Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

PERTEMUAN 4 A NALISIS L INGKUNGAN EKSTERNAL: P ELUANG, A NCAMAN, P ERSAINGAN I NDUSTRI, DAN A NALISIS P ESAING.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "PERTEMUAN 4 A NALISIS L INGKUNGAN EKSTERNAL: P ELUANG, A NCAMAN, P ERSAINGAN I NDUSTRI, DAN A NALISIS P ESAING."— Transcript presentasi:

1 PERTEMUAN 4 A NALISIS L INGKUNGAN EKSTERNAL: P ELUANG, A NCAMAN, P ERSAINGAN I NDUSTRI, DAN A NALISIS P ESAING

2 Eksternal Lingkungan Eksternal Perusahaan PERUSAHAAN Economic Social Politic Lingkungan Umum (Global & Domestik) Tecnological Ecological LingkunganIndustri (Global & Domestik) Bayer Power Substitute Availability Entry Bariers Supplier Power Competitive rivalry Lingkungan Operasional (Global & Domestik) Competitors Creditors Labor Supplier Customers

3 Lingkungan Bisnis Cerita yang berhubungan dengan: Tantangan Peluang - Trend - Megatrend Tugas Pelaku Bisnis - Trend Takers - Opportunity Seekers 6 Lingkungan Makro: Demografi Ekonomi Alam Teknologi Politis legal Sosial budaya

4 Analisis Lingkungan Eksternal Proses Analisis LIngkungan: Scanning, identifikasi perubahan awal lingkungan dan tren. Monitoring, menemukan arti melalui observasi terus menerus terhadap perubahan lingkungan dan tren. Forecasting, proyeksi perkiraan hasil berdasarkan perubahan dan trend yang dimonitor. Assessing, menentukan waktu dan arti penting dari perubahan lingkungan dan tren terhadap strategi dan manajemen perusahaan,

5 Analisis Lingkungan Bisnis Deskripsi & Prediksi Lingkungan Ekonomi Lingkungan Politik Lingkungan Hukum Lingkungan Sosial- Budaya Lingkungan Teknologi Lingkungan Global Peluang dan Ancaman Implikasi Antisipasi Strategis Prospek perusahaan

6 Analisis Struktur Industri Ancaman Pendatang Baru Daya Tarik Konsumen Daya Tawar Supplier Ancaman dari Barang dan Jasa Substitusi Persaingan antar Kompetitor yang telah ada

7 Tantangan Pendatang Baru Skala Ekonomi (biaya murah). Diferensiasi (keunkan) Produk. Persyaratan Modal. Switching Coast (biaya beralih produk atau perusahaan lain). Akses ke jalur distribusi. Cost disadvantage Independent of scale (keunggulan biaya selain skala ekonomis; lokasi, subsidi, bahan baku). Kebijakan Pemerintah, lisensi, tata niaga. Expected Retaliation; reaksi pesaing yang diantisipasi. Halangan masuk (Barier to entry)

8 Kekuatan Tawar Pemasok Pemasok sangat kuat: Industri pemasok didominasi oleh hanya sedikit perusahaan. Produk pemasok hanya sedikit memiliki pengganti/substitutes Pembeli bukan pelanggan yang penting bagi pemasok. Produk si pemasok merupakan input yang penting bagi produk pembeli. Produk pemasok didiferensiasikan. Produk pemasok memiliki switching cost yang tinggi. Pemasok memiliki ancaman integrasi ke depan yang kuat. Pemasok menggunakan Kekuatannya dalam industri dengan cara: Mengancam menaikan harga danmenurunkan kuantitas. Pemasok yang kuat dapat menekan profitabilitas industri jika perusahaan tidak Mampu mengatasi Kenaikkan biaya.

9 Kekuatan Tawar Pembeli Pembeli menjadi kuat: Pembeli membeli dalam porsi yang besar dalam total produksi industri. Produk tidak dideferensiasikan (tidak ada standar produk). Pembeli hanya menghadap switching costs kecil. Pembeli bersaing dengan industri pemasok: Menawar dengan harga rendah. Menekankan dengan kualitas tinggi.

10 Rivalitas antar Pesaing dalam Industri yang sama Rivalitas yang kuat sering terjadi: Menjaga posisi strategik. Menggunakan kompetisi harga. Melancarkan perang iklan. Meningkatkan jaminan/pelayananpelanggan. Memperkenalkan produk baru. Terjadi ketika perusahaan tertekan/melihat peluang: Persaingan harga. Perang iklan.

11 Rivalitas antar Kompetitor yang Ada Persaingan terjadi karena: Banyak kompetitor yang seimbang. Pertumbuhan industri lambat. Biaya tetap yang tinggi. Biaya penyimpanan yang tinggi. Kurang diferensiasi atau switching cost rendah Penambahan kapasitas yang besar. Pesaing yang beraneka macam. Pertaruhan strategik tingkat tinggi. Hambatan keluar yang tinggi.

12 Analisis Pesaing Competitors Lingkungan Kompetitif Lingkungan Industri

13 Strategi saat ini Apakah strategi kita sekarang mendukung lingkungan kompetitif.? Asumsi Asumsi apa yang dipegang pesaing mengenai masa depan industri dan perusahaan mereka? Tujuan mendatang Bagaimana tujuan kita jika dibandingkan dengan tujuan pesaing? Kapabilitas Bagaimana kapabilitas kita jika dibandingkan dengan pesaing? Respon Apa yang akan dilakukan pesaing masa yang akan datang? Pada sisi apa kita memiliki keunggulan kompetitif? Bagaimana hal tersebut merubah hubungan kita dengan pesaing?

