Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

DOSEN: LIDIA EVELINA, MM Event Management Jurusan DKV, UMN 2010 1 Perencanaan Event Lidia Evelina MM.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "DOSEN: LIDIA EVELINA, MM Event Management Jurusan DKV, UMN 2010 1 Perencanaan Event Lidia Evelina MM."— Transcript presentasi:

1 DOSEN: LIDIA EVELINA, MM Event Management Jurusan DKV, UMN Perencanaan Event Lidia Evelina MM

2 Event Management Jurusan DKV, UMN Langkah-langkah dalam Pembuatan Event 1. Tetapkan tema Event 2. Amati pasar (studi Kelayakan) 3. Kumpulkan data base yang cukup 4. Tentukan SDM yang akan menjadi Tim dalam Event tersebut 5. Tetapkan lokasi dan waktu penyelenggaraan event 6. Penentuan kontraktor 7. Menentukan organisasi, media massa dan lembaga pendukung 8. Menentukan acara dan pendukung acara 9. Menentukan strategi pemasaran dan promosi 10. Menyusun dan menganalisa anggaran.

3 Lidia Evelina MM Event Management Jurusan DKV, UMN W + 1 H dalam panduan pembuatan Event Why (alasan event dibuat) Who (Siapa saja yang akan dilibatkan dalam event) When (kapan event tersebut dilaksanakan) Where (lokasi event tersebut) What (apa yang disuguhkan event Itu) How (Bagaimana mempromosikan dan melaksanakan event tersebut).

4 Lidia Evelina MM Event Management Jurusan DKV, UMN Lokasi Pilihlah lokasi yang sesuai dengan kebutuhan acara, ketersediaan anggaran dan infrastruktur yang ada. Bandingkan beberapa lokasi sebelum menentukan pilihan (hotel, public hall, function hall di business area/office building, convention center, dsb.) Buatlah daftar periksa (check list) sesuai dengan kebutuhan acara dan periksalah pada saat kunjungan. Konfirmasikan segera apabila pilihan sudah final dan penuhi semua syarat administrasi secepatnya.

5 Lidia Evelina MM Event Management Jurusan DKV, UMN Pemilihan lokasi Event 1. Strategis (mudah dijangkau), akses dan ketersediaan alat tranportasi lokal 2. Terjaga kebersihan dan kenyamanan 3. Terjamin keamanan 4. Tersedianya lahan parkir yang memadai 5. Tersedia fasilitas lainnya seperti toilet, kantin, ATM, mesin otorisasi kartu kredit, public telpon, press room.

6 Lidia Evelina MM Event Management Jurusan DKV, UMN Tema dan waktu Ikut trend atau menciptakan trend baru Tema akan berpengaruh dalam memilih peserta dan menetapkan target pengunjung Pemilihan tema akan berpengaruh terhadap sponsor/donatur yang akan berpartisipasi dalam sebah event. Timing harus tepat sesuai dengan tema Waktu persiapan cukup

7 Berkaitan dengan Waktu Tema sesuai dengan kalender event, misalnya agenda nasional seperti 17 agustus, hari raya keagamaan (Natal, lebaran), Tahun baru, Valentine, liburan sekolah (Juni –Juli), dsb. Week days atau week end disesuaikan dengan target audiens! Status audiens (terkait Sosial ekonomi, profesi, lifestyle) Lidia Evelina MM Event Management Jurusan DKV, UMN

8 Lidia Evelina MM Event Management Jurusan DKV, UMN Acara Susunlah dengan seksama dan terperinci – lengkapi dengan technical Run Down termasuk durasi tiap mata acara Perhatikan waktu ibadah, jam-jam berkendaraan lalu lintas (3-in-1 atau peak hours) dan sebagainya Pilihan pemandu acara (MC) maupun pengisi acara (performer, pembicara) yang tepat sesuai kebutuhan acara dan segmen. Siapkan agenda alternatif (Plan “B” untuk cadangan)

9 Lidia Evelina MM Event Management Jurusan DKV, UMN Scheduling/penjadwalan Berapa lama (bulan) persiapan sebuah event? Tahapan Kerja sebuah event (pre conditioning, pre event, event, post event) Target dan hasil akhir yang mau diraih Atas permintaan persiapan event bisa dihentikan bila dalam perjalanan banyak terdapat kendala. Buatlah rangkaian perkerjaan itu mudah dan sederhana untuk dimengerti.

10 Lidia Evelina MM Event Management Jurusan DKV, UMN Stake Holders Media massa Organisasi Profesi Perusahaan swasta Instansi pemerintahan yang terkait Organisasi kemasyarakatan yang ada Organisasi hobi Kalangan akademis Advertising agencies Hotel, travel, catering dan sebagainya Building/venue manager Petugas Keamanan

11 Lidia Evelina MM Event Management Jurusan DKV, UMN Dekorasi dan perlengkapan Apakah partisi, panggung dan dekorasi diperlukan? Apa tema dekorasi yang akan dipergunakan Dikerjakan sendiri, diserahkan ke EO atau ke Dekorator Membuatnya atau menyewa yang sudah ada? Dekorasi apa yang tersedia di lokasi Apa perlu koordinasi dengan tata lampu, tata suara, penata pentas, pemandu acara dll. ?

12 Lidia Evelina MM Event Management Jurusan DKV, UMN Evaluation Financial, participants, program complaints, compliments, bussiness transaction, coment, request Prime target – Zero Complaint Second target – Profit at least Break Event Point.


Download ppt "DOSEN: LIDIA EVELINA, MM Event Management Jurusan DKV, UMN 2010 1 Perencanaan Event Lidia Evelina MM."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google