Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Kelompok III Yuyun Yuniarti Petronela Mamentu Julyet A. Haris Inka Novianti Korompot Novian Mokodompis Srilelita Managin Gledys. W. Muleru Wahyuni Hasyim.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Kelompok III Yuyun Yuniarti Petronela Mamentu Julyet A. Haris Inka Novianti Korompot Novian Mokodompis Srilelita Managin Gledys. W. Muleru Wahyuni Hasyim."— Transcript presentasi:

1 Kelompok III Yuyun Yuniarti Petronela Mamentu Julyet A. Haris Inka Novianti Korompot Novian Mokodompis Srilelita Managin Gledys. W. Muleru Wahyuni Hasyim Mustikawati R Kasiru Srilelitha Manangin

2  Higiene Personal/Perawatan Diri/Kebersihan Diri adalah: (BA.Fundamental Keperawatan ed.4, Potter &Perry, 1334) Cara perawatan diri manusia untuk memelihara kesehatan mereka. (pengantar KDM Buku I, A.A.Alimul, 116) Merupakan perawatan diri sendiri yang di lakukan untuk mempertahankan kesehatan baik secara fisik maupun psikologis. (BA.KDM, Wahit Iqbal Mubarak, SKM; 126) Upaya yang di lakukan individu dalam memelihara kebersihan dan kesehatan dirinya baik secara fisik maupun mental.

3 Tujuan higiene personal Memelihara kebersihan diri. Menciptakan keindahan. Meningkatkan kesehatan individu (agar dapat mencegah timbulnya penyakit pada diri sendiri maupun orang lain).

4 Tidak ada dua orang yang sama dalam melakukan perawatan kebersihan diri,karena manusia itu unik. Sikap seseorang melakukan HP dipengaruhi oleh sejumlah factor antara lain: 2. Status Sosial- Ekonomi 4. Tingkat Pengetahuan atau Perkembangan Individu 5. Status Kesehatan 6. Kebiasaan 7. Cacat Jasmani 1. kebiasaan 3. agama

5 4. Tidak melakukan terapi kulit. 2. Menghindari bahan penyebab. 3. Mengamati perubahan kulit. 1. Mempertahankan kulit sehat.

6 Higiene personal merupakan salah satu tindakan keperawatan dasar rutin yang di lakukan perawat setiap hari di Rumah Sakit. Tindakan tersebut meliputi:  Perawatan kulit kepala dan rambut.  Perawatan mata.  Perawatan hidung.  Perawatan Telinga.  Perawatan Gigi dan Mulut.  Perawatan kuku tangan dan kaki.  Perawatan perineum.  Perawatan seluruh tubuh (memandikan). Higiene personal merupakan salah satu tindakan keperawatan dasar rutin yang di lakukan perawat setiap hari di Rumah Sakit. Tindakan tersebut meliputi:  Perawatan kulit kepala dan rambut.  Perawatan mata.  Perawatan hidung.  Perawatan Telinga.  Perawatan Gigi dan Mulut.  Perawatan kuku tangan dan kaki.  Perawatan perineum.  Perawatan seluruh tubuh (memandikan).

7 Kebersihan kulit dan membran mukosa sangatlah penting karena kulit merupakan garis pertahanan tubuh yang pertama dari kuman penyakit. Bila kulit sehat, bersih dan terpelihara, kita dapat terhindar dari berbagai penyakit, gangguan atau kelainan yang mungkin muncul, selain itu juga dapat menciptakan perasaan segar, nyaman dan membuat seseorang terlihat cantik.

8  Prinsip Higiene Personal meliputi beberapa hal : Umumnya kulit dibersikan dengan cara mandi. Mandi sebaiknya menggunakan jenis sabun banyak mengandung lemak nabati, karena dapat mencegah hilangnya kelembaban dan menghaluskan kulit. Hal –hal yang membahayakan kulit antara lain : Sinar matahari Rokok Alkohol Kondisi stres  Prinsip Higiene Personal meliputi beberapa hal : Umumnya kulit dibersikan dengan cara mandi. Mandi sebaiknya menggunakan jenis sabun banyak mengandung lemak nabati, karena dapat mencegah hilangnya kelembaban dan menghaluskan kulit. Hal –hal yang membahayakan kulit antara lain : Sinar matahari Rokok Alkohol Kondisi stres

