Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

MARDIANA RATNA SARI, 3353404023 FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KERAWANAN PANGAN RUMAH TANGGA MISKIN DI DESA WIRU, KECAMATAN BRINGIN KABUPATEN SEMARANG.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "MARDIANA RATNA SARI, 3353404023 FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KERAWANAN PANGAN RUMAH TANGGA MISKIN DI DESA WIRU, KECAMATAN BRINGIN KABUPATEN SEMARANG."— Transcript presentasi:

1 MARDIANA RATNA SARI, FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KERAWANAN PANGAN RUMAH TANGGA MISKIN DI DESA WIRU, KECAMATAN BRINGIN KABUPATEN SEMARANG.

2 Identitas Mahasiswa - NAMA : MARDIANA RATNA SARI - NIM : PRODI : Ekonomi Pembangunan - JURUSAN : Ekonomi Pembangunan - FAKULTAS : Ekonomi - cemplont_bgt pada domain yahoo.com - PEMBIMBING 1 : DRS. BAMBANG PRISHARDOYO, M.SI - PEMBIMBING 2 : Dr. P. EKO PRASETYO, M.SI - TGL UJIAN :

3 Judul FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KERAWANAN PANGAN RUMAH TANGGA MISKIN DI DESA WIRU, KECAMATAN BRINGIN KABUPATEN SEMARANG.

4 Abstrak Desa Wiru merupakan desa di Kecamatan Bringin Kabupaten Semarang yang memiliki jumlah rumah tangga miskin lebih dari 60 %. Dari 950 KK, 612 KK merupakan keluarga rawan pangan. Dengan pertimbangan tersebut maka oleh pemerintah Kabupaten Semarang desa Wiru ditetapkan sebagai desa rawan pangan dengan keputusan Bupati Semarang nomor: 520 / 0187 /2007 Masalah dalam penelitian ini adalah apakah faktor- faktor tingkat pendapatan, tingkat pendidikan dan kepemilikan asset produktif mempengaruhi kerawanan pangan rumah tangga miskin di Desa Wiru dan strategi yang tepat untuk mengatasi kerawanan pangan yang terjadi di Desa Wiru. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh masing – masing variabel dan mengetahui strategi yang tepat untuk mengatasi kerawanan pangan. Populasi penelitian ini berjumlah 612 rumah tangga rawan pangan, sampel sebanyak 86 rumah tangga rawan pangan yang diambil dengan teknik Cluster Proporsional Random Sampling. Variabel dalam penelitian ini adalah tingkat pendapatan, tingkat pendidikan, kepemilikan asset produktif dan kerawanan pangan. Metode pengumpulan data yang digunakan dokumentasi, dan kuesioner (angket). Metode analisis data yang digunakan Model Regresi Linier Berganda dan analisis SWOT Secara bersama-sama pendapatan, pendidikan dan kepemilikan aset produktif berpengaruh terhadap kerawanan pangan rumah tangga miskin di Desa Wiru Kecamatan Bringin Kabupaten Semarang ditunjukkan dari hasil uji F sebesar 31, 695 dengan signifikansi 0,00. Sedangkan koefisien regresi parsial antara tingkat pendapatan dengan kerawanan pangan di Desa Wiru sebesar -0253, Tigkat pendidikan sebesar -0531, Kepemilikan aset produktif dengan sebesar -0,398. dengan nilai koefisien determinasi sebesar 52%. Sedangkan strategi untuk mengatasi kerawanan pangan adalah strategi integrasi horisontal dan stabilitas yaitu berkonsentrasi pada program yang ingin dicapai dengan dasar kekuatan atau pertumbuhan dari rumah tangga itu sendiri Kesimpulan dari penelitian adalah ada pengaruh negatif antara variabel X dengan variabel Y, yaitu semakin tinggi tingkat pendapatan, pendidikan dan kepemilikan aset produktif maka angka kerawanan pangan semakin kecil. Strategi yang digunakan integrasi horisontal. Saran yang dapat diberikan bagi pemerintah lebih memberikan perhatian pada daerah rawan pangan dengan membuat kebijakan pemberdayaan rumah tangga rawan pangan, bagi rumah tangga rawan pangan perlu mengupayakan tersedianya pangan rumah tangga dengan menanam tanaman pangan di pekarangannya, dan mencari peluang usaha di luar sektor pertanian.

