Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Charisma Ayu Pramuditha, B.Tech Mgt, MHRM Pertemuan 13.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Charisma Ayu Pramuditha, B.Tech Mgt, MHRM Pertemuan 13."— Transcript presentasi:

1 Charisma Ayu Pramuditha, B.Tech Mgt, MHRM Pertemuan 13

2 Pengertian Teknologi Informasi (TI) TI adalah istilah terhadap berbagai macam hal dan kemampuan yang digunakan dalam pembentukan, penyimpanan, dan penyebaran informasi.

3  Perlunya Teknologi Informasi, karena: ◦ Kompleksitas tugas manajemen ◦ Pengaruh gLobalisasi ◦ Perlunya response time cepat ◦ Tekanan persaingan bisnis

4 ◦ Perangkat Keras (Hardware) ◦ Perangkat Lunak (Software) ◦ Jaringan dan Komunikasi ◦ Basis Data (Database) ◦ Information Management Personnel

5  Kemampuan Sistem Informasi ◦ Proses transaksi cepat dan akurat ◦ Kapasitas penyimpanan besar dan akses cepat ◦ Komunikasi cepat, dll.  Tujuan Teknologi Informasi ◦ Memecahkan masalah, membuka kreativitas, efektivitas dan efisiensi.  Prinsip Teknologi Informasi ◦ High-Tech-High-Touch

6  Fungsi Teknologi Informasi ◦ Menangkap (Capture), Mengolah (Processing), Menghasilkan (Generating), Menyimpan (Storage), Mencari Kembali (Retrieval), Melakukan Transmisi (Transmission).  Keuntungan Teknologi Informasi ◦ Speed, Consistency, Precision, Reliability  Teknologi Informasi dalam Berbagai Bidang ◦ Akuntansi, Finance, Marketing, Produksi atau Manajemen Produksi, Manajemen Sumber Daya Manusia

7 Teknologi Informasi adalah istilah umum yang menjelaskan teknologi apa pun yang membantu manusia dalam membuat, mengubah, menyimpan, mengomunikasikan dan/atau menyebarkan informasi. TI menyatukan komputasi dan komunikasi berkecepatan tinggi untuk data, suara, dan video. Contoh dari Teknologi Informasi bukan hanya berupa komputer pribadi, tetapi juga telepon, TV, peralatan rumah tangga elektronik, dan peranti genggam modern (misalnya ponsel).

8 Perkembangan Teknologi Informasi adalah sesuatu yang menggembirakan. Namun perkembangan rupanya tidak lepas dari cacat yang melekat pada manusia, dan pada segala sesuatu yang keluar dari buah tangannya, terutama dalam soal pendidikan di perguruan tinggi. Cacat tersebut membuat saya tertarik untuk merefleksikan dampak multidimensional dari penggunaan TI yang canggih di dalam proses pembelajaran. Pertanyaan yang akan coba dijawab di dalam tulisan singkat ini adalah, bagaimana bentuk teknologi informasi, dalam hal ini TI, yang baik, yang mampu membebaskan manusia dari belenggu kebodohan dan kemiskinan, serta sungguh efektif memberdayakan bangsa di dalam proses pendidikan.

9 Dalam dunia pendidikan teknologi pembelajaran terus mengalami perkembangan seiring perkembangan zaman. Dalam pelaksanaan pembelajaran sehari-hari Teknologi Informasi dan Komunikasi sering dijumpai sebagai kombinasi teknologi audio/data, video/data, audio/video, dan internet. Internet merupakan alat komunikasi yang murah dimana memungkinkan terjadinya interaksi antara dua orang atau lebih. Salah satu pernanan TIK dalam dunia pendidikan saat ini adalah dengan munculnya E-Learning (Pembelajaran Elektronik). Kemampuan internet memungkinkan terjadinya proses belajar mengajar jarak jauh (E-Learning) menjadi lebih efektif dan efisien sehingga dapat diperoleh hasil yang lebih baik. E-Learning merupakan dasar dari perkembangan teknologi informasi dan komunikasi, e-learning dapat mempersingkat waktu pembelajaran dan membuat biaya pendidikan untuk belajar menjadi lebih ekonomis. E- learning mempermudah interaksi antara peserta didik dengan bahan/materi, peserta didik dengan dosen/guru/instruktur maupun sesama peserta didik. Peserta didik dapat saling berbagi informasi dan dapat mengakses bahan-bahan belajar setiap saat dan berulang-ulang, dengan kondisi yang demikian itu peserta didik dapat lebih memantapkan penguasaannya terhadap materi pembelajaran.

