Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Copyright © 2003 Prentice-Hall, Inc. 5-1 Promosi dan Periklanan Global.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Copyright © 2003 Prentice-Hall, Inc. 5-1 Promosi dan Periklanan Global."— Transcript presentasi:

1 Copyright © 2003 Prentice-Hall, Inc. 5-1 Promosi dan Periklanan Global

2 Copyright © 2003 Prentice-Hall, Inc. 5-2 Periklanan Global   Periklanan   Sebagai pesan yg disponsori, yg ditempatkan dlm media massa dgn bayaran tertentu.  Periklanan global  Pemakaian imbauan periklanan, pesan, seni, naskah, foto, cerita, dan potongan vidio serta film dalam pasar berbagai negara.

3 Copyright © 2003 Prentice-Hall, Inc. 5-3 Empat Kesulitan Utama Perusahaan U/ Berkomunikasi dgn Pelanggan  Pesan tdk sampai pada penonton sasaran.  Contoh : efektivitas TV sebagai medium untuk mencapai penonton dlm jumlah banyak bervariasi sebanding dgn sejauh mana kebiasaan menonton TV dinegara tsb.  Pesan mungkin mencapai penonton sasaran, tetapi mungkin tidak dipahami atau disalah artikan.  Contoh : pemahaman yg kurang mengenai tingkat kecanggihan para penonton sasaran, seperti iklan product placement  Pesan mungkin mencapai penonton sasaran dan dipahami, tetapi mesih belum berhasil menggerakkan mereka untuk mengambil tindakan yg diinginkan oleh pengirim.  Contoh : kurangnya pengetahuan mengenai budaya penonton sasaran

4 Copyright © 2003 Prentice-Hall, Inc. 5-4 Empat Kesulitan Utama Perusahaan U/ Berkomunikasi dgn Pelanggan  Efektivitas pesan dpt dirusak oleh gangguan, atau pengaruh dari luar seperti periklanan pesaing, dan wiraniaga pesaing

5 Copyright © 2003 Prentice-Hall, Inc. 5-5 Menciptakan Iklan  Pengarahan Seni  Pengarahan ini berkaitan dgn presentasi visual (bahasa tubuh) periklanan cetak yg disiarkan. Beberapa bentuk presentasi visual dipahami secara universal.  Revlon menggunakan seorang produsen Prancis untuk mengembangkan iklan televisi di Inggris dan Spanyol memperoleh iklan televisi yg efektif dan harga yg lebih murah ketimbang untuk iklan buatan Amerika.  Iklan ini difilmkan dgn latar belakang Paris

6 Copyright © 2003 Prentice-Hall, Inc. 5-6 Menciptakan Iklan  Pengarahan Seni  Contoh lainnya : PepsiCo dalam menyampaikan tema periklanannya menggunakan musik yg disesuaikan dgn wilayah : Musik rock untuk Amerika Utara; Musik bossanova untuk Amerika Selatan dan musik bersemangan untuk Afrika.

7 Copyright © 2003 Prentice-Hall, Inc. 5-7 Menciptakan Iklan  Naskah  Naskah harus relatif pendek dan tidak berisi bahasa pasaran atau idiom. Periklanan di Jepang dan Eropa umumnya hanya berupa gambar dan penyampaian pesannya spesifik.  Untuk efisiensi, pada pasar homogen, naskah periklanan harus dengan bahasa yg sama dan pesan yg sama

8 Copyright © 2003 Prentice-Hall, Inc. 5-8 Menciptakan Iklan  Naskah  Slogan periklanan yg disandikan dalam konteks budaya dan negara yg berbeda dapat memicu kekeliruan :  Finger lickin good semboyan dari Kentucky Fried Chicken diterjemahkan dalam bahasa China menjadi makanlah habis jarimu  Naskah Come alive dari Pepsi dalam versi Asia salah dipahami menjadi membangkitkan nenek moyang dari kubur.  McDonald’s berhati hati mengiklankan harga dgn angka 4 di China, karena dalam budayanya mengucapkan angka 4 sama dgn arti kata mati.

9 Copyright © 2003 Prentice-Hall, Inc. 5-9 Menciptakan Iklan  Pertimbangan Budaya  Simbol : berhubungan dgn sifat budaya dan merupakan hal yg penting ketika menciptakan iklan.  Warna putih di Asia dikaitkan dengan kematian  Warna ungu melambangkan kematian dan kesedihan di Brazil  Hubungan mesra antara pria dan wanita di Jepang dianggap berselera rendah dan dilarang di Arab Saudi.

10 Copyright © 2003 Prentice-Hall, Inc Menciptakan Iklan  Institusi dan kelompok  Para ibu di Eropa Timur melahirkan di rumah dan hanya datang ke rumah sakit jika ada masalah serius pada sang ibi dn bayinya.  Johnson and Johnson pernah menarik iklannya di Erapa Timur yang memperkenalkan salah satu produk barunya dimana iklan tersebut menggambarkan seorang ibu dengan seorang bayi yg baru lahir di rumah sakit.

11 Copyright © 2003 Prentice-Hall, Inc Menciptakan Iklan  Media  Belanja iklan untuk media elektronik berkembang pesat dan bahkan menyedot sebagian anggaran belanja media cetak  Jumlah majalah umum berkurang dan sebaliknya jumlah majalah spesifik berkembang pesat  Webvertising (iklan di internet) mengalami perkembangan dramatis, terutama dalam beberapa tahun terakhir.

