Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

DANIEL 8 DUNIA DITUDUH DI TAHTA PENGADILAN SORGA.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "DANIEL 8 DUNIA DITUDUH DI TAHTA PENGADILAN SORGA."— Transcript presentasi:

1 DANIEL 8 DUNIA DITUDUH DI TAHTA PENGADILAN SORGA

2 PENDAHULUAN Daniel 8:1 Penglihatan ini terjadi tahun ketiga kerajaan Babel. Sesudah Daniel mendapaty khayal di pasal 7, maka segera Daniel mendapatkan khayal yang berikut di Daniel 8.

3 DANIEL 8:2-8 Domba Jantan dan Kambing Jantan Domba Jantan. Memiliki dua tanduk, tapi tanduk yang satu lebih tinggi dari yang lain. Tanduk yang lebih tinggi itu tumbuh terakhir. Domba jantan itu menanduk ke barat, utara, dan selatan. Tidak ada seekor binatang pun yang tahan menghadapinya, ia berbuat sekehendak hatinya, dan membesarkan diri.

4 DANIEL 8:2-8 Domba Jantan dan Kambing Jantan Kambing Jantan Datang dari sebelah barat. Mempunyai satu tanduk yang aneh di antara kedua matanya. Menyerang domba jantan. Kambing Jantan itu sangat membesarkan dirinya. Tanduk itu patah dan tumbuhlah empat tanduk yang lain yang sejajar dengan empat mata angin.

5 DOMBA DAN KAMBING JANTAN

6 DOMBA JANTAN Daniel 8:20 Domba Jantan itu melambangkan raja-raja orang Media dan Persia (Dada dan lengan dari perak; Beruang). Tanduk yang satu lebih tinggi dari yang lain melambangkan kerajaan Media muncul terlebih dulu, tetapi pada akhirnya jatuh dan muncullah kerajaan Persia yang lebih besar dari Media, di mana Cyrus mengalahkan Astyages tahun BC.

7 DOMBA JANTAN Menanduk ke barat, utara dan selatan melambangkan: Cyrus menaklukkan Lydia tahun 547 BC Cyrus menaklukkan Babel tahun 539 BC Cambyses meluaskan wilayah penaklukkannya ke arah selatan yaitu Mesir dan Ethiopia tahun 525 BC. Dan 7:5 = tiga tulang rusuk. Darius Hystaspes pergi ke Utara untuk melawan orang-orang Scythees tahun 513 BC Ahasyweros (Ester 1:1) menguasai wilayah India sampai Ethiopia.

8 KAMBING JANTAN Daniel 8:21 Daniel 8:21 Kambing Jantang melambangkan Yunani (Pinggang dari Perunggu; Macan Tutul). Kambing Jantang melambangkan Yunani (Pinggang dari Perunggu; Macan Tutul). Datang dari sebelah barat melambangkan kerajaan Yunani berada di sebelah barat kerajaan Persia. Datang dari sebelah barat melambangkan kerajaan Yunani berada di sebelah barat kerajaan Persia. Satu tanduk yang aneh melambangkan Aleksander Yang Agung (Dan 7:6; 11:3,4). Satu tanduk yang aneh melambangkan Aleksander Yang Agung (Dan 7:6; 11:3,4). Kambing jantan membesarkan diri melambangkan Aleksander yang menjadi sombong dan congkak. Kambing jantan membesarkan diri melambangkan Aleksander yang menjadi sombong dan congkak.

9 KAMBING JANTAN Tanduk yang aneh patah melambangkan kejatuhan Aleksander pada usia yang muda (32 tahun). Tanduk yang aneh patah melambangkan kejatuhan Aleksander pada usia yang muda (32 tahun). Tumbuh empat tanduk yang lain = Kerajaan Yunani dibagi menjadi empat kerajaan kecil yang dipimpin oleh keempat jenderalnya: Lysimachus, Ptolemus, Casander, Seleuceus. Tumbuh empat tanduk yang lain = Kerajaan Yunani dibagi menjadi empat kerajaan kecil yang dipimpin oleh keempat jenderalnya: Lysimachus, Ptolemus, Casander, Seleuceus.