10 Dalam dunia bisnis peranan Teknologi Informasi dan Komunikasi dimanfaatkan untuk perbisnisan secara elektronik atau dikenal sebagai E- Commerce (e-bisnis) atau perbisnisan elektronik. E-Commerce adalah perbisnisan menggunakan jaringan komunikasi internet. E-commerce merupakan bagian dari e-business, di mana cakupan e-business lebih luas, tidak hanya sekedar perniagaan tetapi mencakup juga pengkolaborasian mitra bisnis, pelayanan nasabah, lowongan pekerjaan dll. Selain teknologi jaringan www, e-bisnis juga memerlukan teknologi basisdata atau pangkalan data (databases), e-surat atau surat elektronik ( ), dan bentuk teknologi non komputer yang lain seperti halnya sistem pengiriman barang, dan alat pembayaran untuk e-bisnis ini. E-bisnis pertama kali diperkenalkan pada tahun 1994 pada saat pertama kali banner-elektronik dipakai untuk tujuan promosi dan periklanan di suatu halaman-web (website). Menurut Riset Forrester, perbisnisan elektronik menghasilkan penjualan seharga AS$12,2 milyar pada Menurut laporan yang lain pada bulan oktober 2006 yang lalu, pendapatan ritel online yang bersifat non-travel di Amerika Serikat diramalkan akan mencapai seperempat trilyun dolar US pada tahun Perusahaan yang terkenal dalam bidang ini antara lain: eBay, Yahoo, Amazon.com, Google, dan Paypal.

11 Dalam dunia perbankan Teknologi Informasi dan Komunikasi adalah diterapkannya transaksi perbankan lewat internet atau dikenal dengan Internet Banking. Beberapa transaksi yang dapat dilakukan melalui Internet Banking antara lain transfer uang, pengecekan saldo, pemindah bukuan, pembayaran tagihan, dan informasi rekening.

12 Bidang jasa pelayanan kesehatan. Institusi kesehatan menggunakan teknologi informasi untuk memberikan pelayanan secara terpadu dari pendaftaran pasien sampai kepada system penagihan yang bisa dilihat melalui internet. Bidang hiburan. Sekarang banyak bermunculan polling atau layanan masyarakat dalam bentuk SMS (Short Message Service), termasuk juga untuk sistem perbankan. Teknologi Informasi dapat menggantikan cara konvensional yang memberikan benefit, maka orang mulai melihat kelebihan lainnnya, misalnya menggantikan sarana pengiriman surat dengan surat eletronik ( ), pencarian data melalui search engine, chatting, mendengarkan musik, dan sebagainya dimana pada tahapan ini orang sudah mulai menginvestasikan kepada perangkat komputer, dari manfaat yang didapatkan, teknologi informasi mulai digunakan dan diterapkan untuk membantu operasional dalam proses bisnis.

13 Selain keuntungan yang dapat diperoleh, penggunana teknologi informasi di beberapa perpustakaan dapat menimbulkan masalah seperti: 1. Penggunaan komputer yang bertujuan untuk memperingan dan mempercepat pekerjaan, di sisi lain bisa menimbulkan pengangguran, karena beban pekerjaan semakin berkurang dengan adanya komputer. 2. Adanya kemungkinan penyalahgunaan data untuk kepentingan pribadi. Kemudahan pengelolaan informasi dalam bentuk pangkalan data memberi peluang untuk memindahkan data yang tadinya milik pribadi atau rahasia dapat diakses oleh orang lain. 3. Perlindungan terhadap hak cipta seseorang sulit diwujudkan. Sebuah karya atau kumpulan data dapat dengan mudah dikopi dan dimiliki oleh orang lain tanpa seizin pemilik informasi tersebut. Terlebih jika tujuannya digunakan untuk mencari keuntungan pribadi. 4. Ketergantungan pada komputer menimbulkan kelemahan bila listrik mati atau komputer terserang virus, maka data tidak dapat diakses. 5. Ketidakmampuan sumber daya manusia dalam menguasai teknologi dapat menimbulkan kendala dan memunculkan anggapan bahwa teknologi justru menghambat pekerjaan.