14 Tujuan mendatang Bagimana tujuan kita dibanding pesaing? Dimana perhatian akan diletakan pada masa yang akan datang. Bagaimana sikap terhadap risiko? Apa yang mendorong kompetitor?

15 Tujuan mendatang Bagimana tujuan kita dibanding pesaing? Dimana perhatian akan diletakan pada masa yang akan datang. Bagaimana sikap terhadap risiko? Strategi saat ini: Bagaimana kita berkompetisi saat ini? Apakah strategi ini mendukung perubahan dalam struktur kompetisi? Apa yang dilakukan pesaing? Apa yang bisa dilakukan pesaing?

16 Tujuan mendatang Bagimana tujuan kita dibanding pesaing? Dimana perhatian akan diletakan pada masa yang akan datang. Bagaimana sikap terhadap risiko? Strategi saat ini: Bagaimana kita berkompetisi saat ini? Apakah strategi ini mendukung perubahan dalam struktur kompetisi? Asumsi Apakah kita asumsikan masa depan akan bergejolak? Asumsi apa yang dipegang pesaing tentang industri dan diri mereka? Apakah kita asum sikan kondisi kompetisi yang stabil? Apa yang diyakini para pesaing tentang diri mereka dan industri ?

17 Tujuan mendatang Bagimana tujuan kita dibanding pesaing? Dimana perhatian akan diletakan pada masa yang akan datang. Bagaimana sikap terhadap risiko? Strategi saat ini: Bagaimana kita berkompetisi saat ini? Apakah strategi ini mendukung perubahan dalam struktur kompetisi? Asumsi Apakah kita asumsikan masa depan akan bergejolak? Asumsi apa yang dipegang pesaing tentang industri dan diri mereka? Apakah kita asum sikan kondisi kompetisi yang stabil? Kapabilitas Apa kelebihan dan kelemahan kompetitor? Bagaimana kapabilitas kita dibanding pesaing? Apa kapabilitas pesaing?

18 Tujuan mendatang Bagimana tujuan kita dibanding pesaing? Dimana perhatian akan diletakan pada masa yang akan datang. Bagaimana sikap terhadap risiko? Strategi saat ini: Bagaimana kita berkompetisi saat ini? Apakah strategi ini mendukung perubahan dalam struktur kompetisi? Asumsi Apakah kita asumsikan masa depan akan bergejolak? Asumsi apa yang dipegang pesaing tentang industri dan diri mereka? Apakah kita asum sikan kondisi kompetisi yang stabil? Kapabilitas Apa kelebihan dan kelemahan kompetitor? Bagaimana kapabilitas kita dibanding pesaing? Respon Apa yang akan dilakukan pesaing masa yang akan datang? Pada sisi apa kita memiliki keunggulan kompetitif? Bagaimana hal tersebut merubah hubungan kita dengan pesaing?

19 Berpikir Strategis untuk Bersaing Kehnichi Ohmae (The mind of strategist) - Company, strength, weakness. - Competitor - Customer - Plus Change (Hermawan Kertajaya) Changed drivers: - Teknologi - Ekonomi: pemerintah, industri. - Pasar - Aturan main int’l. - Globalisasi vs lokalisasi. - Struktur Customers - Enlightened: visi kedepan, pendidikan dan mempengaruhi orang lain. - Informationalized, banyak pilihan. - Empowered, merealisasikan keputusan. - Memuaskan konsumen: - Need Teori Maslow - Want - Expectation

20 Situasi Persaingan 5 kekuatan persaingan (Porter): Pendatang baru Pemasok Produk pengganti Pembeli/Pelanggan Antar perusahaan dalam industri yang sama. Key question: Berapa banyak? Agresif? Kapabilitas? Posisi tawar? Competitive Setting: Stabil: 2C (Custemer-Company), Interrupted: 2.5C (2C+mild Competitors). Complicate: 3C (Company, Custemer, Competitors). Sophisticated: 3.5C (3C+ discontinuos change). Chaos (hypercompetition): 4C

21 Pada saat Krisis Yang Menderita: Sektor korporat, moderen di perkotaan (bank, properti). Punya utang LN (offshore loan) usaha besar dan negara. Yang diuntungkan (tetap survive): UKM Agribisnis, Agroindustri Sektor orientasi ekspor. Otomotif, rokok. Mie, Hp, TV, minuman (Far Eastern Economic Review) Perdagangan, hotel dan restoran.

22

23

24 TUGAS KELOMPOK ANALISIS PESAING Analisislah SWOT STIE MDP dan Pesaingnya (STIE MUSI) SWOT STMIK MDP dan Univ BIDAR. Apa yang bisa dilakukan pesaing utk lebih unggul dan apa yang harus dilakukan STIE/STMIK utk lebih unggul.

25 Home Work Buat daftar produk substitusi minimal 10 ProdukSubstitusi Buat daftar produk/bisnis baru yg dapat mengancam produk lama yg sdh eksis..


Download ppt "PERTEMUAN 4 A NALISIS L INGKUNGAN EKSTERNAL: P ELUANG, A NCAMAN, P ERSAINGAN I NDUSTRI, DAN A NALISIS P ESAING."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google