Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Paket 8 PSIKOLOGI BELAJAR. PENDAHULUAN Apersepsi tentang prinsip dasar dari masing masing teori belajar. Dengan mengajukan pertanyaan: Bagaimana konsep.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Paket 8 PSIKOLOGI BELAJAR. PENDAHULUAN Apersepsi tentang prinsip dasar dari masing masing teori belajar. Dengan mengajukan pertanyaan: Bagaimana konsep."— Transcript presentasi:

1 Paket 8 PSIKOLOGI BELAJAR

2 PENDAHULUAN Apersepsi tentang prinsip dasar dari masing masing teori belajar. Dengan mengajukan pertanyaan: Bagaimana konsep dasar teori belajar behavioristik, kognitif dan humanistik? Apakah mahasiswa-mahasiswi ada yang pernah mengalami pembelajaran yang secara mutlak mengikuti salah satu teori pembelajaran?

3 Mahasiswa mampu memahami implikasi dan mengaplikasikan teori belajar ke dalam proses belajar dan pembelajaran. Kompetensi Dasar Indikator : 1. Implikasi teori belajar dalam pembelajaran 2. Implikasi teori belajar perspektif Islam 3. Menerapkan teori belajar behavioristik, kognitif, dan humanistik dalam belajar dan pembelajaran

4 INDIKATOR Pada akhir perkuliahan diharapkan mahasiswa- mahasiswi dapat menjelaskan : 1. menjelaskan aplikasi teori belajar behavioristik dalam pembelajaran, 2. menjelaskan aplikasi teori belajar kognitif dalam pembelajaran, 3. menjelaskan aplikasi teori belajar humanistik dalam pembelajaran, dan 4. menjelaskan implikasi teori belajar perspektif Islam.

5 LANGKAH KEGIATAN Pengantar Dispok Presentasi Penguatan 15’ 25’ 15’ 10’10’ 10’ Penguatan Dispok 2 Refleksi & Evaluasi 20’ Tes tulis 5’

6 DISKUSI KELOMPOK Kelas dibagi dalam enam kelompok : Kelompok 1-2 mendiskusikan tentang aplikasi teori behavioristik dengan dipandu LK 8.1.A. Kelompok 3-4 mendiskusikan tentang aplikasi teori kognitif dengan dipandu LK 8.1.B, sedang Kelompok 5-6 mendiskusikan tentang aplikasi teori humanistik dengan dipandu LK 8.1.C. Hasil diskusi ditulis di kertas plano.

7 PRESENTASI Masing-masing kelompok mempresentasikan hasil diskusinya, kelompok lain menanggapi dan menanyakan hal yang belum jelas.

8 PENGUATAN

9 Implikasi Teori-Teori Belajar Dari Psikologi Behavioristik 1. Prosedur-prosedur pengembangan tingkah laku baru: shaping dan modelling. 2. Prosedur-prosedur Pengendalian atau Perbaikan Tingkah Laku: Memperkuat Tingkah Laku Bersaing, Ekstingsi, Satiasi, Perubahan Lingkungan Stimuli, Hukuman Pengajaran Terprogram 4. Program program Pengajaran Individual 5.Analisa tugas 6. Belajar Tuntas Dari Psikologi Behavioristik

10 IMPLIKASI TEORI BELAJAR PSIKOLOGI KOGNITIF Psikologi Gestalt dalam Praktek Implikasi Teori Piaget untuk Pendidikan "Discovery Learning" dari Bruner Praktek Ausubel : Expository Teaching Assisted Learning vs scaffolding dari Bruner

11 Dalam person centered education (pendidikan Yang berpusat pada pribadi seseorang), strategi yang disarankan adalah memberi siswa dengan berbagai macam sumber yang dapat mendukung dan membimbing pengalaman belajar mereka. Selain itu peer-tutoring (siswa yang mengajar siswa lain). Implikasi Teori Humanistik dalam Pembelajaran

12 DISKUSI KELOMPOK 2 Mahasiswa dan mahasiswi mendiskusikan pemahaman tentang prinsip-prinsip belajar dalam perspektif Islam secara berpasangan. Setiap pasangan bergabung dengan pasangan yang lain untuk mendiskuskan prinsip-prinsip belajar dalam perspektif Islam. Demikian seterusnya sampai kelas menjadi dua kelompok besar.Secara bergantian wakil dari dua kelompok mempresen tasikan hasil diskusinya. Dosen memberikan penguatan terhadap materi prinsip-prinsip belajar dalam perspektif Islam.

13 Implikasi Teori Belajar Dalam Konsep Islam 1. Membangkitkan motivasi. 2. Pemberian ganjaran (reward). 3. Mengulang dan berpartisipasi aktif dalam praktik. 4. Perhatian. 5. Belajar secara periodik.

14 APLIKASI TEORI BELAJAR DALAM PEMBELAJARAN 1. Aplikasi teori belajar dalam pembelajaran pandangan teori belajar behavioristik adalah upaya modifikasi tingkah laku dengan konsep-konsep kognitif dan humanistik. 2. Dalam pandangan kognitif ada dua pendekatan tentang readiness, yaitu tingkat perkembangan fungsi-fungsi kognitif dan pengetahuan anak pada mata pelajaran. Dua pendekatan itu akan memberikan pemahaman tentang perencanaan pendidikan yang tepat. 3. Pandangan humanistik berlandaskan pada tujuan memanusiakan manusia. Karena itu alternatif pembelajaran yang mungkin diberikan adalah dengan metode yang memungkinkan siswa menggali potensinya masing-masing sebagaimana adanya. Di antara alternatif pembelajaran itu antara lain; active learning, the accelerated learning, Quantum learning, dan contextual teaching and learning (CTL).

15 TES TULIS Bagaimana implikasi teori belajar dari psikologi behaviorisme dalam belajar dan pembelajaran? Uraikan! Dalam praktik pendidikan kita, bagaimana implikasi teori belajar psikologi kognitif dalam proses belajar dan pembelajaran? Jelaskan! Dalam pandangan teori humanistik, proses belajar dan pembelajaran siswa dengan memperhatikan perbedaan individual dan potensi masing-masing individu siswa. Sehingga setiap siswa menjadi manusia seutuhnya lahir dan batin. Bagaimana pendapat saudara mengenai implikasi teori belajar dari psikologi humanisme? Uraikan! Uraikan argumen saudara tentang implikasi teori belajar dalam konsep pendidikan Islam! Lengkapi argumen dengan dalil naqli sesuai dengan model aplikasi yang saudara maksud!

16 TERIMA KASIH


Download ppt "Paket 8 PSIKOLOGI BELAJAR. PENDAHULUAN Apersepsi tentang prinsip dasar dari masing masing teori belajar. Dengan mengajukan pertanyaan: Bagaimana konsep."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google