Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Pengertian Media Periklanan Menurut PPPI, iklan ialah segala bentuk pesan penawaran tentang suatu produk yang disampaikan lewat suatu media dan dibiayai.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Pengertian Media Periklanan Menurut PPPI, iklan ialah segala bentuk pesan penawaran tentang suatu produk yang disampaikan lewat suatu media dan dibiayai."— Transcript presentasi:

1 Pengertian Media Periklanan Menurut PPPI, iklan ialah segala bentuk pesan penawaran tentang suatu produk yang disampaikan lewat suatu media dan dibiayai oleh pemrakarsa yang dikenal, serta ditujukan kepada sebagian atau seluruh masyarakat. Menurut O’Guinn dkk (2003:8) advertising is a paid, mass mediated attempt to persuade Menurut Wells, dkk (1989:8) advertising is paid nonpersoal communication from an identified sponsor using mass media to persuade or influence an audience.

2 Proses Komunikasi Periklanan Sumber PesanMediaKhalayakEfek Produsen Iklan Mass Media KonsumenPembelian

3 Istilah Dasar  Target Audiens : adalah kelompok masyarakat yang menjadi tujuan penyampaian iklan.  Target audiens harus jelas segementasinya (batas-batasnya). Misalnya Wanita berusia 15 – 24 tahun dengan tingkat ekonomi menengah.

4  Populasi : (Universe)  The total number of people within the target audience (Jumlah anggota masyarakat yang menjadi target audiens komunikasi (periklanan))  TARP’s adalah Target Audiens Rating Points/Gross Rating Points  It is the cumulative measure of the weight of an advertising campaign. Basically it is the cumulative reach (Akumulasi dari audiens yang bisa dijangkau dengan program yang terpilih dalam satu priode kampanye). 1 TARP is 1% of the Universe

5  Reach :  The percentage of the target audience that saw any ads in a campaign at least once (Prosentase dari audiens yang yang melihat pesan (iklan) minimal satu kali dalam satu priode kampanye)  Average Exposure / Frequency :  The average number of times a person who was reached by the campaign, actually saw the ad, within a burst (burst is usually 4 weeks) (Rata-rata audiens melihat iklan dalam satu rangkaian priode kampanye biasanya dalam waktu empat minggu.)

6 Effective Frequency :  The number of times the target audience should see the ad for it to be deemed effective (Berapa kali audiens harus melihat pesan (iklan) sehingga diperoleh efek yang diharapkan)  e.g. : 6+

7 Effective Reach :  The percent of the target audience exposed to an advertisement often enough to generate a positive change in awareness.Always related to an Effective Frequency Level (Prosentasi audiens yang ter-ekspose pada pesan (iklan) yang dianggap cukup mendapatkan efek yang diharapkan. Hal ini berhubungan dengan frekuensi yang efektif.

8  Cost Per Million (CPM)  Biaya yang harus dikeluarkan kepada setiap seorang pembaca media cetak.  Ini sering dijadikan ukuran efisiensi biaya.  Rating  Prosentasi penonton/pendengar suatu acara media elektronik dari total penonton/ pendengar.

9 Interrelationship of Rating/Share/HUT Home #1 Home #2 Home #3 Home #4 Home #5 Program A Program B Program C Rating Not Viewing HUT 80 Share

10  Disamping itu, beberapa kelemahan media televisi adalah, clutter, zap, flif, dan tug, (Rapp & Collins, 1995:12):  - Clutter (kekacauan) artinya karena banyaknya produsen yang akan beriklan, maka iklan tidak dapat diingat oleh pemirsa di samping waktu yang semakin singkat. Iklan televisi yang standar pada waktu iklan tidak banyak adalah 60 detik. Dengan banyaknya iklan standar waktu menjadi 30 detik.  - Zap (meninggalkan) artinya, perkembangan teknologi video yang pesat dan acara televisi dipadati iklan komersial, banyak pemirsa yang meninggalkan televisinya dan memutar video. Untuk kasus ini di Indonesia agak berbeda, sebab banyak pemirsa yang memiliki video jarang menonton video dan lebih tertatik pada acara televisi.  - Flif (pindah saluran) artinya pada acara jedah yang diisi oleh iklan, pemirsan juga melakukan pemindahan saluran (lebih memungkinkan pada televisi yang memakai remote). Sehabis iklan, pemirsa kembali kepada acara yang ditonton tadi.  - Tug (tarikan) artinya karena saling berebut untuk menar­ik pemirsa, saluran televisi mencoba membuat program-program yang menyedot pemirsa lebih banyak. Bila program yang kita pilih, jarang diminati, pemirsa akan ditarik oleh saluran lain yang memiliki program bagus.


Download ppt "Pengertian Media Periklanan Menurut PPPI, iklan ialah segala bentuk pesan penawaran tentang suatu produk yang disampaikan lewat suatu media dan dibiayai."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google