Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Pertemuan 11 (Lanjutan) Beberapa jenis dan teknologi monitor a.Monitor CRT (Cathode Ray tube) Versi paling awal CRT adalah sebuah tabung dioda katoda dingin,

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Pertemuan 11 (Lanjutan) Beberapa jenis dan teknologi monitor a.Monitor CRT (Cathode Ray tube) Versi paling awal CRT adalah sebuah tabung dioda katoda dingin,"— Transcript presentasi:

1 Pertemuan 11 (Lanjutan) Beberapa jenis dan teknologi monitor a.Monitor CRT (Cathode Ray tube) Versi paling awal CRT adalah sebuah tabung dioda katoda dingin, sebuah modifikasi dari tabung Croookes (lihat sinar-X) dengan layar dilapisi fosfor, kadangkala disebut tabung Braun.

2 Kelebihan dan kekurangan Monitor CRT Kelebihan CRT : 1) Warna lebih akurat dan tajam 2) Resolusi monitor fleksibel 3) Perawatan mudah 4) Bebas dead pixel, ghosting, dan viewing angle 5) Harga lebih murah

3 Kekurangan CRT : 1) Konsumsi listrik tinggi 2) Bergantung pada refresh rate 3) Radiasi lebih besar 4) Rentan distorsi, glare dan flicker 5) Dimensi besar dan berat

4 b.Monitor LCD (Liquid Crystal Display) Monitor LCD (liquid Crystal Display) atau tampilan kristal cair adalah suatu jenis media tampilan yang manggunakan kristal cair sebagai penampil utama. Kini LCD mendominasi jenis tampilan untuk komputer desktop maupun notebook karena membutuhkan daya listrik yang rendah, bentuknya tipis, mengeluarkan sedikit panas dan bersolusi tinggi.

5 Kelebihan dan Kekurangan Monitor LCD Kelebihan monitor LCD - Konsumsi listrik rendah - Sinyal gambar digital - Bentuknya stylish - Tidak menimbulkan efek kedipan (flicker free) - Area layarnya optimum - Dimensinya tidak akan menyita ruangan terlalu besar dan ringan untuk dijinjing

6 Kekurangan Monitor LCD - Harga lebih mahal - Kualitas gambar yang dihasilkan belum sebaik monitor CRT - Resolusi gambar yang dihasilkan lebih rendah dibandingkan monitor CRT - Sudut viewable-nya terbatas.

7 Perbandingan monitor LCD dan CRT NOParameterMonitor CRTMonitor LCD 1.RadiasiRadiasi cukup besar dibandingkan LCD Radiasi yang dihasilkan cukup kecil 2.Kenyamanan mata Membuat mata lelahLebih nyaman di mata 3.BentukBentuk cenderung besar dibandingkan LCD Fiat dan relative lebih kecil dari CRT 4.Dead pixelTidak mengalami dead pixelDapat mengalami dead pixel

8 5.Video resolutions Multiple video resolutions (Dapat bekerja pada beberapa resolusi) Only in native resolution (hanya dapat bekerja pada 1 macam resolusi) 6.DayaKonsumsi daya lebih besarKonsumsi daya kecil 7.Ketajaman gambarMemiliki tingkat kontras dan ketajaman warna yang jauh di atas LCD Memiliki tingkat kontras dan ketajaman warna yang jauh di atas CRT 8.Sudut pandangTidak terbatas, sudut pandang besar Memiliki sudut penglihatan yang lebih kecil dibanding CRT, sehingga warna muncul bisa berubah jika dilihat dari samping

9 c. Monitor Plasma Monitor plasma adalah sebuah tampilan layar datar emisif di mana cahaya dihasilkan oleh phosphor yang tereksitasi oleh sebuah pelepasan muatan plasma antara dua layar datar gelas.

10 Keuntungan dan Kerugian Monitor Plasma Keuntungan monitor plasma - Bentuknya slim - Dapat dipasang di dinding - Kurang besar dibandingkan dengan rear- projection televisions. - Mencapai warna yang lebih akurat dan lebih baik daripada LCD - Hampir tidak ada blur, memiliki refresh rate dan waktu respon yang lebih cepat - Sudut pandang yang lebih luas dan jauh dari LCD (sampai 178 %)

11 Kekurangan dari monitor plasma - Terganggu dengan interface radio - Tidak dapat digunakan pada tempat yang tinggi - Rentan terhadap daerah flicker yang besar - Secara umum ukurannya lebih kecil dari 37 inci - Rentan terhadap refleksi silau dikamar terang - Konsumsi daya listrik lebih besar dibandingkan dengan LCD

12 d.Monitor OLED (Organic Light-Emitting Diode) Monitor OLED (Organic Light-Emitting Diode) atau dioda cahaya organik adalah sebuah semikonduktor yang berfungsi sebagai pemancar cahaya yang terbuat dari lapisan organik. OLED diciptakan sebagai teknologi alternatif yang mampu mengungguli generasi tampilan layar sebelumnya, tampilan kristal cair (Liquid Crystal Display atau LCD).

