Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

A. KOMUNITAS AWAL BASIS EKONOMI Menurut Save M Dagun (1992), dalam setiap tingkatan peradaban kehidupan manusia, didalamnya ditandai oleh tingkat dan bentuk.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "A. KOMUNITAS AWAL BASIS EKONOMI Menurut Save M Dagun (1992), dalam setiap tingkatan peradaban kehidupan manusia, didalamnya ditandai oleh tingkat dan bentuk."— Transcript presentasi:

1 A. KOMUNITAS AWAL BASIS EKONOMI Menurut Save M Dagun (1992), dalam setiap tingkatan peradaban kehidupan manusia, didalamnya ditandai oleh tingkat dan bentuk perekonomiannnya.

2 A.KOMUNITAS AWAL BASIS EKONOMI....  Dalam kehidupan manusia primitif (sekitar 5-6 ribu tahun SM), pola atau bentuk kehidupan manusia masih dalam bentuk komunitas seperti keluarga, klan, marga. Desa yang kesemuanya terdiri dari keluarga- keluarga satu keturunan. Keluarga-keluarga ini merupakan pusat aktifitas ekonomi, keagamaan dan kegiatan lain yang semuanyatergantung pada komunitas.

3 A.KOMUNITAS AWAL BASIS EKONOMI.... Pada jaman kehidupan primitif ini, relasi produksi berdasarkan pada pemilikan bersama-sama atas alat- alat dan sarana produksi, misalnya alat-alat kerja, tanah, tempat tinggal, alat-alat pertanian dsb. Kepemilikan (kekayaan ) bersama ini ada berdampingan dengan kekayaan pribadi seperti senjata, barang-barang rumah tangga, sandang dsb.

4 A.KOMUNITAS AWAL BASIS EKONOMI.... Pada saat muncul bentuk perkawinan eksogami maka terjadi percampuran dengan orang-orang di luar suku (keturunan ). Ruang lingkup komunitas ini kemudian berkembang lebih luas yang mencakup sanak keluarga sedarah sebagai inti ditambah dengan orang dari komunitas lain. Gejala perkembangan dalam bentuk perkawinan ini memunculkan bentuk sosial baru yang mulai menghilangkan sistem komunitas primitif. Perkembangan selanjutnya muncul komunitas yang lebih besar yang tingkat peradabannyasetingkat lebih tinggi dari sistem komunitas primitif, yaitu komunitas pedesaaan.

5 A.KOMUNITAS AWAL BASIS EKONOMI.... Pada komunitas pedesaan ini meski sudah memiliki kesatuan teritorial yang terdiri dari komunitas- komunitas keluarga besar, namun komunitas kehidupan pedesaan merupakan komunitas sosial yang juga masih tergolong tahap komunitas primtif. Bentuk posisi kekuasaan berdasarkan secara hirarkis yang diturunkan, misal jabatan kepala kampung dipegang oleh satu keluarga dan akan diwariskan pada anaknya, kemudian jabatan itu ditawarkan lagi berdasarkan garis keturunan.

6 A.KOMUNITAS AWAL BASIS EKONOMI.... Mekanisme sistem komunitas ini juga berkaitan dengan persoalan-persoalan ekonomi, militer, politik serta berbagai aspek lainnya seperti aspek religius,bentuk perkawinan yang semuanya ini juga berdasarkan sistem komunitas.

7 A.KOMUNITAS AWAL BASIS EKONOMI.... Karena sistem jabatan kepala kampung dipegang oleh satu keluarga yang diturunkan, maka secara perlahan bentuk komunitas pedesaan itu beralih dalam suatu pola golongan bangsawan dan golongan warga biasa. Kondisi yang seperti ini kemudian menghantarkan pada pembentukan harga milik yang menyebabkan perbedaan sosial. Lebih jauh lagi berkembang ke arah formasi kelas.

8 A.KOMUNITAS AWAL BASIS EKONOMI.... Gejala wal ini kelak berpengaruh besar dalam perjalanan sejarah manusia. Pihak sosialis menuduh bahwa bentuk komunitas pedesaan ini adalah benih ke arah munculnya masyarakat kapitalis. Selanjutnya, dalam perkembangannya, komunitas pedesaan kemudian ditandai dengan adanya suatu komplikasi lebih jauh dari spesifikasi pekerjaan yang dilakukan oleh para anggota komunitasnya yang kemduian juga dikuatkan oleh kaitan antara bentuk-bentuk pekerjaan, khususnya selama transisi dari kehidupan yang liar ke bentuk pertanian dan peternakan dalam periode neolitikum.

9 A.KOMUNITAS AWAL BASIS EKONOMI.... Kehidupan ekonomi, keluarga, agama dan ritual dari komunitas biasanya ditentukan oleh konoslidasi sekelompk sanak keluarga sedrah dari satu leluhur (- suku). Perkawinan antara suku maka ruang lingkup hubungan ini sudah lebih luas. Interaksi anatara komunitas dalamberbagai bidang kehidupan material dan spiritual berfungsi sebagai dasar sistem suku dan sebagai asal-usul organisasi suku. Atas dasar ini berkembanglah ikatan-ikatan keluarga dan relasi perkawinan.

10 A.KOMUNITAS AWAL BASIS EKONOMI.... Akan tetapi ketika digunakan peralatan-peralatan metal, serta pembagian kerja sosial dan perdagnagan yang konstan anatar komunitas-komunitas, maka mulailah suatu proses pembedaan, terbentuklah keluarga-keluarga ningrat kaya, keluarga –keluarga miskin

11 A.KOMUNITAS AWAL BASIS EKONOMI.... Hakikat kerja mulai muncul dalam bentuk-bentuk yang berlianan dalam berbagai jenis perkembangan historis, menjadi kelompok pra kelas, kelas dan tanpa kelas yang terus berkembang dalam formasi sosio ekonomis. Dalam sistem komunitas primitif, kerja itu bersifat komunal. Harta milik merupakan alat produksi dan hasil-hasil produksi juga bersifat komunla. Dalam sistem ini tidak ada eksploitasi kerja oleh orang lain

12 A.KOMUNITAS AWAL BASIS EKONOMI.... Dalam perkembangan selanjutnya masyarakat berkembang dalam kelas antagonis. Peralihan dari bentuk-bentuk kerja yang kurang maju kepada yang lebih maju, juga merupakan peralihan dari bentuk- bentuk eksploitasi yang lebh maju,. Bentuk kerja yang kurang maju adalah kerja yang dilakukan oleh para budak dalam masyarakat yang mempunyai sistem perbudakan. Kemudian berkembang kepada kerja yang dijalankan oleh para hamba dibawah feodalisme Akhirnya tiba pada kerja upah di bawah kapitalis.

13 B. Terbentuknya masyarakat ekonomi Menurut WW Rostow, tingkat pertumbuhan ekonomi masyarakat dibagi ke dalam lima tahap yaitu : 1. Masyarakat tradisonal 2. Masyarakat prakondisi transisi 3. Masa revolusi industri/take off 4. Masa kematangan 5. Masyarakat konsumsi tinggi

14 Perkembangan Ekonomi Masyarakat menurut Karl Marx Masyarakat komunal Masyarakat Feodalistik Masyarakat Pra kapitalis Masyarakat kapitalis Masyarakat Sosialis Masyarakat Komunis (masyarakat tanpa kelas)


Download ppt "A. KOMUNITAS AWAL BASIS EKONOMI Menurut Save M Dagun (1992), dalam setiap tingkatan peradaban kehidupan manusia, didalamnya ditandai oleh tingkat dan bentuk."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google