10 Dan 8:9-12 Dari salah satu keempat tanduk itu muncul suatu tanduk kecil dan menjadi besar ke arah selatan, timur, dan tanah permai (Yerusalem). Tampaknya tanduk kecil ini muncul dari arah barat, bagian barat kerajaan Yunani. Tanduk kecil ini melambangkan kerajaan Romawi. Ini sesuai dengan garis besar Daniel 2 dan 7, kaki dari besi, binatang yang menyeramkan.

11 Dan 8:9-12 Daniel 8:23 “muka yang garang dan pandai menipu.” Sifat kerajaan romawi di dalam Daniel 7:7 “menakutkan dan mendasyatkan.” Tanduk kecil ini, sesuai dengan urutan dalam Daniel 7 melambangkan binatang yang keempat, dan tanduk kecil yang muncul di antara 10 tanduk dan mengalahkan tiga tanduk yang lain. Kerajaan kepausan menjadi penerus kerajaan romawi.

12 Dan 8:9-12 Daniel mengamati bagaimana kekejaman kerajaan Romawi memerangi orang-orang Yahudi dan orang-orang Kristen yang mula- mula. Daniel juga melihat kekuasaan kepausan (Daniel 7) pada tahapan berikutnya bahkan sampai zaman kita dan akhir zaman nanti (Wahyu 13) berperang melawan dan menganiaya gereja Tuhan. Daniel 8:13,23

13 DAN 8:9-12 Arah Selatan = Kerajaan Romawi menguasai Mesir tahun 168 BC ketika Anthiocus Ephipanes berhasil diusir dari sana waktu perang Ptolemus. Arah Selatan = Kerajaan Romawi menguasai Mesir tahun 168 BC ketika Anthiocus Ephipanes berhasil diusir dari sana waktu perang Ptolemus. Selama jangka waktu 138 tahun, negeri Mesir masih terus diperintah oleh keturunan raja- raja Ptolemus sebagai wilayah gadaian, dan baru tahun 30 BC syah menjadi salah satu provinsi kerajaan Roma. Selama jangka waktu 138 tahun, negeri Mesir masih terus diperintah oleh keturunan raja- raja Ptolemus sebagai wilayah gadaian, dan baru tahun 30 BC syah menjadi salah satu provinsi kerajaan Roma.

14 DAN 8:9-12 Arah Timur = Kerajaan Roma menaklukkan wilayah barat kerajaan Seleucus sejak tahun 190 BC dan akhirnya dijadikan status provinsi tahun 65 BC. Arah Timur = Kerajaan Roma menaklukkan wilayah barat kerajaan Seleucus sejak tahun 190 BC dan akhirnya dijadikan status provinsi tahun 65 BC. Tanah Permai = Yerusalem (Dan 11:6,41). Palestina dimasukkan menjadi wilayah kerajaan Romawi tahun 63 BC. Tanah Permai = Yerusalem (Dan 11:6,41). Palestina dimasukkan menjadi wilayah kerajaan Romawi tahun 63 BC.

15 DAN 8:9-12 Bala Tentara langit/bintang-bintang melambangkan orang-orang kudus kepunyaan Tuhan dan para pemimpinnya. Bala Tentara langit/bintang-bintang melambangkan orang-orang kudus kepunyaan Tuhan dan para pemimpinnya. Roma Kekafiran dan Roma Kepausan menjadi dua kekuasaan yang menganiaya umat-umat pilihan Tuhan (Daniel 7, binatang keempat dan tanduk kecil). Roma Kekafiran dan Roma Kepausan menjadi dua kekuasaan yang menganiaya umat-umat pilihan Tuhan (Daniel 7, binatang keempat dan tanduk kecil).

