia.

44 SOLAIMAN PADA MASA TUANYA BERKATA: Akhir kata dari segala yang didengar ialah: takutlah akan Allah dan berpeganglah pada perintah-perintah- Nya, karena ini adalah kewajiban setiap orang. Karena Allah akan membawa setiap perbuatan ke pengadilan yang berlaku atas segala sesuatu yang tersembunyi, entah itu baik, entah itu jahat. (Pengkhotbah 12:13-14)

45 CERITA TENTANG HUBUNGAN ANTARA KASIH, RASA TAKUT, dan KEPATUHAN oleh: Donald Grey Barnhouse

46 Beberapa tahun lalu Donald Grey, menikahkan sepasang orang muda... Setelah beberapa minggu dari masa bulan madunya, Donald Grey bertemu dengan keluarga muda itu di gereja dan bertanya kepada si pengantin pria. Bagaimana, apakah istrimu telah memasak “hangus” daging sapi panggang untuk makan malam kalian pertama sekali setelah berkeluarga?

47 Pengantin baru itu pun kemudian tertawa secara bersamaan! Kemudian istrinya berkata, “Oh, saya memang takut bahwa saya akan melakukannya. Saya membaca begitu banyak hal tentang pengantin wanita yang tidak dapat memasak sehingga saya memutuskan bahwa John suami saya akan mendapatkan hidangan terbaik yang dapat saya siapkan dalam keluarga kami.

48 Jadi oleh karena itu saya sudah mulai bangun sejak jam pagi. Saya mulai bekerja mempersiapkan makanan untuk John, saya ingin agar sesuatunya berlangsung dengan baik. Dan tentu saja, ia pulang sedikit agak terlambat, dan saya begitu takut bahwa semuanya akan menjadi basi.” Kemudian Donald Grey menyela perkataan itu dan berkata. “Anda sudah tiga kali mengatakan bahwa anda merasa takut. Apakah anda pikir bahwa John akan memukul anda? Kemudian si wanita itu berkata, “Tentu saja tidak.” Dan ia memandang John suaminya dengan seluruh cinta yang ada di mata dan hatinya. Kemudian Donald Grey berkata, lho, anda katakan anda takut! Kemudian wanita itu menjawab: “Anda tahu apa maksud saya”

49 DONALD GREY TAHU: Rasa takut wanita pengantin baru itu bukanlah “ketakutan.”Rasa takut wanita pengantin baru itu bukanlah “ketakutan.” Rasa takutnya adalah keinginan yang sangat besar untuk melayani orang yang telah memberikan seluruh dirinya kepadanya. Dan dalam kasus ini, rasa takut wanita itu kepada suaminya John, adalah merupakan awal keahliannya dalam memasak!Rasa takutnya adalah keinginan yang sangat besar untuk melayani orang yang telah memberikan seluruh dirinya kepadanya. Dan dalam kasus ini, rasa takut wanita itu kepada suaminya John, adalah merupakan awal keahliannya dalam memasak!

50 APAKAH ANDA MEMPUNYAI RASA TAKUT KEPADA ALLAH? Sementara anda tidur setiap malam, apakah anda menyadari bahwa hanya karena kehendakNya jantung anda terus berdenyut sepanjang malam dan anda terbangun pada pagi hari? Pernahkah anda merenungkan seperti apa rasanya jika anda menutup mata untuk terakhir kalinya dan terbangun dalam hadirat Allah untuk menghadapi penghakiman-Nya?

51 APAKAH ANDA MENGASIHI ALLAH DENGAN SEGENAP HATI ANDA? RASA TAKUT AKAN TUHAN ADALAH PERMULAAN HIKMAT… DAN SOLAIMAN MENGATAKAN, BAHWA ITULAH RAHASIA UNTUK MENGALAMI KEHIDUPAN YANG LEBIH BAIK, DISINI…. DALAM HIDUP KITA SEKARANG INI.RASA TAKUT AKAN TUHAN ADALAH PERMULAAN HIKMAT… DAN SOLAIMAN MENGATAKAN, BAHWA ITULAH RAHASIA UNTUK MENGALAMI KEHIDUPAN YANG LEBIH BAIK, DISINI…. DALAM HIDUP KITA SEKARANG INI.

52 Malam ini adalah satu kesempatan bagi kita untuk bersama ambil bagian di dalam perjamuan suci, memakan roti yang dilambangkan tubuh Yesus yang dihancurkan di kayu salib. Minum anggur yang melambangkan darah Yesus yang tercurah di kayu salib. Mengikuti upacara Perjamuan Kudus adalah merupakan salah satu bukti bahwa kita TAKUT KEPADA ALLAH

53 Yesus menganjurkan kepada kita, sebelum kita mengambil bagian dalam perjamuan kudus, Kita lebih dahulu melakkan upacara pembasuhan kaki yang mengajarkan kita untuk TURUNK KEBAWAH dan belajar untuk mempraktekkan kerendahan hati satu dengan yang lain.. Bilamana seorang saling merendahkan hati dengan yang lain maka satu rumah tangga akan bahagia, satu sekolah akan menjadi aman dan tentram kalau setiap murid, setiap guru, mempunyai kerendahan hati.

54 Marilah kita saling mencuci kaki satu dengan yang lain, berdoalah satu dengan yang lain kepada Tuhan supaya kita diberikan sifat kerendahan hati. Semoga upacara perjamuan malam ini akan mendapat berkat

55 LS No. 100 BETAPA TEGUH PERSATUANNYA 1Betapa teguh persatuannya, Bersandar pada lengan Tuhan Damai ku dapat dan bahagia Bersandar pada lengan TUhan ULANGAN: Sandar, sandar, Sentosa dari bahaya Sandar, sandar, Bersandar pada lengan Allah

56 2.Betapa ringan langkah-langkah ku Bersandar pada lengan Tuhan Bertambahlah trang segnap jalan ku Bersandar pada lengan Tuhan 3.Apakah lagi yang ku takuti Bersandar pada lengan Tuhan Damai bahagia Tuhan akan bri Bersandar pada lengan Tuhan


Download ppt "RASA TAKUT ITU PERLU Week of Prayer: SLA/PTASN, Pematangsiantar Jumat Malam, 02 Nopember 2007."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google