Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

SIM-81 KOMUNIKASI DATA Pertemuan 16. 2 KOMUNIKASI DATA KETIKA SKALA OPERASI BISNIS BERKEMBANG, TIMBUL KEBUTUHAN UNTUK MENGUMPULKAN DATA DAN MENYEBARKAN.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "SIM-81 KOMUNIKASI DATA Pertemuan 16. 2 KOMUNIKASI DATA KETIKA SKALA OPERASI BISNIS BERKEMBANG, TIMBUL KEBUTUHAN UNTUK MENGUMPULKAN DATA DAN MENYEBARKAN."— Transcript presentasi:

1 SIM-81 KOMUNIKASI DATA Pertemuan 16

2 2 KOMUNIKASI DATA KETIKA SKALA OPERASI BISNIS BERKEMBANG, TIMBUL KEBUTUHAN UNTUK MENGUMPULKAN DATA DAN MENYEBARKAN KEPUTUSAN DI AREA GEOGRAFIS YANG TERSEBAR LUAS. KOMUNIKASI DATA MEMUNGKINKAN KOMPUTER MELAKSANAKAN TUGASNYA.

3 3 Sejarah Komunikasi data. Penemuan Telegraph oleh Samuel F.B Morse Telepon oleh Alexander Graham Bell Tabung Hampa udara Perpaduan Komunikasi dgn komputer Transistor Satelit pertama kali diluncurkan

4 4 Sejarah Komunikasi data. TahunPenemuan 1837Telegraph oleh Samuel F.B Morse 1876Telepon oleh Alexander Graham Bell 1913Tabung Hampa udara 1941Perpaduan Komunikasi dgn komputer 1947Transistor 1957Satelit pertama kali diluncurkan

5 5 MODEL DASAR KOMUNIKASI DAPAT JUGA MENJADI DASAR BAGI DIAGRAM YANG MENUNJUKKAN CARA DATA DIKOMUNIKASIKAN MELALUI KOMPUTER..

6 6 KOMUNIKASI DATA : Pergerakan data dan informasi dikodekan dari satu titik ke titik lain melalui peralatan listrik, kabel serat-optik atau sinyal gelombang mikro.

7 7 MODEL KOMUNIKASI DASAR : PENGIRIM PEMBUAT KODE PENGURAI KODE PENERIMA SKEMA DASAR KOMUNIKASI DATA : TERMINAL MODEM SALURAN MODEM KOMPUTER

8 SIM-88 Fungsi sistem Komunikasi data Saling pertukaran informasi pada orang yang tepat & waktu yang tepat. Untuk memperoleh data dan informasi secara langsung ketika data dan infor- masi tersebut dibuat. Memungkinkan pertukaran informasi pada letak geografis yang berjauhan.

9 SIM-89 Jaringan komunikasi data Adalah kumpulan sirkuit komunikasi data yang dikelola sebagai suatu kesatuan, yang terdiri dari node yang terhubung dengan alat.

10 SIM-810 Persyaratan Jaringan Komdat 1.Penampilan 2. Konsistensi 3. Reliabilitas 4. Recovery 5. Security (Keamanan)

11 11 Persyaratan Jaringan Komdat 1.Penampilan Jaringan komunikasi data harus mengantarkan data tepat waktu diukur dengan waktu respon jaringan. 2. Konsistensi Waktu respon, ketepatan data yang ditransmisikan, dan waktu tenggang antar kegagalan pengiriman.

12 12 Persyaratan Jaringan Komdat 3. Reliabilitas Keandalan dari sumber komunikasi, media komunikasi, serta penerima merupakan faktor penting dalam jaringan komunikasi data. 4. Recovery Pemulihan kembali kondisi jaringan setelah terjadinya kegagalan ke tingkat yang telah ditentukan.

13 13 Persyaratan Jaringan Komdat 5. Security (Keamanan) Memiliki tingkat keamanan yang tinggi dari akses yang tidak diharapkan saat dilakukannya pengiriman data melalui jaringan komunikasi data.