13 OlED terus dikembangkan dan diaplikasin ke dalam piranti teknologi tampilan. Teknologi OLED Teknologi OLED dikembangkan untuk memperoleh tampilan yang luas, fleksibel, murah dan dapat digunakan sebagai layar yang efisien untuk berbagai keperluan layar tampilan. Struktur lapisan

14 Struktur OLED terdiri atas lapisan kaca terbuat dari oksida timah-timah indium yang berfungsi sebagai elektroda positif atau anoda, lapisan organik dari diamine aromatik dengan ketebalan 750 nm, lapisan pemancar cahaya yang terbuat dari senyawa metal kompleks misalnya 8- hydroxquinoline aluminium, dan lapisan elektroda negatif atau katoda terbuat dari campuran logam magnesium dan perak dengan perbandingan atom 10:1.

15 Desain piranti Bagian penting dari piranti OLED adalah lapisan elektrode dan lapisan tipis yang terdiri dari molekul-molekul organik sebagai pemancar cahaya dimana keduanya disusun bertempuk. Mekanisme kerja Mekanisme kerja OLED yaitu jika pada elektroda diberikan medan listrik, fungsi kerja katoda akan turun dan membuat elektron-elektron bergerak dari katoda menuju pita konduksi di lapisan organik.

16 Aplikasi Pengembangan teknologi OLED di Indonesia tepat dengan realitas yang ada yaitu pengembangan teknologi yang disesuaikan dengan kemampuan anggaran yang terbatas dengan upaya memperoleh hasil yang optimal.

17 Beberapa aplikasi dari layar OLED 1). Alat penerangan Teknologi OLED dalam bentuk alat penerangan seperti senter dapat ditemukan di kota-kota besar di Indonesia. 2). Telepon genggam Nokia 8800 sapphire arte adalah salah satu telepon genggam yang mengadopsi piranti layar OLED dan telah dipasarkan di Indonesia.

18 3). Papan ketik Papan ketik dengan layar OLED di permukaannya sehingga dapat menampilkan sebuah huruf atau ikon yang seolah-olah tercetak di atas tombol papan ketik. 4).Jam tangan digital Layar OLED 1.8 inchi digunakan pada jam tangan digital yang dipasarkan oleh Gubrak.com Indonesia.

19 Kelebihan dan kekurangan Monitor OLED Kelebihan monitor OLED adalah: -Tampilan OLED baru dan menarik -Kemampuan OLED untuk beroperasi sebagai sumber cahaya yang menghasilkan cahaya putih terang saat dihubungkan dengan sumber listrik -Konsumsi daya listrik yang rendah dan terbuat dari bahan organik menjadikan OLED sebagai teknologi ramah lingkungan -OLED dapat dioperasikan dalam batasan suhu yang lebih besar -OLED memiliki waktu reaksi yang lebih cepat -Memiliki jangkauan wilayah warna, tingkat terang, dan tampilan sudut pandang yang sangat luas.

20 Kekurangan monitor OLED adalah: -Masalah teknis OLED yaitu masa bertahan bahan organik yang terbatas, sekitar jam dibandingkan layar datar lain -Kelembaban dapat memperpendek umur OLED -Pengembangan proses segel (improved sealing process) dalam praktek pembuatan OLED -Dalam piranti OLED multi-warna yang ada sekarang, intensitas cahayanya belum cukup terang -Harga produk yang cenderung mahal

21 2.PROYEKTOR Proyektor merupakan perangkat output untuk menampilkan gambar di sebuah permukaan yang digunakan sebagai layar.

22 Jenis-jenis proyektor elektronik 1). LCD (Liquid Crystal Display) Proyektor LCD bekerja berdasarkan prinsip pembiasan cahaya yang dihasilkan oleh panel- panel LCD. Panel ini dibuat terpisah berdasarkan warna-warna dasar, merah, hijau dan biru (R-G-B). 2). DLP (Digital Light Processing) Teknologi DLP dikembangkan oleh Texas Instruments, dengan basis teknologi Digital Micromirror Device (DMD) chip yang terbuat dari jutaan cermin super kecil.

23 3). LCos: Liquid Crystal On Silikon Liquid Crystal On Silikon (LCos) atau kristal cair pada silikon adalah sebuah teknologi “mikro- proyeksi” atau “micro-display” biasanya diterapkan dalam proyeksi televisi. 4). Resolusi Resolusi proyektor’s (atau lebih tepatnya, resolusi native) adalah jumlah piksel yang telah tersedia untuk menciptakan sebuah gambar. 5). Lamp Life (Umur lampu) Harga sebuah lamp mencerminkan seberapa lama lampu tersebut dapat dipakai sebelum penggantian harus dilakukan

24 6). Projection Screen Size and Range Projector dapat menampilkan gambar dari ukuran 40” menjadi 300” dan memberikan kualitas gambar yang nyata. 7). Video Signal Input Sebagian besar proyektor menawarkan beberapa jenis metode input yang berbeda-beda salah satunya seperti VGA (Analog) connector yang digunakan untuk menghubungkan dengan notebook/PC.

25 8). Berat Berat projector adalah faktor penting yang harus diperhatikan saat memilih projector, karena akan berpengaruh pada penempatannya baik di kelas, rumah, maupun dikamar. 9). Fitur Tambahan Beberapa fitur tambahan seperti Wireless, Networking, Anled projection (3D Reform), Auto Focusing, Memory Expansion Slot, dan Built-in Speakers.


Download ppt "Pertemuan 11 (Lanjutan) Beberapa jenis dan teknologi monitor a.Monitor CRT (Cathode Ray tube) Versi paling awal CRT adalah sebuah tabung dioda katoda dingin,"

Presentasi serupa


Iklan oleh Google