5 Kata Kunci Kerawanan Pangan, Rumah Tangga Rawan Pangan, Pendapatan, pendidikan, Kepemilikan Aset Produktif, Strategi Penanggulangan Kerawanan Pangan

6 Referensi Arifin, Bustanul Spektrum Kebijakan Pertanian Indonesia Telaah Struktur, Kasus, dan Alternatif. Strategi. Jakarta:Erlangga Amar, Syamsul Kajian Kemiskinan di Pedesaan Propinsi Sumatera Barat. Jurnal Ekonomi Pembangunan. Vol 7, No.2. hal Badan Ketahanan Pangan Pedoman Umum Program Aksi Desa Mandiri Pangan (MAPAN). Depatemen Pertanian Badan Ketahanan Pangan Pedoman Operasional Program Aksi Desa Mandiri Pangan. Depatemen Pertanian Baliwati Model Evaluasi Ketahanan Pangan Rumah Tangga Petani Desa Sukajadi Kecamatan Ciomas Kabupaten Bogor (http://pse.litbang.deptan.go.id/ind/pdffiles/Mono26-2.pdf) 4Agustus 2008 BPS Kabupaten Semarang Dalam Angka.Prov Jawa Tengah:BPS BPS Produk Domestik Regional Bruto Kabupaten Semarang. Kab Semarang:BPS Djamali, Abdoel Manajemen Usaha Tani. Departemen Pendidikan Nasional: Politeknik Pertanian Negeri Jember Jurusan Manajemen Agribisnis Eddy Wibowo, Mungin dkk Panduan Penulisan Karya Ilmiah. Universitas Negeri Semarang Hardiansyah Konsep Ketehanan Pangan Rumah Tangga (http://damandiri.or.id./file/wahidipbtinjauan.pdf 19 Juni 2008 Khomsan, Ali dkk Pengantar Pangan Dan Gizi. Jakarta: Penebar Swadaya Kunaryo Hadikusumo,1995.Pengantar Pendidikan.Semarang.IKIP Semarang Press Kuncoro, Mudrajad Ekonomi Pembangunan : Teori, masalah dan kebijakan. Yogyakarta : UPP AMPYKPN. Nainggolan, Kaman Peningkatan Ketahanan Pangan Masyarakat. Perusahaan Umum BULOG:Jurnal Pangan Maxwell dan Frankenberger.1992 Konsep Ketahanan Pangan Rumah Tangga (http://damandiri.or.id./file/wahidipbtinjauan.pdf) 19 Juni 2008 Mubyarto Ekonomi Rakyat Program IDT dan Demokrasi Ekonomi Indonesia. Yogyakarta : ADITYA MEDIA Rangkuti, freddy Analisis Swot: Teknik membelah Kasus Bisnis Reorientasi Konsep Perencanaan Strategi Untuk Menghadapi Abab 21. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama. Salim, Emil Perencanaan Pembangunan dan Pemerataan Pendapatan. Jakarta: Yayasan Idayu. Soetrisno, Loekman Pertanian Pada Abad 21. Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi: Dep Pendidikan Dan Kebudayaan Soetrisno, Noer Strategi Pembangunan Ketahanan Pangan. Perusahaan Umum BULOG: Jurnal Pangan Suhardjo Konsep Ketahanan Pangan Rumah Tangga (http://damandiri.or.id./file/wahidipbtinjauan.pdf 19 Juni 2008 Suharsini Prosedur Penelitian:Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta Sukandar Konsep Ketahanan Pangan Rumah Tangga (http://damandiri.or.id./file/wahidipbtinjauan.pdf 19 Juni 2008 Suryana, Achmad Kapita Selekta Evolusi Pemikiran Kebijakan Ketahanan Pangan. Yogyakarta: BPFE Tohir, Kaslan Pengantar Ekonomi Pertanian. Yogyakarta: LP3S Umar, Husein. !998.Metode Penelitian untuk skripsi dan Tesis. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada. Widowati, S Diversifikasi Pangan Sebagai Upaya Mengatasi Kerawanan Pangan. Perusahaan Umum BULOG: Jurnal Pangan Winardi Kamus Ekonomi. Bandung : Alumni

7 Terima Kasih


Download ppt "MARDIANA RATNA SARI, 3353404023 FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KERAWANAN PANGAN RUMAH TANGGA MISKIN DI DESA WIRU, KECAMATAN BRINGIN KABUPATEN SEMARANG."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google