Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Murah hati/ belas kasihan yang ditindak lanjuti dengan tindakan (bukan sekadar perasaan) Belas kasihan karena melihat penderitaan orang lain ( surat Paulus.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Murah hati/ belas kasihan yang ditindak lanjuti dengan tindakan (bukan sekadar perasaan) Belas kasihan karena melihat penderitaan orang lain ( surat Paulus."— Transcript presentasi:

1 Murah hati/ belas kasihan yang ditindak lanjuti dengan tindakan (bukan sekadar perasaan) Belas kasihan karena melihat penderitaan orang lain ( surat Paulus kpd jemaat Korintus ) Belas kasihan dalam rangka memulihkan hubungan ( doa pemungut cukai ) 5. Berbahagialah orang yang murah hatinya, karena mereka akan beroleh kemurahan (Matius 5:7) (Blessed are the merciful, for they will be shown mercy)

2 Kemampuan untuk melihat penderitaan orang lain dari sudut orang itu sehingga bisa ikut merasakan penderitaannya. Adanya rasa belas kasihan/ simpati pada orang yang menderita itu. Tindakan menolong.

3 Kemurahan bersumber dari sikap hati yang mengasihani dan mengampuni Samaria yang Murah Hati (Lukas 10:30-37) 1. Kemurahan hati menyembuhkan akibat dosa dalam hidup dengan sesama 2. Kemurahan hati tidak bersembunyi di belakang larangan agamawi utk melindungi diri sendiri dari pelayanan yang menuntut pengorbanan Sikap murah hati merupakan konsekuensi logis seorang anak Tuhan yang telah menerima Kristus dan menikmati anugerah Allah dalam hidupnya. Jikalau kita tidak bersikap murah hati, berarti kita belum menerima kemurahan pengampunan Kristus, maka kita pun tidak layak berharap mendapatkan kemurahan pada hari penghakiman kelak.

4 Dipakai untuk mengungkapkan kesucian Allah, karena Allah adalah suci dan murni Kesucian yang bersifat moralitas/ etis [baik-buruk] – surat Paulus kpd jemaat Filipi ) Kesucian yang diperoleh manusia, karena disucikan oleh Allah-darah Yesus (1Yoh. 1:7) S U C I 6. Berbahagialah orang suci hatinya, karena mereka akan melihat Allah.

5 Kebersihan hati, komitmen dan kehendak hati kepada Allah (Mazmur 24) Tidak ada kepalsuan dalam relasinya dengan Allah Melihat Allah dengan mata iman dan akan melihat kemuliaanNya yang sempurna di sorga kelak

6 J A N J I Orang yang murni / suci hatinya akan merasakan kehadiran Allah, merasa Allah dekat dengan dia, merasakan penyertaan Allah dan mengalami persekutuan yang indah dengan Allah.

7 Kata ‘damai’ yang dipakai di sini dalam bahasa Yunani adalah “Eirene” (Ibrani : Shalom). Kata ini tidak sekedar berarti ‘tidak bertengkar’, tetapi juga harus ada hubungan yang baik. Frase ‘orang yang membawa damai’ lebih baik diterjemahkan ‘orang-orang yang mengusahakan damai’ (peacemakers). 7. Berbahagialah orang yang membawa damai, karena mereka akan disebut anak- anak Allah (Blessed are the peacemakers, for they will be called sons of God)

8 Diam, menutup atau memberangus ( saat Yesus mengusir setan ) Rasa damai / aman yg diperoleh berkaitan dengan keharmonisan hubungan antar sesama, antar bangsa, antar manusia dgn Allah Damai sejahtera karena dampak/ akibat dari merahasiakan atau berdiam diri ( Yesus dimuliakan di atas gunung )

9 Misi Yesus sebagai pembawa damai adalah menghentikan permusuhan antara manusia dengan Allah dan bukan untuk mendamaikan permusuhan bangsa-bangsa dunia Orang yang membawa damai adalah orang yang memberitakan ‘kesejahteran‘/’keselamatan’`bagi sesamanya

10 J A N J I Allah disebut Allah damai sejahtera (1Tes. 5:23 Ibr. 13:20) Allah disebut sebagai sumber damai sejahtera (Rm. 15:33; 2Kor. 13:11) Mengusahakan damai adalah pekerjaan Allah (Ef. 2:1416; Kol. 1:20) ‘karena mereka akan disebut anak-anak Allah’ Jadi, sangat wajar jikalau orang yang mengusahakan damai disebut anak-anak Allah, karena mereka serupa dengan Allah dan melakukan apa yang Allah lakukan.

11

12

13 Yang disebut berbahagia adakah orang yang menderita/ dianiaya karena : 8. Berbahagialah orang yang dianiaya oleh sebab kebenaran, karena merekalah yang empunya Kerajaan Sorga (Blessed are those who are persecuted because of righteousness, for theirs is the kingdom of heaven)

14 A N I A Y A (Dioko)

15


Download ppt "Murah hati/ belas kasihan yang ditindak lanjuti dengan tindakan (bukan sekadar perasaan) Belas kasihan karena melihat penderitaan orang lain ( surat Paulus."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google