Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Kompetensi yang diharapkan tujuan Topik 2 : Topik 2 : Kontek Sejarah Analisa Kebijakan Kesehatan pengertian analisis kebijakan.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Kompetensi yang diharapkan tujuan Topik 2 : Topik 2 : Kontek Sejarah Analisa Kebijakan Kesehatan pengertian analisis kebijakan."— Transcript presentasi:

1

2 Kompetensi yang diharapkan tujuan Topik 2 : Topik 2 : Kontek Sejarah Analisa Kebijakan Kesehatan pengertian analisis kebijakan

3 KOMPETENSI YANG DIHARAPKAN Setelah selesai mengikuti perkuliahan ini diharapkan mahasiswa dapat mengetahui Sejarah perkembangan analisis kebijakan publik dan analisis kebijakan kesehatan Klik di sini untuk melanjutkan

4 TUJUAN 1. Mahasiswa dapat memahami sejarah analisis kebijakan publik 2. Mahasiswa dapat menguraikan perkembangan sejarah analsisi kebijakan publik dan analisis kebijakan kesehatan.

5 Kontek Sejarah  Ilmu ini pertama berkembang di Negara barat, tepatnya kota industri Pittburg, USA, 1980an.  Berkembang sejalan dengan peradaban barat yang liberal dan lebih terbuka.  Mungkin kurang cocok dengan kebudayaan Indonesia, tiap prosedur dan proses analisa kebijakan pada dasarnya ilmiah oleh karena itu bersifat ”Universal”.

6 CONTOH : TAHAPAN ATAU PROSEDUR ANALISA KEBIJAKAN TERPADU Perumusan masalah Peramalan (berbagai alternative tindakan) rekomendasi/saran-saran tindakan Pemantauan (monitoring) Pelaksanaan tindakan dan hasilnya Penilaian (Evaluasi) Pelaporan/penyimpulan akhir.

7 WHAT IS RELATED INFORMATION DATA?  Pada setiap tahap analisa kebijakan terpadu ?  Masalah kebijakan/latar belakang.  Rekomendasi/saran-saran mengenai berbagai alternatif tindakan.  Pelaksanaan tindakan-tindakan yang direkomendasi.  Data tentang tindakan yang dilaksanakan dan hasil- hasilnya.  Hasil akhir (out come) atau dampak yang merupakan wujud akhir dari kebijakan yang masuk kedalam ”Pelaporan akhir dan kesimpulan”

8

9 Pengertian  Kebijakan. : Aturan, ketentuan atau norma yang menjadi acuan, petunjuk atau pedoman untuk MELAKSANAKAN KEGIATAN.  ANALISA KEBIJAKAN : “ILMU SOCIAL TERAPAN” YANG MENGGUNAKAN METODE PENYELIDIKAN ATAU ARGUMENTATIVE DALAM MEMPELAJARI/ANALISA KEBIJAKAN, SEHINGGA DIPEROLEH INFORMASI YANG RELEVAN DENGAN KEBIJAKAN TERSEBUT.  TUJUAN ANALISA KEBIJAKAN : MEMBERIKAN MASUKAN KEPADA PEMBUAT KEBIJAKAN DENGAN INFORMASI YANG RELEVAN TERSEBUT. SEHINGGA DAPAT DITETAPKAN SOLUSI APABILA NANTI TERDAPAT HAMBATAN-HAMBATAN.

10 Tujuan Analisa Kebijakan  Orientasi analisa kebijakan Adalah problem solving, sehingga bersifat jangka pendek (pragmatis). Memerlukan bantuan ilmu atau disiplin ilmu lain seperti :  Sosiologi  Ekonomi  Politik  Social budaya  Hukum  Filsafat  Etika  Psikologi  Antropologi  Matematika (Statistik)

11 Beberapa Kritik  Dicurigai ada ideology tersembunyi untuk menganalisa kebijakan para penguasa.  Dicurigai sekedar memberikan alasan pembenaran atau pengesahan (Legitimasi) terhadap kebijakan yang dikeluarkan penguasa.  KONTRA KRITIK.  Ilmu pengetahuan dan fakta objektif saja tidak cukup untuk menetapkan atau landasan untuk analisa kebijakan mengapa ?  Karena proses penetapan kebijakan juga mempertimbangkan aspek-aspek lain (seperti norma/nilai-nilai dan kepentingan lain).

12  Tujuan akhir dari analisa kebijakan adalah Munculnya rekomendasi/saran- saran yang berisi tindakan-tindakan yang tepat dalam arti dapat dilaksanakan (Acceptable/Applicable)  Oleh karena itu aspek norma/nilai-nilai lainnya juga harus dipergunakan dalam analisa kebijakan.

13 LATIHAN ( TUGAS KELOMPOK ) Lembar tugas (kelompok ) topik 2 yang terdapat di : SELAMAT BEKERJA


Download ppt "Kompetensi yang diharapkan tujuan Topik 2 : Topik 2 : Kontek Sejarah Analisa Kebijakan Kesehatan pengertian analisis kebijakan."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google