14  Sistem Penjualan dan Pemasaran (Marketing and Sales System) ◦ Customer Service (Layanan Terhadap Pelanggan)  Analisis profil dan kegemaran pelanggan  Mass Cutomization  Targeted Advertising on the Web  Customer Inquiry Systems and Automated Help Desk ◦ Telemarketing  Advertising and Reaching Customer  Proses Pemesanan  Layanan tehadap Pelanggan  Dukungan Penjalan  Manajemen Account

15 ◦ Distribution Channels Management ◦ Marketing Management  Pricing of Product or Services  Salesperson Productivity  Product-Customer Profitability Analysis  Sales Analysis and Trends  Customer Relationship Management (CRM)

16  Sistem Manajemen Operasi dan Produksi ◦ Manajemen Logistik dan Material ◦ Perencanaan Produksi/Operasi(Planning Production / Operations) ◦ Rancangan Kerja dan Manufaktur yang otomatis (Automated Design Work and Manufacturing)  Computer-aided Design (CAD)  Computer-aided Manufacturing  Computer-integrated Manufacturing (CIM)

17  Sistem Manajemen Sumber Daya Manusia ◦ Perekrutan (Recruitment) ◦ Pemeliharaan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia ◦ Perencanaan dan Manajemen Sumber Daya Manusia

18  Integrated Information Systems and Enterprise Resource Planning ◦ Menghubungkan sistem yang ada ◦ Menggunakan perangkat lunak Supply Chain Management ◦ Menggunakan Enterprise Resource Planning (ERP) dan Aplikasi SAP  Sistem Informasi Global / Interorganisasi ◦ Sistem Global (Global Systems) ◦ Electronic Data Intechange (EDI) ◦ Electronic Funds Transfer (EFT) ◦ Ekstranet ◦ Shared Database ◦ Integrated Messaging

19  Pengertian E-Commerce ◦ Pembelian, penjualan, pertukaran barang atau layanan secara elektronik  Jenis-Jenis E-Commerce ◦ Collaborative Commerce (C-Commerce) ◦ Business-to-Consumers (B2C) ◦ Consumer-to-Business (C2B) ◦ Intrabusiness(Intraorganizational)Commerce ◦ Government-to-Citizens (G2C) and to others ◦ Mobile Commerce (m-Commerce)

20  Sejarah dan Ruang Lingkup (Scope) E- Commerce  Keuntungan E-Commerce ◦ Untuk Organisasi ◦ Untuk Pelanggan ◦ Untuk Masyarakat  Batasan dan Kegagalan E-Commerce ◦ Batasan Teknis ◦ Batasan Non Teknis

21  Aplikasi Business-to-Consumer ◦ Perdagangan Elektronik, Toko dan Mall ◦ Industri Layanan Online ◦ Lelang (Auctions)  Forward Auction  English Auctions  Yankee Auctions  Dutch Auctions  Reverse Auction

22  Penelitian Pasar, Periklanan dan Layanan terhadap Pelanggan ◦ Konsumen dan Prilakunya ◦ Penelitian Pasar ◦ E-Commerce Intelligent Agents ◦ Pengiklanan Online  Banners  Keyword Banners  Random Banners  Pengiklanan melalui

23  Permasalahan Periklanan dan Pendekatan- pendekatan : ◦ Permission Marketing ◦ Viral Marketing ◦ Customizing ads ◦ Periklanan dan Pemasaran Interaktif ◦ Customized Catalog ◦ Kupon Online  Layanan terhadap Pelanggan ◦ Kebutuhan ◦ Mendapatkan barang ◦ Ownership ◦ Retirement

24  B2B dan Aplikasi Kerjasama Perdagangan ◦ Sell-Side Marketplace ◦ Buy-Side Marketplace ◦ Pertukaran Elektronik (Electronic Exchanges)  Vertical Distributors  Vertical Exchanges  Horizontal Distributors  Pertukaran fungsional (Functional Exchanges) ◦ Perdagangan Kerjasama  Retailer-Suppliers  Vendor-managed Inventory  Product design  Collaborative Manufacturing

25  Aplikasi Inovatif dari E-Commerce ◦ E-Government ◦ M-Commerce ◦ Consumer-to-Consumer E-commerce ◦ Intrabisnis dan Business-to-Employees E- Commerce  Business to its Employess (B2E) Commerce  E-Commerce Diantara Unit Bisnis dalam suatu Organisasi  E-Learning

26  Layanan Dukungan E-Commerce ◦ Infrastruktur E-Commerce ◦ Pembayaran Elektronik  Check Elektronik  Kartu Kredit Elektronik  Pembayaran Tunai Elektronik  Smart Cards  Pembayaran Person-to-Person (P2P)  Transfer Dana Secara Elektronik  Electronic Wallets  Kartu Pembelian (Purchasing Card)

27  Permasalahan Legal dan Etis pada E- Commerce : ◦ Permasalahan Etis  Privasi (Privacy)  Web Tracking  Disintermediation ◦ Permasalahan Legal di E-Commerce  Perebutan nama domain  Penentuan biaya pajak  Copyright


Download ppt "Charisma Ayu Pramuditha, B.Tech Mgt, MHRM Pertemuan 13."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google