Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Pokok Bahasan 6 Perhatian H. Pengertian. Perhatian: pemusatan energi psikis tertuju pd suatu objek(Stern 1950) -------------: Banyak sedikitnya kesada-

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Pokok Bahasan 6 Perhatian H. Pengertian. Perhatian: pemusatan energi psikis tertuju pd suatu objek(Stern 1950) -------------: Banyak sedikitnya kesada-"— Transcript presentasi:

1 Pokok Bahasan 6 Perhatian H

2 Pengertian. Perhatian: pemusatan energi psikis tertuju pd suatu objek(Stern 1950) : Banyak sedikitnya kesada- Ran yang menyertai suatu aktivitas yang dilakukan

3 Macam perhatian:intensita,cara timbulnya, luasnya. a Perhatian ;Intensif. dan tidak intensif. Perhatian ;spontan,dan Pert sekehendak Perhatian ;terpencar,dan perht terpusat. Contoh:a. pehatian terpencar harus dimilki seorang driver,kondisi lalin hrs menjadi perhatiannya dalam sgl aspek. b.perhatian terpusat hrs dimilki seorang laboran di pabrik-pabrik.

4 Perhatian Pengertian Perhatian merupakan peningkatan kesadaran dari seluruh fungsi jiwa untuk dipusatkan pada sesuatu hal, baik yang ada di luar maupun yang ada di dalam diri seseorang Perhatian dan minat Sering dikacaukan pengertiannya Dalam pelaksanaannya  perhatian lebih menonjolkan fungsi pikir, sedangkan minat lebih menonjolkan fungsi rasa Merupakan hubungan timbal balik, artinya sesuatu yang menarik perhatian akan menimbulkan minat, dan sesuatu yang sesuai dengan minatnya akan menarik perhatiannya..

5 Hal-hal yg menarik perhatian. Dilihat dari objeknya: Keluar dari konteknya Muncul tiba-tiba Proses bergantia (lampu nyala-mati) Ipandang subjek: Yang terkait dengan Kebutuhan (iklan) Bersangkut dgn kegemaran. Terkait dgn sejarah hidup/ kepentingan.

6 Fungsi perhatian. 1.Aktivitas dgn penuh perhatian akan lebih sukses. 2.Pehatian psontan cenderung lebih kuat dan tahan lama. 3.Pemusatan perhatian menjadi bagian penting suksesnya belajar. 4. Mampu mendorong seseorang utk sukses belajar.

7 Macam Perhatian. Perhatian terpusat, dan perhatian terpencar. Perhatian terpusat seseorang dgn segala potensi psikisnya hrs memusatkan perhatiannya.( laboran) Pehatian terpencar seseorang harus memperhatiansegala aspek dalam tugasnya( Driver)

8 Kuat tidaknya perhatian ditentukan: 1. Besar kecilnya pemusatan energi psikis terhadap suatu obyek. 2. Bagaimana guru mengajar menarik perhatian atau tidak. 3. Peran media peraga dgn fungsi yg baik. 4. Pada dasarnya guru itu sendiri adalah peraga terbaik ditandai: sikap, intonasi suara, dan dpt meragakan sgl aspek.

9


Download ppt "Pokok Bahasan 6 Perhatian H. Pengertian. Perhatian: pemusatan energi psikis tertuju pd suatu objek(Stern 1950) -------------: Banyak sedikitnya kesada-"

Presentasi serupa


Iklan oleh Google