9  Kuku Kuku mrpkn pelengkap kulit, trdiri dari jaringan epital. Badan kuku a/ bagian yg tampak disebelah luar, sedangkan akarnya terletak didlm lekuk kuku tempat kuku tumbuh dan mendapat makanan. Kuku sehat berwarna merah muda.  Rambut Terdiri dari : Tangkai rambut (tumbuh melalui dermis dan menembus permukaan kulit). Kantung rambut (terletak didalam dermis). Rambut yang sehat mengkilap, tidak berminyak, tidak kering atau mudah patah.  Kuku Kuku mrpkn pelengkap kulit, trdiri dari jaringan epital. Badan kuku a/ bagian yg tampak disebelah luar, sedangkan akarnya terletak didlm lekuk kuku tempat kuku tumbuh dan mendapat makanan. Kuku sehat berwarna merah muda.  Rambut Terdiri dari : Tangkai rambut (tumbuh melalui dermis dan menembus permukaan kulit). Kantung rambut (terletak didalam dermis). Rambut yang sehat mengkilap, tidak berminyak, tidak kering atau mudah patah.

10  Gigi dan Mulut Mulut merupakan rongga yang tidak bersih dan penuh dengan bakteri karenanya harus di bersikan. Kerusakan gigi dapat disebabkan oleh : Mengkonsumsi makanan manis. Menggigit benda keras. Kebersihan mulut kurang. Tujuan perawatan gigi dan mulut : Mencegah penyebaran penyakit yang ditularkan melalui gigi dan mulut (mis : tifus dan hepatitis) Mencegah penyakit mulut dan gigi. Meningkatkan daya tahan tubuh.  Gigi dan Mulut Mulut merupakan rongga yang tidak bersih dan penuh dengan bakteri karenanya harus di bersikan. Kerusakan gigi dapat disebabkan oleh : Mengkonsumsi makanan manis. Menggigit benda keras. Kebersihan mulut kurang. Tujuan perawatan gigi dan mulut : Mencegah penyebaran penyakit yang ditularkan melalui gigi dan mulut (mis : tifus dan hepatitis) Mencegah penyakit mulut dan gigi. Meningkatkan daya tahan tubuh.

11  Mata Tujuan : Mempertahankan kesehatan mata. Mencegah infeksi. Perineum Tujuan : Mencegah dan mengontrol infeksi. Mencegah kerusakan kulit. Meningkatkan keyamanan. Mempertahankan kebersihan diri.  Mata Tujuan : Mempertahankan kesehatan mata. Mencegah infeksi. Perineum Tujuan : Mencegah dan mengontrol infeksi. Mencegah kerusakan kulit. Meningkatkan keyamanan. Mempertahankan kebersihan diri.

12 Wanita : perawatan perineum dilakukan dengan membersikan area genital eksterna saat mandi (2x/hari). Umumnya wanita lebih suka melakukan sendiri tampa bantuan orang lain, bila mereka masih mampu secara fisik. Pria : perawatan dilakukan 2x/hari saat mandi, pada pria terutama pada mereka yang belum disirkumsisi (karena adanya kulup pada penis menyebabkan urin mudah terkumpul di sekitar glans penis yang lama kelamaan dapat menyebabkan timbul berbagai penyakit, mis : kanker penis). Wanita : perawatan perineum dilakukan dengan membersikan area genital eksterna saat mandi (2x/hari). Umumnya wanita lebih suka melakukan sendiri tampa bantuan orang lain, bila mereka masih mampu secara fisik. Pria : perawatan dilakukan 2x/hari saat mandi, pada pria terutama pada mereka yang belum disirkumsisi (karena adanya kulup pada penis menyebabkan urin mudah terkumpul di sekitar glans penis yang lama kelamaan dapat menyebabkan timbul berbagai penyakit, mis : kanker penis).

13


Download ppt "Kelompok III Yuyun Yuniarti Petronela Mamentu Julyet A. Haris Inka Novianti Korompot Novian Mokodompis Srilelita Managin Gledys. W. Muleru Wahyuni Hasyim."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google