12 Copyright © 2003 Prentice-Hall, Inc Strategi Komunikasi Pemasaran Global  Melakukan adaptasi pesan komunikasi pemasaran, karena  Kebutuhan konsumen berbeda-beda dan bervariasi intensitasnya, oleh karena itu konsep pesan yg dirancang secara terpusat harus disesuaikan dgn pasar lokal  Infrastruktur yg dibutuhkan untuk mendukung penyampaian pesan standard sangat bervariasi, baik antar negara maupun antar daerah dalam negara yg sama

13 Copyright © 2003 Prentice-Hall, Inc Strategi Komunikasi Pemasaran Global  Tingkat pendidikan antar negara berbeda-beda, shg kemampuan konsumen untuk memberikan makna pada pesan yg diterima juga berbeda  kompleksitas pesan ditekan serendah mungkin agar penyampaian informasi secara universal dpt sukses.  Tingkat dan cara pengendalian terhadap komunikasi pemasaran di setiap negara merupakan refleksi dari kondisi ekonomi, budaya dan politik setempat. Ini berarti bahwa apa yg dianggap sebagai aktivitas komunikasi pemasaran yg bisa diterima di satu negara mungkin saja tidak boleh di negara lain.

14 Copyright © 2003 Prentice-Hall, Inc Strategi Komunikasi Pemasaran Global  Manajemen lokal thd implementasi pesan standar yg ditentukan secara terpusat sangat mungkin tdk efektif karena kurangnya rasa kepemilikan atas pesan yg bersangkutan. Jadi pesan hrs memenuhi kebutuhan pasar lokal.

15 Copyright © 2003 Prentice-Hall, Inc Strategi Komunikasi Pemasaran Global  Standarisasi pesan, karena :  Meskipun secara geografis tersebar, konsumen berbagai katagori produk memiliki sejumlah karakteristik serupa. Selama citra dan proporsi merek sanggup memberikan makna universal, tdk perlu merancang pesan merek dalam jumlah besar  Media, teknologi, dan international travel berdampak pada banyak orang, maka pesan standar untuk penawaran tertentu bisa mendukung terciptanya citra merek yg kuat  Standarisasi pesan pemasaran memungkinkan terciptanya skala ekonomis melalui pengemasan, perancangan dan produksi pesan iklan.

16 Copyright © 2003 Prentice-Hall, Inc Strategi Komunikasi Pemasaran Global  Share competency : banyak kampanye iklan yg dirancang secara lokal rendah kualitasnya, karena kurangnya sumber daya lokal, pengalaman dan keahlian. Oleh karena itu perlu sharing competency.

17 Copyright © 2003 Prentice-Hall, Inc Isu-isu Dalam Komunikasi Pemasaran Global  Perbedaan bahasa  Penterjemah merek atau slogan kampanye iklan ke dalam bahasa setempat bisa menimbulkan masalah besar jika ternyata makna atau artainya sama sekali berbeda yg dimaksud.  Nama Coca Cola di China berarti digigit kecebong kemudian dirubah menjadi Ko-kou-ko-le artinya menyenangkan di mulut.  Kendali Pemerintah  Produk rokok dan minuman keras di larang dibeberapa negara di kawasan Eropa dan Asia.  Iklan TV hanya boleh ditayangkan pada jam-jam tertentu di Jerman  Iklan TV dilarang di Norwegia, Arab Saudi, Belgia, Denmark dan Swedia

18 Copyright © 2003 Prentice-Hall, Inc Isu-isu Dalam Komunikasi Pemasaran Global  Ketersediaan Agen Periklanan  Jumlah dan kualitas agen periklanan sangat bervariasi antar negara  Di negara maju seperti Amerika dan Inggris jumlah agen periklanan sangat banyak, sedangkan di beberapa negara Asia agen periklanannya sedikit  Ketentuan mengenai promosi penjualan  Tidak semua aktivitas promosi penjualan bisa dilakukan di semua negara. Faktor-faktor yg mempengaruhinya antara lain adalah peraturan, budaya dan situasi persaingan lokal.  Contoh : di Perancis nilai sebuah hadiah langsung dibatasi maksimum hanya boleh sebesar 5% dari nilai produk yg dibeli.

19 Copyright © 2003 Prentice-Hall, Inc Isu-isu Dalam Komunikasi Pemasaran Global  Ketersediaan Media  Ketersediaan media sangat tergantung pada regulasi pemerintah dan infrastruktur media  Rasio kepemilikan koran di Jepang adalah 1 koran per 2 orang; (AS : 1 banding 4), Bangladesh 1 : 200  Rasio TV di AS dan Jepang : 1 TV untuk 2 orang; Indonesia (1 : 20), China 1 : 32.

20 Copyright © 2003 Prentice-Hall, Inc Isu-isu Dalam Komunikasi Pemasaran Global  Kemunculan media-media mutahir  Perkembangan teknologi komunikasi memfasilitasi berkembangnya sejumlah media mutahir yg menunjang direct marketing dan komunikasi interaktif, seperti multi level marketing, interactive TV dan internet.


Download ppt "Copyright © 2003 Prentice-Hall, Inc. 5-1 Promosi dan Periklanan Global."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google