Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

PERINTAH INTERNAL DOS B AG. II Dasar Komputer Renni Angreni, S.Kom.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "PERINTAH INTERNAL DOS B AG. II Dasar Komputer Renni Angreni, S.Kom."— Transcript presentasi:

1 PERINTAH INTERNAL DOS B AG. II Dasar Komputer Renni Angreni, S.Kom.

2 16. DIR perintah ini digunakan untuk menampilkan daftar file-file dan sub direktori dalam direktori. Contoh penggunaan :

3 17. D: perintah ini digunakan untuk mengubah root directory yang aktif. Ini mengubah ke drive D:\) Contoh penggunaan :

4 18. CD.. perintah ini digunakan untuk mengubah direktori yang aktif dengan naik satu parent directory. Contoh penggunaan :

5 19. CD [nama direktori] perintah ini digunakan untuk menampilkan atau mengatur direktori yang aktif dengan masuk ke direktori yang diinginkan. Contoh penggunaan : cd bahan SK  masuk ke folder “bahan SK”

6 20. MD perintah ini digunakan untuk membuat direktori baru, subdirectory dari directory yang aktif. Contoh penggunaan : md COBA  buat folder baru dengan nama “COBA”

7 21. RD perintah ini digunakan untuk menghapus suatu direktori. Contoh penggunaan : rd contoh  hapus folder dengan nama “contoh”

8 22. EDIT perintah ini digunakan untuk membuat dan mengubah file-file teks. Setelah pengetikan perintah, maka akan tampil editor MS DOS. Contoh penggunaan :

9 23. TYPE perintah ini digunakan untuk menampilkan isi dari file teks pada layar MS DOS. Contoh penggunaan :

10 24. EDIT [nama file] perintah ini digunakan untuk mengubah / edit file teks sesuai dengan yang diinginkan melalui editor MS DOS. Contoh penggunaan :

11 25. REN perintah ini digunakan untuk mengubah nama file/direktori, ketikkan perintah diikuti dengan nama file dan nama yang baru. Contoh penggunaan : ren [nama file lama] [nama baru]

12 Contoh penggunaan : ren [direktori lama] [direktori baru]

13 26. COPY perintah ini digunakan mengkopi/ menyalin sebuah atau beberapa file ke suatu direktori tertentu dengan nama sama atau berbeda sesuai dengan yang kita inginkan. Contoh penggunaan : copy [file asal] [file tujuan]

14 Nama file langsung diubah saat dilakukan perintah copy.

15 Menyalin semua file dalam satu folder ke disk drive lain. (copy semua file dalam folder “contoh” ke disk drive C)

16 27. XCOPY perintah ini sama dengan perintah copy, tetapi memberikan lebih banyak pilihan, dapat : Menyalin seluruh direktori, sub direktori, dan file-file yang ada di dalamnya. Menyalin file yang hanya dibuat atau diubah setelah tanggal tertentu. Menyuruh memberitakukan terlebih dahulu sebelum dilakukannya penyalinan. Contoh penggunaan : xcopy *.* C: /s xcopy *.* C: /s /e xcopy *.doc C: /d: xcopy *.doc C: /p

17 28. MOVE perintah ini digunakan untuk memindahkan satu atau lebih file dari suatu direktori ke direktori lainnya, pada disk yang sama ataupun disk yang berbeda. Contoh penggunaan :

18 Dasar Komputer Renni Angreni, S.Kom.


Download ppt "PERINTAH INTERNAL DOS B AG. II Dasar Komputer Renni Angreni, S.Kom."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google