16 DAN 8:9-12 Panglima Bapa tentara langit melambangkan Yesus Kristus. Panglima Bapa tentara langit melambangkan Yesus Kristus. Daniel 8:25 “Raja segala raja.” Daniel 8:25 “Raja segala raja.” Wahyu 19:16 Wahyu 19:16 Kerajaan Romawi menyetujui orang- orang yahudi menyalibkan Yesus (Dan 9:25; 11:22). Kerajaan Romawi menyetujui orang- orang yahudi menyalibkan Yesus (Dan 9:25; 11:22).

17 DAN 8:9-12 DaripadaNya diambilnya korban sehari- hari dan tempatNya yang kudus dirobahkan. DaripadaNya diambilnya korban sehari- hari dan tempatNya yang kudus dirobahkan. Ada hak-hak istimewa Yesus yang diambil. Ada hak-hak istimewa Yesus yang diambil. Korban persembahan sehari-hari = korban yang terus menerus (Yer 39:14); yang tetap (2 Sam 9:7-13); selalu (Mzm 39:18); selalu (Mzm 71:14. Korban persembahan sehari-hari = korban yang terus menerus (Yer 39:14); yang tetap (2 Sam 9:7-13); selalu (Mzm 39:18); selalu (Mzm 71:14.

18 DAN 8:9-12 Roti Sajian (Bil 4:7). Roti Sajian (Bil 4:7). Lampu kaki dian (Kel 27:20). Lampu kaki dian (Kel 27:20). Api di mezbah korban bakaran (Kel 30:7,8). Api di mezbah korban bakaran (Kel 30:7,8). Penekanan bukan kepada hari atau upacara korban tetapi kepada benda-benda yang ada di dalam kaabah. Penekanan bukan kepada hari atau upacara korban tetapi kepada benda-benda yang ada di dalam kaabah. Tanduk itu memberhentikan atau membatalkan korban yang selalu dipersembahkan oleh Yesus, Raja segala raja. Tanduk itu memberhentikan atau membatalkan korban yang selalu dipersembahkan oleh Yesus, Raja segala raja. Kaabah dihancurkan oleh kerajaan Romawi tahun 70 AD (Dan 9:26). Kaabah dihancurkan oleh kerajaan Romawi tahun 70 AD (Dan 9:26).

19 DAN 8:9-12 Kebaktian secara fasik berarti sistim korban misa telah menggantikan pelayanan Kristus sebagai pengantara di sorga. Kebenaran dihempaskan ke bumi mengartikan kebenaran dicampur dengan tradisi gereja dan mengaburkannya dengan takhyul.

20 DANIEL 8:13,14 Sampai berapa lama berlaku penglihatan ini? Sampai berapa lama berlaku penglihatan ini? Sampai lewat 2300 petang dan pagi. Sampai lewat 2300 petang dan pagi. Frase petang dan pagi muncul pertama kali dalam Kej 1:5. hari dimulai selalu dari petang (matahari terbenam) ke pagi) matahari terbenam (Hakim 14:18). Frase petang dan pagi muncul pertama kali dalam Kej 1:5. hari dimulai selalu dari petang (matahari terbenam) ke pagi) matahari terbenam (Hakim 14:18) hari = 2300 tahun hari = 2300 tahun.

21 2300 HARI = 2300 TAHUN Dimulai tahun 457 BC – 1844 AD. Dalam sejarah kekristenan, 1844 dikenal sebagai tahun kekecewaan. Muncullah gerakan yang dikenal dengan “Second Advent.” Orang kristen di masa itu “mengira,” oleh perhitungan nubuatan yang dilakukan, bahwa Yesus akan datang kedunia ini pada tanggal 22 Oktober Kaabah yang dimaksudkan dalam ayat ini ditafsirkan sebagai kaabah dunia.

