Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Biodata Narasumber 2 Ruang Lingkup Dan Waktu: Kegiatan Belajar 1 : 90 menit Unit produksi dan jasa sekolah. Kegiatan Belajar 2 : 135 menit Rencana program.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Biodata Narasumber 2 Ruang Lingkup Dan Waktu: Kegiatan Belajar 1 : 90 menit Unit produksi dan jasa sekolah. Kegiatan Belajar 2 : 135 menit Rencana program."— Transcript presentasi:

1

2 Biodata Narasumber 2

3 Ruang Lingkup Dan Waktu: Kegiatan Belajar 1 : 90 menit Unit produksi dan jasa sekolah. Kegiatan Belajar 2 : 135 menit Rencana program kegiatan produksi dan jasa sekolah.

4 Kompetensi Yang Diharapkan Setelah mengikuti pembelajaran, peserta mampu: 1. Merencanakan Program Kegiatan Produksi dan Jasa Sekolah 2. Membuat Rencana Bisnis

5 Langkah – Langkah Pembelajaran PROGRAM KEGIATAN PRODUKSI DAN JASA SEKOLAH/ MADRASAH Refleksi 10’ Studi kasus1 20’ Unit Produksi dan Jasa sekolah KEGIATAN 2 135’ KEGIATAN 1 90’ RENCANA PROGRAM KEGIATAN PRODUKSI DAN JASA PEMBUKAAN 5 ‘ Studi kasus 3 20 ‘ Studi kasus 2 20’ Refleksi 10’ OJL 20’ Studi kasus 1 30’ ’ Studi kasus 2 30’ Brainstorming 15’ Tugas Individu 30’ Brainstorming 15 ‘

6 Apersepsi

7 Kegiatan Belajar 1: Diskusi tentang Unit Produksi dan Jasa sekolah (30 ‘) 1. Diskusikan dalam kelompok menurut jenjang pendidikan: Apa yang anda pahami tentang Unit Produksi dan Jasa sekolah? Apa tujuan dari dilaksanakannya kegiatan Produksi dan Jasa sekolah? Apa prinsip-prinsip yang harus dikembangkan dalam pengelolaan Produksi dan Jasa sekolah? Unit Produksi dan Jasa apa saja yang sudah ada di sekolah sekolah anda ? 2. Tuliskan hasil diskusi kelompok di kertas plano. Setiap kelompok mewakilkan 1 orang memaparkan hasil diskusi. Kelompok lain memberikan komentar/ tanggapan.

8 Studi Kasus 1 (20 Menit) Tugas individu: 10 menit Presentasi : 10 menit. Apa yang akan anda lakukan untuk mewujudkan pendirian unit produksi warnet pada sekolah yang kondisi riilnya kurang mendukung ? ( baca modul halaman 8 )

9 Studi Kasus 2 (20 menit) Tugas Individu 10 menit, Presentasi 10 menit : Bagimana usaha anda untuk meyakinkan pihak sekolah bahwa anda dapat melakukan pengembangan unit produksi pada sekolah yang unit produksinya sudah berjalan dengan baik namun terkendala dengan modal ? ( baca modul halaman 8 )

10 Studi Kasus 3 ( 20 Menit) Toko Sekolah Bank Mini Toko/Kanti Jurusan Kursus Komputer Sewa Kantin Kantin Kejujuran Kursus Akuntansi Jasa Pengetikan Foto Copy Jasa Internet Warnet Wartel Antar Jemput Siswa Katering Perhotelan Jasa Penjahit Diskusi kelompok 3 – 4 orang Pilih salah satu tema dibawah ini untuk diskusi dan presentasikan hasilnya

11 Latihan (15 menit) Secara berkelompok 3-4 orang Kemukakan ide sebanyak-banyaknya tentang kegiatan produksi dan jasa di sekolah, tuliskan semua gagasan pada kertas flipchart atau di board. Pilih 7 gagasan yang dianggap paling ‘menantang’ dan ‘menarik’ untuk ditindaklanjuti dan didiskusikan.

12 Refleksi (10 menit) Apa yang telah anda pelajari? Apa yang dapat anda lakukan?

13 Kegiatan Belajar 2: Rencana Program Kegiatan Produksi Dan Jasa Sekolah Brainstorming ( 15’) Apa saja yang menjadi pertimbangan dalam membuat Rencana Program Kegiatan Produksi dan Jasa Sekolah? Faktor Apa saja yang perlu diperhatikan dalam menyiapkan Rencana unit Produksi dan Jasa Sekolah?

14 STUDI KASUS (30 menit) Tugas individu : 15 menit Presentasi : 15 menit Anda diminta untuk melihat kondisi suatu sekolah, kemudian menentukan peluang dan rencana dalam menentukan kebijakan. (baca modul halaman 15)

15 Studi Kasus 2 (20 menit) Tugas individu : 10 menit Presentasi : 10 menit Langkah-langkah strategis apa yang akan anda lakukan sebagai pimpinan baru disekolah untuk berkontribusi dalam mengembangkan unit produksi. (baca modul halaman 15)

16 Latihan (15 menit) Diskusi kelompok 3 – 4 orang Kemukakan ide sebanyak-banyaknya tentang penyusunan rencana bisnis (bisnis plan). Tuliskan semua ide tersebut pada kertas flipchart atau di board. Ambil 9 gagasan yang dianggap paling ‘menantang’ dan ‘menarik’ untuk ditindaklanjuti dan didiskusikan

17 Tugas : 30 menit Menyusun (Bussines Plan) 1. Buatlah Rencana Bisnis (Business Plan) dalam bentuk Proposal Pendirian Unit Produksi dan Jasa di sekolah! 2. Presentasikan di forum proposal tersebut !

18 Refleksi ( 10 menit) Apa saja yang telah saya lakukan berkaitan dengan unit produksi sebelum mengikuti proses pembelajaran tentang unit produksi ini? Bagaimana pemahaman anda tentang unit produksi sebelum dan sesudah mengikuti proses pembelajaran tentang unit produksi? Apa yang akan saya lakukan sebagai hasil dari proses mengikuti pembelajaran tentang unit produksi ini?

19 Kegiatan On The Job Learning (OJL) 20 menit Lakukan pemotretan (identifikasi ) terhadap unit produksi yang sudah berjalan dikedua sekolah tempat anda praktik. Lakukan analisis terhadap hasil pemotretan anda, dan untuk mempermudah pekerjaan anda jabarkan dalam empat tingkatan, lihat contoh dalam tabel: Buatlah Rancangan program yang berkaitan dengan Unit Produksi dan jasa disekolah tempat anda praktik. Karena anda akan melakukan praktik di dua tempat maka rancangan tersebut juga diterapkan di keduannya. Tingkatan 1 menandakan KURANG BAIK Tingkatan 2 menandakan CUKUP BAIK Tingkatan 3 menandakan BAIK Tingkatan 4 menandakan AMAT BAIK

20 PENUTUP: 5 menit Cerita tentang katak tuli SELAMAT BEKERJA, SEMOGA SUKSES, SEMOGA SEHAT, SEMOGA PANJANG UMUR, SEMOGA BAHAGIA, SEMOGA TUHAN MEMBERKATI KITA, AMIN.


Download ppt "Biodata Narasumber 2 Ruang Lingkup Dan Waktu: Kegiatan Belajar 1 : 90 menit Unit produksi dan jasa sekolah. Kegiatan Belajar 2 : 135 menit Rencana program."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google