Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Perspektif Amerika Serikat terhadap Krisis di Libya Vera Ayu Istikasari 20100510146 Politik dan Pemerintahan Amerika Serikat (2012)

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Perspektif Amerika Serikat terhadap Krisis di Libya Vera Ayu Istikasari 20100510146 Politik dan Pemerintahan Amerika Serikat (2012)"— Transcript presentasi:

1 Perspektif Amerika Serikat terhadap Krisis di Libya Vera Ayu Istikasari Politik dan Pemerintahan Amerika Serikat (2012)

2 Perspektif Amerika Serikat terhadap Krisis di Libya Latar Belakang Pengertian No Fly Zone Pandangan Amerika Serikat terhadap Krisis di Libya Amerika Serikat mengklasifikasikan Libya sebagai musuh Keuntungan Amerika Serikat terhadap Krisis Libya

3 Latar Belakang February 2011, keadaan politik di Libya memanas Rakyat Libya mengharapkan perubahan dan memaksa Muammar Gaddafi turun dari jabatannya. Gaddafi menolak untuk turun dari jabatannya, kemudian menggunakan kekuatan militer untuk menghentikan protes.

4 Tindakan Amerika Serikat Amerika Serikat mengecam tindakan Muammar Gaddafi dalam menangani protes warga Amerika Serikat kemudian mengajukan Resolusi No Fly Zone kepada dewan keamanan PBB 17 Maret 2011, Dewan Keamanan PBB mengeluarkan resolusi 1973 Resolusi 1973 berisi tentang No Fly Zone Resolution Intinya adalah untuk melindungi warga sipil tak bersalah.

5 Pengertian No Fly Zone No Fly Zone adalah sebuah wilayah di angkasa yang mana terlarang untuk beberapa jenis pesawat, khususnya pesawat militer (Andre De Nesnara) Resolusi No Fly Zone sering diartikan sebagai “penjajahan” secara de facto terhadap kedaulatan wilayah udara suatu negara (Michael N. Schmitt) Legal Basis of No Fly Zone  Chapter VII UN Charter

6 Pandangan Amerika Serikat terhadap Krisis di Libya Amerika Serikat menganggap bahwa Gaddafi sudah kehilangan legitimasi atas rakyat Libya (Presiden Obama) Amerika Serikat sangat mendukung langkah Dewan Keamanan PBB untuk mengeluarkan resolusi No Fly Zone di Libya (Susan Rice)

7 Amerika Serikat mengklasifikasikan Libya sebagai musuh Hubungan Amerika Serikat dan Libya sebenarnya hampir membaik ketika Libya menyatakan dukungan kepada Amerika Serikat dalam perang melawan terorisme Hubungan Amerika Serikat dengan Libya tidak pernah terwujud Hubungan Amerika Serikat dan Libya kembali memanas ketika tahun 2009 pengadilan Scotlandia memutuskan untuk membebaskan Al Megrahi yang merupakan terpidana peledakan pesawat Pan Am yang dikenal sebagai insiden Lockerbie Pmebebasan Al Megrahi disambut meriah di Libya

8 Al Megrahi diundang oleh Gaddafi dalam sebuah acara penyambutan Menteri Luar Negeri Amerika Serikat, Hilary Clinton menyebut pembebasan Al Megrahi adalah sebuah kesalahan Juru bicara gedung putih, Robert Gibbs menyebut penyambutan Al Megrahi sangat berlebihan sekaligus menjijikkan. Penyambutan Al Megrahi telah membuat pemerintah Amerika Serikat kecewa. Penyambutan itu melukai perasaan keluarga korban yang kebanyakan berasal dari Amerika Serikat.

9 Keuntungan Amerika Serikat terhadap Krisis Libya Libya adalah sebuah negara kaya minyak Produksi minyak mentah Libya mencapai 1,7 juta barrel per hari Amerika Serikat membutuhkan 20,6 juta barrel minyak mentah per hari Amerika melihat krisis Libya sebagai peluang untuk mengamankan sumur minyak mentah di Libya untuk dikuasai Selain itu, ada banyak perusahaan minyak Amerika Serikat yang beroperasi di kawasan Libya

10 Kesimpulan Amerika Serikat memandang Libya sebagai musuh. Kejadian-kejadian di masa lalu telah menciptakan perspektif yang buruk dari Amerika Serikat terhadap Libya. Di saat yang sama, Amerika Serikat juga memandang krisis di Libya bisa menjadi celah untuk menguasai ladang minyak di Libya, untuk mengamankan kepentingan nasional Amerika Serikat.

11 Referensi D.H.Agung., Khadafi Anjing Gila Dari Sahara. Narasi Yogyakarta Ricardo.D.A., Khadafi Jagoan Tanah Arab. Arus Timur Jakarta Schmitt.M.N., “Wings over Libya:The No-Fly Zone in Legal Perspective” diakses dari wings-over-libya.pdfhttp://www.yjil.org/docs/pub/o-36-schmitt- wings-over-libya.pdf Gertler.J., No-Fly Zones: Strategic, Operational, and Legal Considerations for Congress Congresional Research Service. Diakses dari “Libya: Background and U.S. Relations” diakses dari United Nation Security Council Resolution 1973” diakses dari ny.un.org/doc/UNDOC/GEN/N11/268/39/PDF/N pdf ny.un.org/doc/UNDOC/GEN/N11/268/39/PDF/N pdf

12 “United Nations Security Council Approves No Flying Zone in Libya” diakses dari ndex.html ndex.html “No Fly Zone: The Legal Position” diakses dari “US to Restore Diplomatic Relations to Libya” diakses dari libyan-american-terrorism-list libyan-american-terrorism-list “AS berang Khadafy bebaskan Al-Megrahi” diakses dari megrahi megrahi “Krisis Libya dan Harga Minyak’ diakses dari dan-harga-minyak dan-harga-minyak “Keuntungan Bagi Amerika Serikat” diakses dari


Download ppt "Perspektif Amerika Serikat terhadap Krisis di Libya Vera Ayu Istikasari 20100510146 Politik dan Pemerintahan Amerika Serikat (2012)"

Presentasi serupa


Iklan oleh Google