22 2300 HARI = 2300 TAHUN Dan 9:25 “Permulaan 2300 petang dan pagi.” Tempat kudus bukan kaabah di bumi karena sudah hancur tahun 70 AD. Ini adalah kaabah sorga yang didirikan oleh Tuhan (Ibr 8:2). Di kaabah inilah Kristus sebagai imam besar (8:2).

23 2300 HARI = 2300 TAHUN Dipulihkan dalam keadaan yang wajar. Memulihkan berarti sadaq “menjadi benar, membuat benar, menempatkan pada situasi yang tepat, dinyatakan benar, atau dibenarkan.”

24 UPACARA KAABAH Upacara harian dan tahunan. Upacara harian dan tahunan. Pelayanan Kristus sebagai imam besar kita lambangkan pada upacara harian di kaabah di dunia ini (Korban pagi dan petang; korban sabat; korban bakaran; penebus salah; korban sajian; korban keselamatan; korban penghapus dosa; Imamat 1:1-7:21; Bil 28:1- 15; ). Ini terjadi di bilik yang Suci. Pelayanan Kristus sebagai imam besar kita lambangkan pada upacara harian di kaabah di dunia ini (Korban pagi dan petang; korban sabat; korban bakaran; penebus salah; korban sajian; korban keselamatan; korban penghapus dosa; Imamat 1:1-7:21; Bil 28:1- 15; ). Ini terjadi di bilik yang Suci. Hari Pendamaian tahunan melambangkan pekerjaan yang Kristus akan lakukan pada penutupan sejarah dunia ini (Imamat 16). Hari Pendamaian tahunan melambangkan pekerjaan yang Kristus akan lakukan pada penutupan sejarah dunia ini (Imamat 16).

25 KAABAH

26

27

28 GRAFIRAT Dan 8:14 memberitahukan dimulainya pekerjaan keimamatan ini. Penyucian kaabah sorga mencakup seluruh pekerjaan penghakiman akhir, yang dimulai dengan tahap pemeriksaan dan diakhiri dengan tahap pelaksanaannya, yang akan mengakibatkan pemberantasan dosa yang permanen dari seluruh alam semesta.

29 KEISTIMEWAAN PENGHAKIMAN Semua tipuan palsu yang setan lancarkan terhadap pemerintahan Tuhan akan dibuktikan sebagai isapan jempol. Tuhan akan dibuktikan telah berlaku adil dalam pilihanNya atas orang-orang tertentu yang akan menjadi warga negara-warga negara kerajaanNya dan dalam hal merintangi sebagian orang untuk memasukinya. Setan sendiri akan mengakui keadilan Tuhan.

30 KEISTIMEWAAN PENGHAKIMAN Tindakan-tindakan terakhir Tuhan akan mendorong manusia untuk mengadakan pengakuan kepadaNya, “adil dan benar segala jalanMu” (Wah 15:3) dan “Adil dan benar segala perbuatanmu” (Wah 16:7). Kata “adil dan benar” berarti dikaios yang sama artinya dengan tsadiq yang diterjemahkan dalam bahasa Indonesia sebagai “akan dipulihkan” dalam Dan 8:14.

31 KESIMPULAN Meninggalnya Aleksander dan pecahnya kerajaannya genap seperti yang diwahyukan. Kepausan Romawi muncul dari kerajaan romawi kafir. Kepausan Romawi menggantikan pelayanan keimamatan Kristus yang secara terus menerus di sorga dengan korban misa/pengakuan dosa. Pemulihan tempat kudus melukiskan penghakiman di bilik yang maha suci dan bukan kedatangan Yesus kedua kali. Yesus sejak 1844, memasuki bilik maha suci sorga untuk mengadakan hari grafirat, dan bilamana Ia keluar dari sana, itulah kedatangan Yesus kedua kali.


Download ppt "DANIEL 8 DUNIA DITUDUH DI TAHTA PENGADILAN SORGA."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google