Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

SIKLUS PENDAPATAN SIKLUS PENDAPATAN. Ada empat aktivitas dalam siklus pendapatan:  Penanganan pesanan pelanggan  Pengiriman barang  Penagihan / pembuatan.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "SIKLUS PENDAPATAN SIKLUS PENDAPATAN. Ada empat aktivitas dalam siklus pendapatan:  Penanganan pesanan pelanggan  Pengiriman barang  Penagihan / pembuatan."— Transcript presentasi:

1 SIKLUS PENDAPATAN SIKLUS PENDAPATAN

2 Ada empat aktivitas dalam siklus pendapatan:  Penanganan pesanan pelanggan  Pengiriman barang  Penagihan / pembuatan faktur penjualan  Penerimaan kas.

3 Fungsi Penanganan pesanan pelanggan mencakup seluruh aktivitas sampai dengan memproses pesanan tersebut, aktivitasnya antara lain :  Merespon permintaan informasi dari pelanggan  Mengecek dan menyetujui permohonan kredit pelanggan  Mengecek ketersediaan gudang

4 Pengiriman barang; bagian gudang bertanggung jawab untuk memenuhi order pelanggan dengan mengeluarkan barang dari gudang sesuai dengan instruksi yang tercantum dalam tiket pengambilan barang.

5 Penagihan/pembuatan faktur : aktivitas yg dilakukan pada tahap ini adalah membuat faktur penjualan dan memelihara catatan piutang kepada setiap pelanggan. Proses ini dilakukan oleh departemen penagihan yg bertanggung jawab kepada manajer akuntansi atau kabag akuntansi.

6 Penerimaan KAS: Departemen yg terlibat dalam kegiatan penerimaan kas ini adalah kasir, yaitu bagian yang berada dibawah departemen keuangan, yg bertugas menangani penerimaan kas dan menyetorkannya ke bank, dan bagian piutang dagang, bagian yg ada dibawah bag. Akuntansi dan bertugas mencatat pelunasan piutang dari pelanggan.

7 Dokumen yang terkait dalam Siklus Pendapatan:  Order Penjualan (sales order).  Nota Pengiriman (Shipping Notice)  Faktur penjualan (Sales Invoice)  Nota Penjualan (Sales Ticket)  Bukti Kas Masuk (Remittance Advice).  Memo Kredit (Credit Memo)  Analisa Umur Piutang.

8 Form Tabel Pelanggan

9 Nama dan Kode Pelanggan :  Bank Sumatera (BS-001)  Bank Borobudur (BB-002)  PT. Bina Raya (BR-003)  PT. Tiga Karya (TK-012)  PT. Eka Laguna ((EL-022)  Handy & Rendy (HR-004)  Toko Tiara (TK-001)  PT. Tinombala(TK-008)  PT. Erlangga ((EL-923)  Fajar Putra ((FR-005)

10 Form Tabel Persediaan

11 Form tebel persediaan paling tidak memiliki dua kolom (field) yaitu : - Nama persediaan (deskripsi Persediaan). - Kode Persediaan.

12 Contoh :Tabel Persediaan Jenis Persediaan (Kayu)TipeKode JatiA001 MahoniA002 RengasB003 TembesuB004

13 Catatan : Kalau harga barang tersebut sama untuk setiap konsumen bisa ditambah harga dari barang tersebut:

14 Contoh :Tabel Persediaan Jenis Persediaan (Kayu)TipeKodeHarga (per Kubik) JatiA MahoniA RengasB TembesuB

15 Faktur Penjualan Faktur ini dimaksudkan sebagai bukti pembelian oleh pelanggan sekaligus juga dokumen pengakuan timbulnya piutang dalam transaksi penjualan kredit.


Download ppt "SIKLUS PENDAPATAN SIKLUS PENDAPATAN. Ada empat aktivitas dalam siklus pendapatan:  Penanganan pesanan pelanggan  Pengiriman barang  Penagihan / pembuatan."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google