14 14 Sistem komunikasi data Jaringan yang lebih besar, yang terdiri dari jaringan-jaringan komunikasi data termasuk pengelola dan pengendalinya

15 15 JENIS JARINGAN :  JARINGAN LUAS (WAN)  JARINGAN SETEMPAT (LAN)  JARINGAN METROPOLITAN (MAN)

16 16 JENIS JARINGAN : JARINGAN LUAS (WAN) MELIPUTI AREA GEOGRAFIS YANG LUAS DENGAN BERAGAM FASILITAS KOMUNIKASI SEPERTI JASA TELEPON JARAK JAUH, TRANSMISI SATELIT, DAN KABEL BAWA LAUT.sistem pemesanan penerbangan. JARINGAN SETEMPAT (LAN) MELIPUTI AREA TERBATAS. LAN UMUMNYA MENGHUBUNGKAN PULUHAN KOMPUTER SEPERTI DI SATU GEDUNG.

17 17 JARINGAN METROPOLITAN (MAN) ORANG SERING MENDENGAR ISTILAH JARINGAN METROPOLITAN (METROPOLITAN AREA NETWORK). INI ADALAH JARINGAN YANG MELIPUTI KESELURUHAN KOTA.

18 18 TERMINAL : 1.TERMINAL KEYBOARD 2.TERMINAL TOMBOL 3.TERMINAL TITIK PENJUALAN 4.TERMINAL PENGUMPUL DATA 5.TERMINAL KHUSUS

19 19 TERMINAL : 1.TERMINAL KEYBOARD MANAJER DAPAT MENGGUNAKAN TERMINAL UNTUK MENERIMA LAPORAN BERKALA, MEMINTA LAPORAN KHUSUS. 2. TERMINAL TOMBOL KOMPUTER YANG DILENGKAPI DENGAN ALAT RESPON AUDIO DAPAT MENGIRIM PESAN YANG DAPAT DI DENGAR OLEH PEMAKAI DI TELPON TOMBOL (PUSH BUTTON TELEPHONE). CONTOH :PULSA HP, MASA BERLAKU.

20 20 3. TERMINAL TITIK PENJUALAN TEMINAL INI MENYEDIAKAN CARA MEMASUKKAN DATA TRANSAKSI KE DALAM DATABASE PADA SAAT PENJUALAN TERJADI (POINT –OF-SALE (POS) ). CONTOH : DI SUPERMAKET. 4. TERMINAL PENGUMPUL DATA DIGUNAKAN UNTUK MENGUMPULKAN DATA, TERMINAL INI SERING MEMLIKI OCR. CONTOH : ALAT PEMBACA KARTU PEGAWAI.

21 21 5. TERMINAL KHUSUS MUNGKIN ANDA PERNAH MEMPERHATIKAN TERMINAL CASH REGISTER KHUSUS DI TEMPAT – TEMPAT SEPERTI McDONALD’S. DISANA BIASANYA MEMILIKI BANYAK TOMBOL – SATU TOMBOL UNTUK TIAP JENIS PENJUALAN.

22 22 Perankat Keras Komunikasi Data Cluster Control Unit Modem Multiplexer

23 23 Cluster Control Unit membangun hub antar terminal.32 atau kurang. Memungkinkan bbrp trminal berbagi satu printer Modem Beroperasi pd kecepatan 300,1200,2400,4800,9600 bps Multiplexer Alat yg memungkinkan pengiriman dan penerimaan beberapa pesan secara serentak

24 24 SUATU STRATEGI KOMUNIKASI DATA BARU KEBERHASILAN INTERNET DALAM MEMASUKI SUMBER –SUMBER INFORMASI YANG SAMA SEKALI BARU TIDAK MEMBUTAKAN PARA PAKAR KOMUNIKASI, UNTUK MENERAPKAN TEKNOLOGI TERSEBUT PADA TINGKAT LOKAL YG DISEBUT INTRANET.

25 25 LANGKAH-LANGKAH MENUJU INTRANET YANG BERHASIL : 1. MENENTUKAN KEBUTUHAN INFORMASI. 2. MENETAPKAN KEBIJAKAN INTRANET. CON : SIAPA YG BOLEH AKSES. 3. MEMBENTUK STAF INTRANET. 4.MENYEDIAKAN SUMBER DAYA KOMUNIKASI. 5. MEMBANGUN KEAMANAN INTRANET. 6. MEMANTAU KINERJA SISTEM.


Download ppt "SIM-81 KOMUNIKASI DATA Pertemuan 16. 2 KOMUNIKASI DATA KETIKA SKALA OPERASI BISNIS BERKEMBANG, TIMBUL KEBUTUHAN UNTUK MENGUMPULKAN DATA DAN MENYEBARKAN."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google