Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

PENGOLAHAN/PENGAWETAN HASIL PERIKANAN (TERASI) OLEH : RISA NOVITA TARIGAN (0411205014)

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "PENGOLAHAN/PENGAWETAN HASIL PERIKANAN (TERASI) OLEH : RISA NOVITA TARIGAN (0411205014)"— Transcript presentasi:

1 PENGOLAHAN/PENGAWETAN HASIL PERIKANAN (TERASI) OLEH : RISA NOVITA TARIGAN ( )

2 LATAR BELAKANG Luas wilayah perairan di Indonesia lebih luas dari luas wilayah daratannya. Lautan Indonesia merupakan paparan benua yang dangkal. Produksi ikan Indonesia yang melimpah, menuntut masyarakat Indonesia untuk mamapu mengolah dan memaksimalkan hasil perairan.

3 MANFAAT Dapat mengetahui dengan lebih dekat tentang hasil-hasil perairan di Indonesia. Dapat mengetahui cara pengolahan/pengawetan hasil-hasil perikanan. Dapat mengetahui cara pembuatan terasi.

4 TUJUAN Untuk mengetahui dengan lebih dekat tentang hasil-hasil perairan di Indonesia. Untuk mengetahui cara pengolahan/pengawetan hasil-hasil perikanan. Untuk mengetahui cara pembuatan sekaligus dapat membuat terasi.

5 RUMUSAN MASALAH Apa saja cara yang digunakan masyarakat dalam mengolah dan mengawetkan hasil-hasil perikanan ? Bagaimana cara pengawetan ikan dengan fermentasi ? Bagaimna cara pembuatan terasi ?

6 PENGOLAHAN/PENGAWETAN HASIL-HASIL PERIKANAN Merupakan suatu cara untuk mempertahankan agar kedudukan ikan itu tetap dalam kondisi yang baik Untuk melindungi ikan dari pembusukan atau kerusakan yang terjadi akibat perubahan yang disebabkan oleh mikroorganisme dan perubahan-perubahan lain yang sifatnya merugikan.

7 PENGOLAHAN/PENGAWETAN IKAN DENGAN FERMENTASI Memanfaatkan penguraian senyawa dari bahan-bahan protein kompleks yang terdapat dalam tubuh ikan menjadi senyawa-senyawa yang lebih sederhana Dengan bantuan enzim yang berasal dari tubuh ikan tersebut atau dari mikroorganisme Berlangsung dalam keadaan yang terkontrol (controlled condition).

8 TERASI (FISH PASTE) Bumbu masak yang dibuat dari ikan dan/atau udang yang difermentasikan, berbentuk seperti pasta dan berwarna hitam-coklat, kadang ditambahi bahan pewarna sehingga menjadi kemerahan. Memiliki bau yang tajam dan biasanya digunakan untuk membuat sambal terasi

9 CARA PENGOLAHAN Rebon/teri dicuci dijemur Ditumbuk dibuat gumpalan Dibungkus dijemur Dibuat gumpalan dibungkus Disimpan tercium bau terasi TERASI !!! ^_^

10 KESIMPULAN -Pengolahan/pengawetan ikan bertujuan untuk melindungi ikan dari pembusukan. -Diantaranya adalah fermentasi. -Salah satu hasil fermentasi adalah terasi. -Terasi (fish paste) adalah bumbu masak yang dibuat dari ikan dan/atau udang yang difermentasikan, berbentuk seperti pasta dan berwarna hitam-coklat.

11 SARAN Perlu diperhatikan kebersihan dalam pembuatan terasi, agar diperoleh terasi yang bermutu baik. Terasi yang bermutu baik akan memiliki nilai jual yang lebih tinggi pula.

12


Download ppt "PENGOLAHAN/PENGAWETAN HASIL PERIKANAN (TERASI) OLEH : RISA NOVITA TARIGAN (0411205014)"

Presentasi serupa


Iklan oleh Google